Cara Penyimpanan ASI Perah yang Bunda Harus Tahu!

cara penyimpanan ASI

Setiap Bunda tentunya menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Hingga usia 6 bulan, bayi membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dari ASI. Kadang-kadang, ada juga Bunda menyusui yang memberikan ASI lewat ASIP atau ASI perah. Ini biasanya terjadi jika Bunda terlalu sibuk dan tidak bisa standby di sisi bayi selama 24 jam. Namun, perlu diketahui bahwa kandungan di dalam ASIP sangatlah sensitif terdapat perubahan suhu. Penyimpanan ASIP yang tidak tepat dapat mengakibatkan kualitas ASIP menurun. Bahkan, ASIP juga bisa saja jadi lebih gampang kadaluarsa. Yuk, simak lebih jelas mengenai cara penyimpanan ASI perah berikut ini.

Cara Penyimpanan ASI Perah yang Benar

Untuk menyimpan ASI perah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berbeda dari susu sapi biasa, ASI perah sangatlah sensitif terhadap perubahan zat dan suhu yang ada di sekitarnya. Sehingga, Bunda perlu lebih berhati-hati. Berikut adalah langkah-langkah cara penyimpanan ASI perah yang wajib Bunda tahu dari babyhuki.co.id:

  • Gunakan Pompa ASI dan Wadah yang Steril

Pertama-tama, pastikan bahwa produk pompa ASI yang Bunda gunakan sudah benar-benar bersih dan menunjang kenyamanan. Bunda juga harus mempersiapkan wadah untuk menampung ASI hasil perahan tersebut. Jika berniat menggunakan botol, pastikan bahwa botol tersebut terbuat dari material food grade yang terbukti aman untuk menyimpan ASI. Atau, Bunda juga bisa membeli plastik penampung ASI perah yang sudah banyak ditemukan di berbagai E-Commerce.

  • Sisakan Ruang Kosong pada Wadah yang Berisi ASIP

Saat mengisi wadah dengan ASIP, sisakan ruang kosong di dalam wadah tersebut kurang lebih 1 inci. Hindari mengisi ASIP yang terlalu penuh. Saat disimpan di freezer, ASIP yang membeku akan mengembang. Pengisian yang terlalu penuh dapat mengakibatkan ASIP tumpah, atau botol penyimpanan pecah. Tentunya, Bunda ingin menghindari hal tersebut, bukan?

  • Pastikan Wadah ASIP Tertutup dengan Rapat

Jangan lupa untuk memastikan wadah tersebut tertutup rapat. Jangan sampai ASIP tersebut terkena kontaminasi udara. ASIP yang sudah  terkena kontak dengan udara luar biasanya sudah mengalami perubahan zat. Sehingga, kualitasnya pun jadi berkurang.

  • Pilih Tempat Penyimpanan ASIP yang Tepat

Setelah proses pemerahan selesai, Bunda bisa langsung menyimpannya. Ada beberapa tempat penyimpanan yang bisa Bunda pilih. Masing-masing tempat penyimpanan akan menentukan usia dari ASI perah tersebut. ASIP yang didiamkan di suhu ruangan misalnya, hanya akan bertahan selama 4 jam. 

Sedangkan, jika Bunda menyimpannya di kotak pendingin, ASIP hanya akan bertahan selama 24 jam. Penyimpanan di kulkas tergolong cukup baik. Karena, mampu mempertahankan kualitas ASI perah selama 4 hari. Pilihan terbaik untuk jangka panjang adalah penyimpanan di freezer. ASIP yang disimpan di freezer bisa bertahan maksimal hingga 12 bulan.

  • Hindari Menyimpan ASIP di Bagian Pintu Kulkas

Bunda mungkin menganggap bahwa menyimpan ASIP di pintu kulkas sudah cukup. Apalagi, dengan demikian Bunda bisa dengan cepat menjangkau seandainya dibutuhkan. Akan tetapi, menyimpan ASIP di pintu kulkas ternyata paling tidak ideal. Pasalnya, bagian pintu kulkas adalah yang paling gampang terkena perubahan suhu. Terutama, jika Bunda sering membuka tutup kulkas. Perubahan suhu yang terlalu drastis dapat mengakibatkan kualitas ASI perah terpengaruh. 

Baca juga: Ini Resiko Operasi Maloklusi Gigi yang Harus Diwaspadai!

  • Label Botol atau Kantong Penyimpanan ASI dengan Label Tanggal Pemerahan

Jangan lupa untuk melabeli wadah penyimpanan ASI perah dengan label tanggal pemerahan. Dengan begitu, Bunda jadi lebih gampang dalam mengetahui tanggal kadaluarsa dari ASIP tersebut. Atau, bisa juga Bunda meletakkan ASIP yang terlama di bagian depan. Sedangkan, ASI perah yang baru ada di bagian belakang. 

Demikianlah ulasan tips dan cara penyimpanan ASI perah. Untuk mempermudah proses pemerahan, Bunda bisa menggunakan produk breast pump dari Baby Huki. Untuk mendapatkan kenyamanan maksimal, Bunda bisa  menggunakan produk breast pump atau pompa ASI dari Baby Huki.

Comfort Manual Breast Pump Baby huki terbuat dari bahan silikon yang elastis, lentur, dan nyaman digunakan. Corong Breast Pump terdapat membran silicone yang berfungsi mengatur kekuatan pompa agar pas dan seperti bayi menyusui. Pompa manual tidak memerlukan daya listrik maupun baterai dan tentunya tidak mengeluarkan suara yang berisik.Pompa ASI dari Baby Huki terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang sangat mudah dibersihkan. Dapatkan produk ini di Baby Huki official store di Shopee, Lazada, dan Tokopedia.