Penyebab dan Cara Atasi Batuk Berdahak Pada Bayi!

Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada Bayi

Sudah bukan rahasia bahwa bayi memiliki sistem imunitas yang masih sangat lemah. Hal ini sebenarnya sangat masuk akal. Karena, sistem kekebalan tubuh bayi memang sedang dalam masa penyesuaian dengan lingkungan sekitarnya. Batuk berdahak merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi bayi. Apa saja penyebab sekaligus cara mengatasi batuk berdahak pada bayi? Simak ulasan lengkap berikut ini dari babyhuki.co.id.

Penyebab Batuk Berdahak pada Bayi

Pada dasarnya, batuk merupakan reaksi tubuh yang sangat normal. Batuk sebenarnya adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan objek asing yang tidak sengaja terhirup atau berada di dalam saluran pernapasan. Batuk kering misalnya, merupakan upaya tubuh untuk melegakan rasa tenggorokan yang menggelitik di dalam tenggorokan. 

Sedangkan, batuk berdahak pada bayi adalah refleks tubuh si kecil untuk mengeluarkan lendir yang ada di dalam paru-paru dan tenggorokan. Dahak atau lendir sebenarnya adalah sel-sel darah putih yang kalah dan mati melawan virus flu. Sehingga, tak heran jika bayi biasanya juga mengalami gejala-gejala flu. Antara lain sakit tenggorokan, demam, hidung tersumbat, dan penurunan nafsu makan. Untuk meredakan batuk berdahak, tentunya dahak atau lendir tersebut harus dikeluarkan dari dalam tubuh. 

Walaupun terkesan gawat, sebenarnya batuk berdahak pada bayi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk meredakan batuk si kecil. Namun, Bunda wajib waspada apabila batuk berdahak tersebut menunjukkan perubahan warna dahak menjadi warna hijau, kuning, maupun kecoklatan. 

Selain itu, bayi juga bisa mengalami kondisi batuk yang tidak kunjung membaik atau malah memburuk, bayi mengalami kesulitan bernapas, bayi mengalami wheezing atau mengi, dan batuk tersebut sangat mengganggu hingga mengakibatkan bayi kesulitan makan dan minum. Hal tersebut menjadi indikasi bahwa bayi mengalami infeksi pernapasan dan sangat membutuhkan pertolongan medis.  

Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada Bayi

Sebenarnya, cara mengatasi batuk berdahak pada bayi tergolong sederhana. Saat ini, sudah banyak sekali obat pengencer dahak yang dapat membantu mengeluarkan lendir dari saluran pencernaan bayi. Namun, tentunya obat tersebut tidak boleh diberikan pada bayi secara sembarangan. Bunda harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter anak. Selain pemberian obat, berikut adalah cara lainnya yang bisa Bunda gunakan untuk mengatasi batuk berdahak yang dialami si kecil:

  1. Memperbanyak Asupan Cairan

Salah satu cara termudah untuk mengatasi batuk berdahak adalah lewat pemberian asupan cairan yang mencukupi. Dalam hal ini, bayi hanya memerlukan asupan ASI yang melimpah. Di dalam ASI terdapat nutrisi yang ia butuhkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nutrisi yang ada di dalam ASI juga dapat membantu mempercepat pengenceran lendir sekaligus memperkuat sistem imun untuk mengalahkan virus penyakit.

  1. Mengistirahatkan Bayi

Selama sakit, si kecil sudah pasti akan rewel dan sangat mudah untuk menangis. Sehingga, waktu istirahatnya pun sudah pasti akan berkurang. Jika Bunda memiliki rencana berjalan-jalan dengan si kecil, ada baiknya untuk menunggu ia benar-benar sembuh total. Perbanyak waktu istirahat si kecil dengan menidurkannya. Waktu istirahat yang cukup dapat membantu tubuh anak agar lebih mampu melawan virus flu yang menjangkitinya. 

  1. Menjaga Kelembapan Udara

Udara dingin dan kering bisa menjadi media penyebaran virus flu yang sangat ideal. Untuk mengatasinya, Bunda bisa memasang alat humidifier di kamar si kecil. Alat tersebut dapat membantu menjaga agar udara di kamar terasa lembap. Sehingga, dapat menghambat pertumbuhan virus penyebab batuk berdahak. Bunda juga bisa bikin sendiri dengan menuangkan beberapa tetes minyak telon ke dalam wadah baskom air panas. Agar uapnya menyebar di kamar.

Demikian beberapa ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi batuk berdahak pada bayi. Untuk mengawal tumbuh kembang si kecil, Bunda bisa membeli berbagai produk kebutuhan bayi BABY HUKI. HUKI menawarkan produk minyak telon yang sangat efektif untuk membantu menjaga tubuh bayi menjadi lebih hangat.

Bagi Bunda yang ingin mencoba teknik memijat bayi, bisa membeli produk minyak telon dari HUKI.

Minyak Telon Baby Huki terbukti menjaga kulit Si Kecil tetap hangat. Dibuat dari bahan alami dan aman dilengkapi dengan aroma yang menenangkan agar si kecil semakin nyaman. Minyak Telon Baby Huki terdapat 3 ukuran dari 30ml, 60ml, dan 125ml.

Untuk Bunda yang ingin bonding dengan si kecil, bisa membeli produk minyak telon dari Baby Huki. 

Minyak Telon Baby Huki terbukti menjaga kulit Si Kecil tetap hangat. Dibuat dari bahan alami dan aman dilengkapi dengan aroma yang menenangkan agar si kecil semakin nyaman. Kandungan minyak kelapanya juga lebih banyak dibandingkan produk sejenis. Pas sekali untuk pijat bayi. Selain itu, Bunda juga bisa membeli dot bayi, feeding set dan lain sebagainya di toko resmi BABY HUKI yang ada di Tokopedia, Shopee, dan Lazada.