Kenali ASI Booster Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui!

ASI Booster

Nama ASI Booster sudah pasti tidak terdengar asing di telinga. Terutama, di kalangan ibu hamil dan menyusui. ASI booster merupakan makanan atau minuman yang dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu, kualitas ASI juga akan ikut bertambah. 

Saat ini, ada banyak sekali produk suplemen yang diklaim bisa meningkatkan produksi serta kualitas ASI. Suplemen tersebut umumnya terbuat dari bahan herbal dengan khasiat yang mampu meningkatkan kemampuan kelenjar susu Bunda untuk memproduksi ASI Tak hanya dalam bentuk suplemen, Bunda juga bisa mengkonsumsi ASI Booster alami berikut ini dari babyhuki.co.id.

  1. Alpukat

Alpukat tidak hanya kaya akan asam lemak yang bagus untuk perkembangan ibu hamil. Untuk Bunda yang tengah menyusui, buah ini memiliki sifat laktogenik. Ini artinya, buah alpukat bisa membantu meningkatkan produksi ASI secara alami. Buah alpukat memang dikenal sebagai buah sumber lemak terbesar, yaitu 80%. 

Asam lemak tersebut dapat membantu meregulasi hormon dan menjadi sumber energi untuk Bunda. Selain itu,buah alpukat juga sangat kaya akan vitamin C, vitamin B, vitamin K, dan vitamin E. Buah ini mengandung asam folat serta kalium yang dapat mendukung pertumbuhan si kecil. Untuk menikmati buah alpukat ini, Bunda bisa memakannya begitu saja. Atau, juga bisa Bunda olah menjadi jus alpukat atau es krim alpukat.

  1. Kacang-kacangan

Selain bagus untuk diet, kacang-kacangan juga bermanfaat sebagai ASI Booster. Kandungan lemak dan protein di dalamnya bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Hal ini dikarenakan kebutuhan kedua nutrisi tersebut sudah terpenuhi. Salah satu jenis kacang-kacangan yang paling baik dikonsumsi adalah kacang almond. 

Kacang almond tidak hanya memiliki rasa yang gurih dan lezat, Kacang ini juga mengandung zat-zat esensial yang bersifat laktogenik. Mengonsumsi kacang almond juga dapat membantu Bunda menjadi lebih cepat kenyang. Sehingga, hal tersebut dapat membantu mengontrol berat badan setelah melahirkan. Namun, konsumsi kacang almond juga sebaiknya dibatasi. Variasikan dengan kacang tanah, kacang Arab, kacang mede, dan lain-lain.

  1. Jamur

Mengonsumsi jamur ternyata juga bisa meningkatkan produksi ASI Bunda. Jenis jamur seperti shiitake, shimeji, jamur tiram, jarum reishi, dan maitake ternyata memiliki kandungan laktogenik yang tinggi. Mengonsumsi jamur tersebut dapat membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tubuh Bunda pun jadi lebih optimal dalam menghasilkan ASI. Selain itu, jamur juga mengandung kadar antioksidan tingkat tinggi. Sehingga, sangatlah bermanfaat untuk membantu merawat sel-sel tubuh.

Baca juga: Penyebab Mood Swing yang Jadi Tanda Hamil Muda!

  1. Sayuran Hijau

Selama ini, hanya katuk saja yang digadang-gadang sebagai ASI Booster alami. Faktanya, sayuran hijau lainnya juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas ASI. Sayuran seperti bayam, kol, dan brokoli terbukti mampu membuat ASI lebih berlimpah. Tak hanya itu, kualitas ASI Bunda juga secara otomatis akan meningkat. Hal ini dikarenakan sayuran hijau tersebut kaya akan kandungan asam folat dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan si kecil. 

Ada mitos yang mengatakan bahwa konsumsi sayuran brokoli dan kol bisa mengakibatkan bayi menjadi rewel. Akan tetapi, hal tersebut sama sekali tidak benar. Dua sayuran hijau tersebut memang mengandung kadar gas. Akan tetapi, kadar gas tersebut tidak akan bisa berpindah dari ibu dan anak lewat ASI. Sehingga, Bunda tidak perlu khawatir si kecil akan rewel akibat perut kembung. Sebaliknya, bayi bisa mendapatkan nutrisi ASI yang terbaik.

Semoga ulasan ASI Booster alami di atas membantu Bunda. Selain mengonsumsi makanan di atas, memompa ASI juga bisa membantu meningkatkan produksi air susu ibu. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk breast pump dari Baby Huki . Breast Pump Baby Huki bentuknya Corong terbuat dari Silikon yang tentunya membuat Bunda merasa nyaman ketika proses pumping ASI. Breast Pump Baby Huki juga merupakan produk yang tidak mengeluarkan banyak suara dan tidak perlu menggunakan colokan, ditambah breast pumping ini memiliki hisapan kuat selama proses pumping ASI.  Bunda bisa menemukan berbagai jenis pompa ASI yang nyaman dan sesuai kebutuhan. Bunda juga bisa membeli produk weaning bottle lengkap dengan sendok di Baby HUKI official store. Temukan toko resmi HUKI di E-Commerce Shopee, Tokopedia, dan Lazada.