Ketahui Cara Agar Bayi Mau Menyusui Pada Bunda!

Masa menyusui seharusnya menjadi momen yang sempurna untuk mempererat ikatan antara Bunda dan si kecil. Pemberian ASI juga menjadi salah satu hak bayi yang harus Ibu berikan selama kurang lebih 6 bulan. Akan tetapi, tidak semua ibu mengalami masa menyusui yang lancar-lancar saja. Selain masalah kesulitan menyusui, bisa jadi justru si kecil yang menolak untuk menyusu. Secara naluriah, bayi sudah pasti akan langsung mencari puting payudara ibunya untuk minum ASI. Akan tetapi ada beberapa kasus dimana bayi harus dituntun agar mau minum ASI dari ibunya. Berikut adalah penyebab dan cara agar bayi mau menyusui pada ibu.

Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusui Pada Ibu

Ternyata, bayi yang tidak menyusu pada ibunya adalah hal yang sangat umum. Hal tersebut memiliki sejumlah penyebab. Dengan mengetahui penyebabnya, Bunda tentunya bisa mengatasi permasalahan ini dengan lebih mudah. Berikut adalah sejumlah penyebab yang membuat bayi menolak menyusu secara langsung:

  • Bayi mengalami kesulitan perlekatan atau latch on pada puting payudara ibu
  • Bayi mengalami bingung puting
  • Perubahan rasa pada ASI
  • Bayi mengalami stres
  • Puting ibu datar
  • Bayi mengantuk
  • Keterlambatan dalam produksi ASI
  • Aroma tubuh ibu yang berubah
  • Bayi mengalami tumbuh gigi.

Cara Agar Bayi Mau Menyusu Pada Ibu

Ternyata, penyebab bayi tak mau menyusu memang sangat beragam dan cukup kompleks. Untungnya, ada sejumlah cara yang bisa Bunda coba dan terbukti bisa membantu si kecil agar mau kembali menyusu pada Bunda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Bunda coba dari babyhuki.co.id:

  1. Mencoba Metode Skin to Skin

Bingung puting pada bayi merupakan penyebab paling umum yang menyebabkan bayi tidak mau menyusu pada ibunya. Bayi yang mengalami bingung puting biasanya mengalami kesulitan dalam mengenali puting payudara ibu. Saat menyusu, proses latching yang tidak tepat dapat mengakibatkan proses menyusu terasa menyakitkan bagi ibu.

Untuk mengatasinya, coba metode skin to skin. Skin to skin adalah metode dimana Ibu meningkatkan kontak antara area payudaranya dengan area mulut si kecil. Untuk membantu, Bunda bisa menggunakan peralatan menyusui atau alat pompa payudara untuk meningkatkan volume ASI yang keluar lewat puting. Penggunaan dot susu juga sebaiknya dikurangi. Hal ini bertujuan untuk membantu meminimalisir ketergantungan bayi terhadap dot. 

  1. Pilih Lokasi yang Tenang untuk Menyusui 

Bayi bisa jadi menolak untuk menyusui karena merasa stres. Rasa stres tersebut bisa timbul akibat overstimulasi. Atau, ia merasa lingkungan sekitarnya terlalu ramai dan berisik. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu si kecil. Apabila si kecil mendadak menolak menyusu, maka ada baiknya untuk mencari ruangan yang tenang dan jauh dari keramaian. Jika memungkinkan, Bunda juga bisa meredupkan lampu untuk membantu Bunda dan si kecil sama-sama rileks.

Baca juga: Ketahui Ciri Anak Tumbuh Gigi Geraham!

  1. Gunakan Pompa ASI

Bagi Bunda yang memiliki masalah dengan produksi ASI, bisa menggunakan pompa ASI sesering mungkin. Memompa ASI secara rutin dapat membantu tubuh Bunda untuk meningkatkan produksi ASI. Saat ini, ada 2 jenis produk pompa ASI yang dipilih, yaitu jenis manual dan elektrik. Nah, Bunda bisa memilih manapun yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Pompa ASI manual memiliki cara pengoperasian yang mudah dan tidak menimbulkan suara. Sedangkan, pompa ASI elektrik lebih praktis, cepat, dan tidak membutuhkan tenaga yang besar. 

Demikianlah ulasan mengenai cara agar bayi mau menyusu pada bayi. Bagi Bunda yang terpaksa menggunakan dot bayi untuk menyusui, jangan sampai salah pilih! Pastikan untuk memilih produk dot orthodontic dari HUKI. Dot Orthodontic dari baby Huki sudah teruji klinis mencegah maloklusi, mencegah tersedak, anti kolik, dan tidak membuat bayi bingung puting. 

Produk dari baby HUKI sudah dapat sertifikasi halal dari MUI, so dijamin aman deh.  Dot Orthodontic ini dirancang dengan bentuk nipple yang menyerupai puting ibu. Struktur dot ini juga membantu mendukung pertumbuhan gigi anak yang sempurna. Yuk, kunjungi official store HUKI yang ada di Lazada dan Tokopedia.