Ini Lho Bunda, Pentingnya Tidur Bayi yang Berkualitas

Ini Lho Bunda, Pentingnya Tidur Bayi yang Berkualitas

Pentingnya tidur bayi – Bayi memiliki rutinitas harian yang cenderung berulang dan konsisten setiap harinya, misalnya saja bangun jam 8 pagi, lalu minum susu dan mengoceh sejenak, kemudian kembali tidur di jam 10 pagi. Untuk bayi baru lahir hingga usia 12 bulan, waktu tidurnya cukup banyak yaitu antara 11 hingga 16 jam setiap harinya. Bunda perlu mengetahui pentingnya tidur bayi yang berkualitas, karena hal ini memberikan banyak sekali manfaat bagi si kecil.

Yuk, intip apa saja hal positif yang akan didapat buah hati dengan tidur yang berkualitas dari tim babyhuki.co.id:

Manfaat Dan Pentingnya Tidur Bayi yang Berkualitas

  • Tumbuh lebih maksimal

Bayi akan mengalami kenaikan berat badan secara terus menerus sejak lahir. Di usia 5 bulan, berat badannya akan menjadi 2 kali lipat dari bobot saat baru lahir. Dan hal ini bisa diperoleh melalui tidur yang cukup, nyenyak, dan berkualitas. Saat tidur, tubuh bayi akan merilis hormon pertumbuhan bernama somatotropin yang membantu memaksimalkan tumbuh kembangnya. Saat bayi tidur dengan baik, maka tumbuh kembangnya pun akan berjalan lebih ideal. Dalam hal ini, tumbuh kembang berhubungan dengan tinggi badan dan lingkar kepala, serta kematangan organ bagian dalam bayi. Dan baca juga tips lain nya yaitu Mau Bayi Tidur Lebih Lelap? Simak Yuk Bunda Cara Ini!

  • Mengurangi resiko overweight

Banyak orang yang menganggap bayi gemuk sangatlah lucu. Namun dari sisi medis, berat badan bayi harus dijaga agar tetap ideal. Terlalu gemuk bukanlah hal yang baik. Sama seperti pada orang dewasa, overweight pada bayi juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Nah, tidur cukup dan berkualitas ternyata menjadi salah satu hal penting untuk menjaga berat badan bayi tetap ideal, sekaligus memastikan ia selalu dalam kondisi mental yang positif. Hal ini juga berlaku pada anak dengan usia lebih besar. Anak yang cenderung kurang tidur akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan di luar batas ideal.

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh

Apa yang terjadi saat Bunda begadang semalaman? Mulai dari tubuh yang lemas, mood yang buruk, sampai dengan migrain bisa menjadi efek sampingnya. Hal ini juga bisa terjadi pada buah hati. Saat ia kurang tidur, sistem kekebalan tubuhnya akan menurun. Bagi bayi, imunitas yang buruk adalah hal yang wajib dihindari karena bisa meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit berbahaya. Salah satu masalah kesehatan yang akan mudah menyerang ketika kekebalan tubuh bayi rendah adalah demam dan flu. Batuk pilek pada bayi akan sangat mengganggu karena si kecil belum memiliki kemampuan untuk mengeluarkan lendir pada hidung dan tenggorokan.

  • Menjadikan bayi lebih bahagia

Pentingnya tidur bayi yang berkualitas juga sangat berpengaruh terhadap mood. Jika ia tidak bisa tidur semalaman, maka moodnya akan memburuk. Si kecil jadi mudah rewel, ia pun jadi menangis seharian atau menolak untuk minum susu. Hal tersebut dikarenakan tubuhnya merasa terlalu lelah, di satu sisi orang tua seringkali tidak menyadari hal tersebut dan justru berusaha memutar musik atau menghibur bayi agar ia mau tertawa. Yang dibutuhkan di masa ini hanyalah istirahat dan tidur, maka mood-nya pun akan kembali membaik. Jangan lupa berikan pijatan lembut dengan minyak telon Huki yang hangat dan nyaman untuk kulit buah hati tersayang.

Nah, kini Bunda sudah tahu kan, betapa pentingnya tidur bayi yang berkualitas? Maka dari itu, pastikan selalu menciptakan atmosfer yang menenangkan pada saat si kecil mulai mengantuk. Penting juga untuk menjadwalkan jam tidur yang teratur sehingga bayi lebih terbiasa dan mudah untuk mendapatkan istirahat maksimal demi pertumbuhannya. Jangan lupa selalu sediakan minyak telon Huki yang kini mudah didapatkan melalui berbagai e-commerce seperti Lazada, JD.ID, dan Tokopedia!