Tips Mengatasi Bayi Rewel Paling Ampuh!

Tips Mengatasi Bayi Rewel

Mengatasi Bayi Rewel – Merawat Si Kecil memang memerlukan kepekaan cukup tinggi mengingat mereka masih belum mampu mengungkapkan perasaan melalui ucapan. Pun demikian jika Sang Buah Hati merasa kurang nyaman; satu-satunya bentuk protes yang bisa mereka layangkan adalah menjadi rewel dan menangis hingga berjam-jam. Duh, jadi pusing gini ‘kan!

Tentu ada banyak penyebab Sang Buah Hati menjadi rewel dan tak berhenti menangis, seperti lapar, mengantuk, dan kelelahan. Popok yang sudah penuh atau kegerahan juga bisa menjadi alasan dibalik rewelnya Si Kecil. Lantas, apa yang harus dilakukan jika Bunda mendapati problem ini? Simak informasi lengkap ini yuk!

Tips Mengatasi Bayi Rewel Paling Ampuh!

  • Cobain Metode Kanguru Dulu

Ketika Sang Buah Hati rewel dan tidak berhenti menangis, coba tenangkan dia menggunakan metode kangguru – sebuah teknik yang menekankan pada pelukan dan sentuhan skin to skin langsung antara orang tua dan Sang Buah Hati.

Baca juga: Bunda, Beginilah 5 Cara Merawat Bayi 0-6 Bulan Yang Tepat!

Cara mempraktekkan teknik kangguru cukup mudah kok, antara lain:

  1. Pastikan Bunda maupun Ayah tidak mengenakan pakaian, minimal dari bagian perut ke tubuh bagian atas. Untuk Bunda, pastikan untuk tidak mengenakan bra ya.
  2. Tanggalkan pakaian Si Kecil. Pastikan tidak ada pakaian, kecuali popok, yang menghalangi kontak skin to skin antara Bunda atau Ayah dengan bayi.   
  3. Posisikan Sang Buah Hati menempel secara tegak di dada Bunda atau Ayah.
  4. Tutup punggung Si Kecil yang terbuka dengan sehelai kain lembut sehingga posisi orang tua dan bayi mirip dengan gambaran anak kangguru yang sedang berada dalam kantung milik sang induk.
  5. Timang bayi lembut selama beberapa saat hingga dia merasa tenang

Metode kanguru dapat dilakukan secara rutin meskipun Si Kecil tidak sedang rewel lho. Selain membuat tenang, kontak langsung dari kulit ke kulit juga dapat meningkatkan kedekatan emosional Si Kecil dengan orang tua.

  • Berikan Pijatan Lembut Bisa Jadi Solusi

Salah satu penyebab paling umum bayi rewel adalah kelelahan yang dirasakannya. Jika ini yang terjadi, cobalah memberi pijatan lembut pada Sang Buah Hati. Faktanya, memijat lembut bayi nggak hanya mampu mengatasi bayi rewel lho. Beberapa studi membuktikan bahwa pijatan pada bayi memberikan dampak positif, mulai dari membuatnya tidur lebih pulas hingga meningkatkan bonding antara Bunda dan Si Kecil. 

Memijat Si Kecil juga sangat mudah dilakukan. Bunda cukup memijat lembut area punggung, dada, tangan, dan kaki Si Kecil selama 10 hingga 15 menit atau hingga dia merasa tenang. Agar kegiatan memijat makin menyenangkan, gunakan HUKI minyak telon yang bisa Bunda dapatkan di official store HUKI di  Shopee, JD.ID, Lazada dan Tokopedia sekarang juga. 

  • Putar Audio yang Lembut dan Menenangkan

Tahukah Bunda bahwa memutar audio yang sifatnya menenangkan seperti musik lembut, suara deburan ombak, semilir angin, dan suara natural lainnya dapat membantu mengatasi bayi rewel? Ini bisa saja dilakukan karena selama berada dalam kandungan, Si Kecil terbiasa mendengarkan bermacam suara, mulai dari detak jantung hingga suara lain dari luar kandungan. Nah, memutar kembali suara-suara ini bisa jadi membantu menenangkan bayi lho. 

  • Coba Gendong dan Berikan Susu

Si Kecil akan mengekspresikan ketidaknyamanan yang dirasakan melalui tangisan. Nah jika bunda memperhatikan Sang Buah Hati menangis sambil berusaha memasukkan tangan ke mulut, maka kemungkinan besar dia sedang merasa lapar. Pada saat seperti ini, segera gendong dan berikan susu kepada Si Kecil. 

Bunda bisa menggunakan botol HUKI PP SP Round dengan dot orthodontic yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan gigi Si Kecil. Botol HUKI PP SP Round juga bebas BPA dan memiliki desain menarik yang dapat membuat anak lebih antusias ketika meminum susu. Dot Orthodontic Baby Huki sudah teruji klinis mencegah maloklusi pada gigi dan rahang si kecil. anti kolik, anti sedak karena lubang ditengah permukaan jadi tidak menembak langsung ke tenggorokan, juga tidak bikin si kecil bingung puting karena mekanismenya menyerupai seperti bayi menyusu langsung dari payudara Bunda.

Yuk, dapatkan produk HUKI di official store  Shopee, JD.ID, Lazada dan Tokopedia sekarang juga. 

Itulah beberapa tips mengatasi bayi rewel yang bisa Bunda aplikasikan. Kunci utama ketika menghadapi bayi rewel dan tidak berhenti menangis adalah tetap tenang. Jangan panik karena hal tersebut dapat membuat Bunda tidak bisa berpikir jernih, bahkan berpotensi menguras emosi. Semoga bermanfaat.