Penyebab Mood Swing yang Jadi Tanda Hamil Muda!

Tanda Hamil Muda

Tanda kehamilan yang sudah pasti adalah hasil dari pregnancy test. Akan tetapi, sebenarnya gejala kehamilan bisa muncul berminggu-minggu sebelumnya. Salah satu gejala kehamilan yang cukup umum dialami ibu hamil adalah mood swing. Mood swing adalah perubahan mood yang cukup ekstrim. Beberapa menit yang lalu, bisa jadi calon Bunda mengalami perasaan senang. 

Akan tetapi, mood tersebut bisa langsung berubah dengan drastis beberapa menit kemudian. Mungkin calon Bunda khawatir dengan perubahan mood yang terlalu drastis tersebut. Cari tahu penyebab mood swing yang jadi tanda hamil muda berikut ini babyhuki.co.id.

Penyebab Mood Swing yang Jadi Tanda Hamil Muda!

  1. Perubahan Hormon

Memasuki usia kehamilan muda, tubuh akan mengalami serangkaian perubahan hormon. Pergolakan hormon tersebut merupakan bentuk adaptasi tubuh calon Bunda dalam mempersiapkan kehamilan. Dalam hal ini, hormon estrogen dan progesteron di dalam darah mengalami lonjakan. 

Kedua hormon tersebut berpengaruh terhadap kondisi mood. Sehingga, tak heran jika calon Bunda menjadi lebih sensitif. Tidak perlu khawatir! Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, hormon tersebut akan menjadi lebih stabil. Sehingga, mood swing yang dialami pun akan berangsur-angsur menghilang.

  1. Rasa Khawatir Terhadap Hal yang Baru

Kehamilan ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. Apalagi, hidup calon Bunda akan berubah sangat drastis. Di balik rasa kebahagiaan tersebut pastinya akan terselip rasa khawatir dan takut. Terlebih lagi, jika ini adalah kehamilan yang pertama. Kehamilan pertama sudah pasti akan membawa hal-hal yang sangat baru dan asing. 

Calon bunda bisa jadi khawatir akan kemampuan dalam mengasuh anak saat ia lahir nanti. Atau, calon Bunda juga bisa mengkhawatirkan hubungan dengan suami akibat perubahan tubuh yang dialami setelah hamil. Masalah finansial juga bisa menjadi hal yang menghantui. 

Baca juga: Ketahui Cara Hitung Usia Kehamilan & HPL

Rasa kekhawatiran tersebut bisa menjadi penyebab mood swing yang jadi tanda ibu hamil muda. Untuk mengatasinya, berkomunikasilah dengan suami. Suami juga sepatutnya memahami kondisi calon Bunda, ya.

  1. Dampak Gejala Kehamilan Lainnya

Penyebab mood swing yang jadi tanda hamil muda bisa jadi disebabkan gejala kehamilan lainnya. Mulai dari morning sickness, kelelahan, sering buang air kecil, dan gangguan kesehatan lainnya. Gejala-gejala tersebut umumnya bermunculan di trimester pertama. Sehingga, tak mengherankan jika calon Bunda menjadi tidak nyaman. Rasa ketidaknyamanan tersebut ternyata juga cukup berpengaruh terhadap kondisi mood. Sehingga, tak mengherankan jika suasana hati menjadi berantakan. 

Kapan Mood Swing Terjadi?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mood swing umumnya terjadi di masa trimester pertama. Ini biasanya terjadi di masa 12 minggu pertama kehamilan. Gejala mood swing ini juga diiringi dengan gejala kehamilan lainnya. Memasuki trimester kedua, hampir semua gejala kehamilan menghilang. Tak terkecuali gejala mood swing. Di masa kehamilan tersebut, tubuh memang sudah melakukan penyesuaian. Sehingga, perlahan-lahan pergolakan hormon akan berhenti dengan sendirinya. Mood swing saat hamil merupakan kejadian yang sangat normal. Untungnya, ada beberapa cara untuk membantu meredakan gejala mood swing tersebut. Misalnya, dengan berkomunikasi bersama pasangan tentang hal-hal yang membuat Calon Bunda resah. Olahraga maupun melakukan hal yang disukai juga dapat membantu meningkatkan mood. 

Demikianlah ulasan penyebab mood swing yang jadi tanda hamil muda. Bagi calon Bunda yang gemar berbelanja, berbelanja produk kebutuhan bayi juga bisa meningkatkan mood. Misalnya, bagi Calon Bunda yang ingin membeli Dot Orthodontic Baby Huki official store. Dot Orthodontic Baby Huki ini memiliki banyak manfaat untuk Bayi, selain dari bentuk produk yang tidak membuat bayi bingung akan puting, Dot Orthodontic Baby Huki anti sedak & kolik saat digunakan. Dot Orthodontic Baby Huki pun juga membantu mencegah terjadinya maloklusi saat bayi mulai pertumbuhan gigi. Banyak banget manfaatnya ya, Bunda? Di sini, Calon Bunda bisa menemukan berbagai produk dot bayi dari Baby Huki dengan jenis dan harga yang terjangkau. Tak perlu jauh-jauh pergi keluar rumah. Toko resmi Baby Huki ini bisa Calon Bunda temukan di Shopee, Lazada, dan Tokopedia.