6 Cara Membangunkan Bayi untuk Menyusu!

cara membangunkan bayi untuk menyusu

Saat si kecil tidur nyenyak, Bunda pasti merasa senang karena bisa ikut beristirahat atau melakukan berbagai aktivitas lainnya. Tapi di sisi lain, saat buah hati tidur terlalu lama, bisa saja ia melewatkan jam makannya. Bunda mungkin akan khawatir ia merasa kelaparan dan ingin memberinya susu. Tapi adakah cara membangunkan bayi untuk menyusu yang tidak menjadikannya rewel?

Yuk, simak informasinya berikut ini dari babyhuki.co.id!

Cara Membangunkan Bayi untuk Menyusu!

Lepaskan bedong bayi

Salah satu cara terbaik untuk membangunkan si kecil yang sedang tertidur lelap adalah dengan membuka bedongnya. Buah hati pasti merasakan perubahan suhu, yang tadinya hangat menjadi lebih dingin. Kemudian ia yang tadinya merasakan tubuh seolah dipeluk dengan rapat, akan menyadari bahwa hal tersebut tidak lagi ia rasakan. Secara perlahan, bayi pun akan membuka mata untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Di saat itu, Bunda bisa langsung memberikannya susu.

Angkat bayi dari ranjang

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk membangunkan buah hati tanpa membuatnya rewel adalah dengan mengangkatnya dari ranjang. Pastikan Bunda melakukan hal ini secara perlahan, pegang bayi dengan posisi yang nyaman. Lalu angkat dan goyangkan pelan. Bunda juga bisa membawanya berjalan ke luar kamar menuju area terbuka. Saat merasakan ada hembusan angin dan gerakan dari cara Bunda berjalan, bayi biasanya akan langsung membuka mata.

Nyalakan televisi atau bernyanyilah

Kalau si kecil termasuk tipe bayi yang sensitif dengan suara, Bunda bisa memanfaatkannya untuk membangunkan buah hati. Caranya, cobalah menyalakan televisi atau pemutar musik, mainkan lagu tentunya dengan volume yang wajar dan tidak terlalu keras. Atau Bunda juga bisa duduk di sebelah si kecil dan mulai berbicara maupun bernyanyi. Setelah beberapa saat melakukan hal ini, ia pasti akan langsung membuka matanya.

Nyalakan lampu

Jika buah hati terbiasa tidur dalam kondisi ruangan gelap, maka menyalakan lampu akan membuatnya terjaga. Namun Bunda sebaiknya tidak langsung menyalakan lampu yang sangat terang, melainkan mulai dari lampu redup sehingga matanya bisa beradaptasi. Kalau si kecil tidur di siang hari, membuka gorden dan membiarkan sinar matahari masuk juga bisa membangunkannya secara alami.

Baca juga: Bayi Susah Tidur dan Menyusu Terus? Cek Jawabannya di Sini!

Letakkan handuk dingin di kakinya

Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan merendam handuk waslap di dalam air, kemudian memerasnya dan meletakkan di salah satu kaki bayi. Saat merasakan ada benda dingin yang menyentuh kulitnya, maka secara reflek ia akan membuka mata. Tapi pastikan air yang dipakai tidak terlalu dingin ya Bunda, karena malah menyebabkan buah hati kaget dan menangis.

Memijatnya dengan lembut

Di satu sisi, pijatan bisa digunakan untuk menenangkan bayi yang susah tidur. Di sisi lain, pijatan juga dapat membangunkan si kecil yang terlelap. Untuk melakukannya, gunakan minyak telon dan mulai pijatan lembut di area tangan atau kaki. Apstikan Bunda selalu memakai minyak telon yang aman untuk kulit dan bayi dan bisa memberikan kehangatan dengan maksimal.Minyak telon Baby Huki bisa dijadikan pilihan karena mengandung minyak adas, minyak kelapa, dan juga minyak kayu putih yang jelas memberikan kehangatan alami pada kulit. Dapatkan minyak telon Baby Huki di berbagai e-commerce seperti Lazada, dan Tokopedia. Pastikan selalu menyediakan stok minyak telon karena akan berguna setiap saat untuk kebutuhan buah hati tersayang.