Rekomendasi Pelancar ASI Alami untuk Ibu Menyusui!

Rekomendasi Pelancar ASI Alami untuk Ibu Menyusui!

Pelancar ASI – Masalah ASI yang kurang lancar memang jadi faktor utama yang menghalangi Bunda menyusui si kecil secara maksimal. Padahal, tumbuh kembang anak selama 6 bulan pertama bergantung pada asupan ASI yang diberikan. Kesulitan dalam memberikan ASI ternyata adalah masalah yang lumayan umum, lho. Faktornya bisa beragam, mulai dari stres hingga kekurangan asupan nutrisi. Salah satu cara untuk melancarkan ASI bisa dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung laktogenik. Yuk, simak rekomendasi pelancar ASI alami yang cocok dan aman untuk Bunda konsumsi dari babyhuki.co.id.

Rekomendasi Pelancar ASI Alami untuk Ibu Menyusui!

  1. Wortel

Selain bagus untuk merawat penglihatan Bunda dan bayi, tahukah bahwa wortel ternyata termasuk sayuran pelancar ASI yang alami? Wortel mengandung zat fitoestrogen yang berfungsi untuk memicu produksi ASI. Mengonsumsi wortel secara teratur terbukti dapat meningkatkan kemampuan payudara untuk memproduksi ASI. 

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan berbasis gandum yang umum dikonsumsi bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Akan tetapi, ternyata makanan yang kaya akan serat ini juga berperan sebagai pelancar ASI untuk Bunda yang sedang menyusui. Kandungan nutrisi yang ada di dalam oatmeal dapat membantu meregulasi hormon dengan memicu produksi hormon oksitosin. Happy hormone tersebut bisa bantu Bunda agar lebih rileks. Kondisi tubuh yang tenang dan santai pastinya dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Nama daun katuk memang sering terdengar sebagai salah satu sayuran alami pelancar ASI. Selain itu, sebenarnya jenis-jenis sayuran berdaun hijau lainnya juga bisa digunakan untuk membantu melancarkan ASI, lho. Hal ini dikarenakan adanya kandungan fitoestrogen yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Beberapa sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui antara lain: kangkung, sawi, bayam, brokoli, selada, dan lain sebagainya.

  1. Pare

Bunda tidak suka mengkonsumsi pare? Rasa pare yang getir serta pahit ini memang membuatnya hanya disukai oleh beberapa orang saja. Namun, di balik rasanya yang kurang sedap, pare sebenarnya sangat kaya akan manfaat. Salah satunya adalah pare merupakan sayuran pelancar ASI yang paling direkomendasikan. 

Baca juga: Sudah Tahu 5 Tahap Pertumbuhan Gigi Si Kecil Ini?

Sama seperti sayuran hijau, pare juga mengandung fitoestrogen yang sangat baik untuk memicu produksi ASI yang lebih melimpah. Untuk mengurangi rasa getir dari sayuran ini, Bunda bisa belajar cara mengolah sayuran pare yang tepat. Dengan demikian, Bunda pun jadi bisa lebih enjoy saat mengonsumsi sayuran pelancar ASI ini.

  1. Jintan

Jintan merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak digunakan di berbagai kuliner Nusantara. Percaya tak percaya, ternyata jintan juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI alami. Khasiat jintan sebagai rempah pelancar ASI memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia selama ratusan tahun. Bunda bisa mendapatkan khasiat dari jintan ini dengan meminum air rebusannya. Atau, Bunda juga bisa menggunakan jintan di dalam aneka hidangan makanan yang akan dikonsumsi.

  1.  Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan laut yang sangat direkomendasikan, tidak hanya untuk Bunda yang tengah mengandung. Bagi Bunda yang sudah masuk masa menyusui, ikan dengan citarasa gurih ini juga sangat direkomendasikan sebagai pelancar ASI alami. 

Ikan ini mengandung asam lemak serta vitamin B12, vitamin D, dan protein yang sangat bagus dalam meningkatkan produksi ASI. ASI yang Bunda hasilkan juga memiliki kualitas tinggi dan bisa memaksimalkan perkembangan buah hati.

Bunda bisa menggunakan pompa manual dari HUKI yang sudah terbukti kualitasnya. Baby HUKI Manual Breast Pump dirancang ergonomis sehingga nyaman saat Bunda gunakan. Bagian pompa ASI juga mampu menstimulasi ASI agar keluar lebih banyak karena menggunakan pelindung payudara yang berbahan silikon. Tidak hanya itu, pompa ASI dari HUKI tidak berisik seperti pompa elektrik dan dilengkapi katup diafragma serta corongnya elastis sehingga Bunda akan merasakan aman dan nyaman selama melakukan pumping seperti hisapan Si Kecil saat menyusu.Bunda bisa pilih sendiri produk breast pump manual dengan mengunjungi HUKI official store di Lazada dan Tokopedia