Inilah Tanda Tidur yang Berkualitas pada Bayi

Inilah Tanda Tidur yang Berkualitas pada Bayi

Tidur yang berkualitas adalah hal terpenting di masa awal kelahiran bayi. Hal ini dikarenakan selama tidur, bayi akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Di bulan-bulan pertamanya, bayi bisa tidur sampai dengan 18 jam per hari di waktu yang tidak beraturan, bahkan di pagi hari sekali pun. Saat memasuki usia 6 bulan, waktu tidurnya berkurang menjadi 14 jam per hari dan akan terus berkurang seiring bertambahnya usia si kecil.

Saat bayi kurang tidur, ada banyak hal yang bisa terjadi misalnya rewel, terus menangis, hingga demam ringan. Maka dari itu, penting sekali bagi Bunda untuk mengetahui tanda bahwa bayi sudah cukup tidur seperti berikut ini dari babyhuki.co.id.

Inilah Tanda Tidur yang Berkualitas pada Bayi

Bangun dengan ceria

Tidur yang berkualitas adalah pemicu mood yang buruk pada bayi. Jika buah hati tersayang bangun dalam kondisi tidak menangis artinya ia sudah cukup tidur. Bayi yang memiliki tidur berkualitas juga akan lebih aktif, misalnya dengan terus mengoceh, banyak menggerakkan tangan dan kakinya, ataupun juga lebih mudah tertawa saat diajak bermain. Hal ini tentu menjadi impian setiap orang tua, sebab tak ada ibu atau ayah yang ingin buah hatinya terus murung dan rewel sepanjang hari.

Baca juga: 5 Tips Bayi Tidur Nyenyak Tanpa Digendong, Bunda Wajib Tahu!

Memiliki nafsu makan yang baik

Saat bayi susah tidur atau tidurnya kurang nyenyak, ia bisa jadi akan merasa kelelahan dan bahkan kembung. Ketika hal ini terjadi, maka si kecil akan terlihat kurang nafsu makan dan selalu menolak apapun yang diberikan. Pada bayi yang hanya mengonsumsi susu, biasanya ia akan menolak atau membutuhkan waktu lebih lama untuk menghabiskannya. Jika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas dan mulai mengonsumsi makanan padat, maka ia akan terus melepeh apapun yang masuk ke mulutnya. Namun berbeda halnya jika ia memiliki waktu tidur berkualitas, maka si kecil akan terlihat lahap ketika minum susu maupun menyantap MPASI-nya.

Pastikan Bunda pintar memilih produk botol susu dan feeding set yang terbaik untuk bayi. Botol susu dan feeding set Baby Huki sudah tersertifikasi HALAL dari MUI dan BPA Free. Selain itu botol susu Baby Huki dilengkapi dengan dot orthodontic yang aman untuk si buah hati. Dot orthodontic ini memiliki bentuk dan cara kerja yang mirip dengan payudara Bunda, di mana air susu keluar melalui lubang dot yang mengarah ke langit-langit mulut, jadi tidak langsung ke tenggorokan. Dot orthodontic Baby Huki memberikan rasa nyaman pada bayi saat menyusu sehingga si kecil tidak akan tersedak.

Memiliki pola tidur rutin

Ya, saat si kecil memiliki pola tidur yang rutin, artinya ia bisa beristirahat dengan maksimal. Jika pola tidur buah hati berantakan, tandanya ia memiliki waktu tidur yang kurang berkualitas sehingga lebih mudah lesu dan lelah. Dengan memastikan bayi memiliki tidur berkualitas, Bunda juga bisa lebih leluasa beraktivitas, lho. Saat pola tidur buah hati konsisten, maka Bunda bisa merencanakan kegiatan dengan lebih baik dan efisien.

Terlihat rileks saat tidur

Bunda tidak perlu khawatir saat si kecil menggerakkan kelopak mata atau tangan dan kakinya secara  berulang saat tidur. Hal ini justru menjadi tanda ia tidur cukup nyenyak. Selain itu, tanda lain dari tidur yang berkualitas adalah wajah buah hati terlihat rileks, otot-otot tubuhnya tidak menegang, dan napasnya teratur. Jika wajah si kecil terlihat merengut atau hampir menangis, bisa jadi ia bermimpi buruk ataupun merasa tidak nyaman. Coba cek popoknya dan bajunya, jika terlalu basah ia mungkin merasa risih. Bisa juga mencoba mendekatkan jari Bunda pada bibir si kecil. Jika si kecil langsung menyambutnya seperti ingin minum susu, artinya ia sedang kehausan atau kelaparan.Bunda, penting sekali untuk memastikan buah hati tersayang mendapatkan tidur berkualitas setiap harinya. Jangan lupa selalu memperhatikan kebersihan dan kenyamanan kamar tidur bayi, sehingga ia pun bisa beristirahat dengan maksimal. Pastikan juga ya, selalu pakai feeding set dan botol susu Baby Huki dengan membelinya di Lazada, JD.ID, dan Tokopedia. Semoga Bunda dan si kecil sehat selalu, ya!