Ketahui Cara Hitung Usia Kehamilan & HPL

Cara Hitung Usia Kehamilan

Kehamilan menjadi kabar yang sangat patut untuk disyukuri. Terutama bagi calon Bunda dan calon ayah yang sudah lama menantikan kehadiran buah hati. Saat calon Bunda sudah terbukti positif hamil, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah menghitung usia kehamilan. Hal ini tentunya sangatlah penting. 

Dengan demikian, calon Bunda bisa memberikan nutrisi yang tepat untuk janin yang saat ini sedang berkembang. Selain itu, calon Bunda juga bisa lebih memantau Bagaimanakah cara hitung usia kehamilan & HPL? Simak informasi lebih lengkap berikut ini dari babyhuki.co.id:

Ketahui Cara Hitung Usia Kehamilan & HPL

  1. Cara Hitung Usia Kehamilan & HPL berdasarkan HPHT

HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir bisa dijadikan sebagai cara hitung usia kehamilan & HPL. Penggunaan HPHT sebagai penentu usia kehamilan memang sangat lazim ditemukan. Akan tetapi, penghitungan yang salah kaprah mengakibatkannya menjadi kurang tepat. 

Pasalnya, masih banyak orang yang mengartikan usia kehamilan dengan hitungan bulan. Faktanya, usia kehamilan yang benar justru menggunakan hitungan minggu dan hari. 

Singkatnya, usia kehamilan bukanlah ditentukan dari saat hasil pregnancy test menunjukkan hasil yang positif. Melainkan, hal tersebut mencakup 2 minggu dari masa pembuahan setelah tanggal menstruasi terakhir. 

Berikut adalah rumus cara menghitung HPL atau masa kehamilan dengan HPHT:

Baca juga: Kumpulan Ucapan Doa untuk Bayi Baru Lahir!

Tanggal hari pertama menstruasi terakhir + 7 hari – 3 bulan + 1 tahun

Untuk memudahkan, anggap saja hari pertama terakhir menstruasi (HPHT) Calon Bunda jatuh di tanggal 10 Januari 2022. Tambahkan 7 hari setelah tanggal tersebut. Calon Bunda akan mendapatkan tanggal 17 Januari 2022. Tanggal ini merupakan minggu pertama dari kehamilan Calon Bunda.

Setelah itu, lanjutkan dengan mengurangi 3 bulan dari bulan haid terakhir. Hasil yang didapat adalah tanggal 17 Oktober 2021. Tahap terakhir, tambahkan 1 tahun setelah tahun 2022. Maka, HPL si kecil adalah sekitar tanggal 17 Oktober 2023.   

Cara hitung usia kehamilan & HPL di atas cukup mudah, bukan? Sayangnya, metode ini hanya bisa digunakan jika calon Bunda memiliki siklus menstruasi yang teratur. Untuk calon Bunda dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, metode ini akan sangat sulit untuk digunakan. 

  1. Cara Hitung Usia Kehamilan & HPL 

USG atau ultrasonografi merupakan cara lain hitung usia kehamilan & HPL. Cara ini kerap digunakan jika calon Bunda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Sehingga, mengakibatkan Calon Bunda tidak bisa menghitung menggunakan rumus HPHT.

Selain itu, cara ini juga efektif jika calon Bunda terlambat mendeteksi kehamilan. Akan tetapi, cara ini tetap harus dilakukan atas petunjuk dari dokter. Kebanyakan dokter kandungan tidak menyarankan untuk tes USG jika Calon Bunda hamil di usia 35 tahun atau lebih. Selain itu, bagi Bunda yang sudah pernah mengalami keguguran maupun komplikasi juga tidak disarankan menggunakan USG.

  1. Memeriksa Tinggi dari Fundus Uteri

Lokasi dari fundus uteri juga bisa digunakan untuk mendeteksi usia kehamilan. Lokasi dari fundus uteri ini adalah di area tulang panggul hingga bagian atas rahim. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka jarak fundus uteri ini akan semakin kecil. Untuk mengetahuinya, calon Bunda harus memeriksakan kandungan ke dokter kandungan secara rutin. Dokter akan menginformasikan Calon Bunda tentang tinggi dari fundus uteri sekaligus HPL. 

Demikianlah ulasan cara hitung usia kehamilan & HPL. Dengan ulasan cara menghitung usia kehamilan di atas, semoga membantu calon Bunda mempersiapkan kehamilan. Semasa hamil, tak ada salahnya untuk mencoba teknik pijat bayi yang nantinya akan sangat bermanfaat. Jangan lupa untuk membeli produk minyak telon bayi dari HUKI. 

Bunda tidak perlu takut dalam memilih produk untuk calon bayi. Sekarang Baby Huki memiliki berbagai rangkaian produk Nursing & Feeding mulai dari Dot Orthodontic Baby Huki, Botol PP SP dengan berbagai series hewan, dongeng, dan Spongebob, Produk Feeding Set Baby Huki dapat digunakan sebagai tempat makan bayi ketika sudah mulai MPASI. Selain itu Bunda juga bisa mendapatkan produk Non Nursing & Feeding seperti Breast Pump, Nursing Pad, Minyak Kayu Putih, Minyak Telon, dan berbagai produk lainnya. Bunda bisa mendapatkan rangkaian produk tersebut official Store Baby Huki di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.