Makanan Bayi 6 Bulan yang Bisa Bunda Berikan untuk Si Kecil!

Makanan Bayi 6 Bulan

Makanan bayi 6 bulan – Si kecil sudah berusia 6 bulan? Ini tentu jadi momen yang Bunda nantikan, bukan? Pasalnya, kini si kecil sudah mulai membutuhkan MPASI atau makanan pendamping ASI. Asupan ASI tentu masih dibutuhkan si kecil, namun harus ditunjang dengan MPASI untuk semakin meningkatkan tumbuh kembangnya. Tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih makanan bayi 6 bulan apa yang sebaiknya diberikan untuk si kecil. Jika Bunda juga mengalami kebingungan yang sama, simak rekomendasi makanan bayi 6 bulan berikut ini dari babyhuki.co.id.

Makanan Bayi 6 Bulan yang Bisa Bunda Berikan untuk Si Kecil

Buah-Buahan

Sudah bukan rahasia lagi jika buah-buahan kaya akan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh si kecil. Untuk itu, Bunda bisa mulai memberikan asupan buah-buahan untuk menunjang pertumbuhannya. Mengingat si kecil masih belum juga memiliki gigi, terlebih dahulu haluskan buah-buahan yang akan diberikan. Tekstur buah yang halus tentu akan lebih mudah diterima oleh si kecil yang belum memiliki gigi.

Contoh buah-buahan yang bisa Bunda pilih adalah pisang. Meski memiliki tekstur yang cenderung lembut, tetap saja pisang perlu dilembutkan terlebih dahulu. Cara melembutkan pisang sangat mudah, cukup lumatkan pisang menggunakan garpu dan beri tambahan susu formula atau ASI untuk membuatnya lebih lembut dan encer. Meski buah pisang kaya akan serat, jangan berikan asupan pisang yang berlebihan, ya. Pasalnya, buah pisang yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan permasalahan sistem pencernaan.

Sayuran

Selain buah, Bunda juga sudah bisa memberikan asupan sayuran kaya serat untuk si kecil, lho. Berbeda dengan buah yang bisa langsung dihaluskan. Bunda perlu mengukus sayuran terlebih dahulu untuk membuat teksturnya jadi lebih lembut. Dengan begitu, menghaluskan sayuran bisa lebih mudah dan cepat. Namun, pastikan sayuran sudah dicuci dengan bersih sebelum dimasak, ya.

Baca juga: Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi!

Beberapa sayuran yang bisa Bunda masak untuk diberikan kepada si kecil adalah brokoli dan kentang. Setelah dikukus hingga matang, brokoli dan kentang tersebut bisa diblender hingga benar-benar halus. Untuk membuat cita rasa sayuran lebih enak, tambahkan juga kaldu ikan atau kaldu ayam yang aman pada sayuran tersebut. Dengan begitu, si kecil bisa lebih lahap menikmati asupan makanannya. Selain brokoli dan kentang, sayuran lainnya yang bisa diberikan pada si kecil seperti jagung, wortel, bayam, dan masih banyak lagi.

Bubur Beras Merah

Tekstur bubur yang halus membuatnya cocok dijadikan sebagai MPASI. Meski di pasaran tersedia banyak bubur instan, akan lebih sehat jika Bunda membuat bubur sendiri di rumah. Di antara banyaknya bahan baku yang bisa dipilih, bubur merah bisa jadi pilihan yang terbaik. Selain mudah dicerna, bubur merah memiliki kandungan alami yang tidak akan membuat si kecil mengalami alergi. Untuk membuat bubur merah menjadi lebih lezat, Bunda juga bisa menambahkan daging sapi atau ayam yang sudah dihaluskan.

Selain memikirkan asupan makanan yang tepat sebagai MPASI, ada satu hal lagi yang tidak boleh Bunda sepelekan, yakni memilih set alat makan bayi. Agar si kecil lebih aman saat makan, pastikan memilih set makan bayi yang bebas BPA, seperti Feeding Set Huki. Set makan bayi yang satu ini juga sudah teruji FDA Standard sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Bunda pun cukup mengunjungi Tokopedia atau Lazada untuk melakukan pembelian Feeding Set Huki. Jika beruntung, banyak promo dan diskon yang bisa didapatkan, lho.