Ciri-ciri Hamil Muda yang Wajib Bunda Tahu!

Ciri-ciri Hamil Muda

Bagi pasangan yang sudah lama menanti kehadiran anak, ciri-ciri hamil muda merupakan hal yang paling dinantikan. Mengetahui tanda kehamilan tentunya sangatlah penting. Dengan demikian, Bunda bisa langsung menyesuaikan asupan makanan dan memulai gaya hidup yang lebih sehat untuk  mendukung perkembangan janin. Sayangnya, kebanyakan Bunda hamil tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya sedang mengandung. Agar tidak kecolongan, yuk simak ciri-ciri kehamilan muda yang penting untuk diketahui berikut dari babyhuki.co.id.

  1. Tidak Menstruasi

Salah satu ciri-ciri hamil muda yang paling umum adalah Bunda mengalami keterlambatan menstruasi. Keterlambatan selama lebih dari 3 bulan dari tanggal seharusnya bisa menjadi tanda  bahwa Bunda sebenarnya sedang hamil muda. Akan tetapi, keterlambatan menstruasi ini juga bisa jadi sangat mengecoh. 

Faktor seperti stres dan ketidakseimbangan hormon bisa menjadi penyebab siklus menstruasi terlambat. Apalagi, jika Bunda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Satu-satunya cara untuk memastikan hamil tidaknya Bunda adalah dengan melakukan tes kehamilan, baik lewat test pack maupun dengan tes darah.

  1. Keluarnya Bercak atau Flek Darah

Gejala ini seringkali disalahpahami sebagai tanda datangnya menstruasi. Pada kasus kehamilan tertentu, kehamilan muda ditandai dengan keluarnya bercak darah. Kebanyakan Bunda hamil mengira bahwa flek tersebut adalah menstruasi yang datang dan memiliki aliran yang kecil. Biarpun mirip, flek darah yang disebabkan oleh kehamilan biasanya berwarna merah muda pucat atau kecoklatan yang bahkan tidak bisa memenuhi panty liner

Flek yang disebut dengan pendarahan implantasi ini muncul sebagai tanda bahwa sel telur yang sudah dibuahi telah menanamkan dirinya pada dinding rahim. Implantasi tersebut dapat membuat sedikit dinding rahim terkikis dan keluar dalam bentuk flek darah. Flek ini umumnya muncul dalam jangka waktu 14 hari setelah proses pembuahan dan berlangsung maksimal 3 hari.  

  1. Kram Perut

Ciri-ciri hamil muda yang biasanya berbarengan dengan munculnya flek darah adalah timbulnya kram perut. Kram perut ini timbul di perut bagian bawah, yaitu di tempat rahim Bunda berada. Biasanya, perempuan bisa saja mengalami kram saat terjadi ovulasi maupun mendekati waktu menstruasi. 

Akan tetapi, kram yang disebabkan oleh kehamilan muda biasanya berlangsung sangat singkat dan berpusat di satu titik saja. Namun, Bunda wajib segera memeriksakan diri ke dokter kandungan apabila kram yang muncul terasa sangat sakit dan disertai dengan munculnya darah dalam  jumlah banyak. 

Baca juga: Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah!

  1. Lebih Mudah Merasa Lemas dan Lelah

Gejala lainnya yang mungkin Bunda alami adalah tubuh terasa lemas dan lebih mudah lelah. Saat hamil, ada banyak sekali perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Bisa dibilang, seluruh energi yang ada di dalam tubuh dipusatkan untuk membentuk lingkungan yang ideal untuk tumbuh kembang janin. Produksi hormon progesteron yang meningkat membuat Bunda merasa lebih mudah lelah dan lemas. Ciri-ciri hamil muda ini bisa terjadi di usia kehamilan 1 minggu. Usahakan jangan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas. Jangan lupa untuk banyak beristirahat dan memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi.

  1. Mengalami Morning Sickness

Morning sickness menjadi ciri-ciri hamil muda yang paling klasik. Gejala ini muncul dengan tanda-tanda rasa mual yang umumnya terjadi di pagi hari. Rasa mual tersebut kadang membuat Bunda muntah-muntah. Walaupun termasuk gejala umum, tidak semua Bunda hamil mengalami gejala ini. Morning sickness biasanya disebabkan oleh meningkatnya hormon dan sensitivitas indera penciuman. Nafsu makan yang sangat besar juga turut memicu terjadinya morning sickness.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai ciri-ciri hamil muda yang wajib untuk diketahui. Selain menjaga kehamilan, Bunda juga perlu berbelanja berbagai produk kebutuhan bayi. Dengan berjalannya waktu semasa kehamilan, sudah saatnya Bunda mempersiapkan produk untuk si kecil seperti Botol Susu Bayi.

Botol Susu Baby Huki terbuat dari bahan PP (polypropylene), tentunya BPA FREE yang terbentuk bulat dan berwarna. Dengan menggunakan dot orthodontic, dot kesehatan yang pastinya nyaman digunakan, membantu pertumbuhan rahang, gusi, dan mencegah terjadinya maloklusi pada bayi. Botol Susu Baby Huki terdiri dari berbagai seri yaitu Seri Dongeng, Spongebob, dan Hewan Pintar. Dengan banyaknya pilihan Bunda bisa pilih seri yang sesuai dengan si kecil.Botol Susu Baby Huki adalah yang paling direkomendasikan. Dot ini memiliki struktur nipple yang mengimitasi bentuk puting ibu. Sehingga, dapat membantu mencegah terjadinya maloklusi pada bayi. Mencegah kolik, anti tersedak dan juga mencegah bayi menjadi bingung puting. Bunda bisa mendapatkan produk ini di Baby Huki official store yang ada di Shopee, Lazada, dan Tokopedia