Inilah Langkah Mudah Agar Si Kecil Tidur Nyenyak!

Langkah Mudah Agar Si Kecil Tidur Nyenyak

Kecil Tidur Nyenyak – Sebagai seorang ibu, Bunda pasti akan lebih senang jika Si Kecil bisa tertidur lebih nyenyak. Mereka tampak begitu manis dan seperti malaikat. Namun sebagian dari para ibu mengaku kesulitan menidurkan buah hati sehingga Si Kecil sering menangis terbangun di tengah tidurnya padahal masih baru berapa jam dia tidur.

Lantas bagaimana caranya agar Si Kecil dapat mudah tidur? Coba deh Bunda praktikkan langkah mudah agar Si Kecil tidur nyenyak berikut ini. Nanti Bunda tinggal memperhatikan cara mana yang paling tepat untuk buah hati karena setiap bayi memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Mari kita mulai dari babyhuki.co.id:

Inilah Langkah Mudah Agar Si Kecil Tidur Nyenyak!

  • Bermain Bersama Si Kecil

Salah satu cara agar Si Kecil dapat tidur nyenyak adalah mengajaknya bermain di jam-jam yang tidak jauh dari waktu tidurnya. Bunda bisa mengajaknya bermain cilukba sampai ia tertawa lepas, memainkan mainan kesukaannya, menggelitik lembut lengannya, dan bermacam aktivitas dengan Si Kecil. Dengan beraktivitas yang melibatkan tubuhnya , Si Kecil akan nantinya akan lelah sehingga mudah untuk menidurkannya.

Baca juga: Bunda, Yuk Lakukan Rutinitas Sebelum Tidur Untuk Si Kecil!

  • Membacakan Dongeng

Bayi sangat menyukai suara ibunya, oleh karena itu Bunda bisa membacakan dongeng dari sebuah buku untuknya saat masuk waktunya tidur. Tunjukkan gambar sembari menceritakan kisah yang ada di dalam dongeng dengan suara yang tenang karena jika Bunda menggunakan suara agresif, ia malah akan lebih senang dan malah tidak tidur. Jadi, pilihlah cerita yang tepat dengan suara yang tenang.

  • Memberikan Pijatan Lembut

Memberikan pijatan lembut saat memasuki waktu tidurnya adalah salah satu cara untuk membantunya tidur nyenyak. Pijatan yang diberikan pada Si Kecil pada saat sebelum tidur, akan menghasilkan lebih banyak hormon melatonin. Nah, hormon itulah yang akan membantunya tidur lebih cepat dan lelap.

  • Memandikan Si Kecil

Cara lain untuk membantu Si Kecil tertidur nyenyak adalah memandikannya. Misal dia akan tidur malam, Bunda bisa memandikannya dengan air hangat terlebih dahulu. Pilih produk sabun atau lotion bayi yang mengandung chamomile atau lavender karena keduanya bisa memberikan ekstra relaksasi untuk tubuh Si Kecil.

  • Memutarkan Lullaby

Lullaby adalah nyanyian atau suara musik yang biasanya diputarkan untuk menidurkan Si Kecil. Pilih lulabi yang bernada tenang untuk membantu Si Kecil tertidur seperti Lullaby and Goodnight milik Brahms’, Rockabye Baby Lullaby, Edelweiss dari film The Sound of Music, German Cradle Song, Danny Boy, dan sebagainya.

  • Membangun Suasana Tidur

Membangun suasana yang dimaksud adalah mengajak ia ke kamar agar jauh dari suara bising. Jika akan menidurkan saat malam hari, mulailah untuk membiasakan meredupkan lampu kamar, menutup gorden kamar, dan buat suasana tenang saat Si Kecil masuk waktunya tidur. Dengan menerapkan kebiasaan ini, jam biologis yang ada di dalam tubuhnya dapat dengan mudah mengenali kapan waktunya ia tidur.

Bunda bisa mulai dengan menggendongnya dan jika ia mulai mengantuk, segerakan untuk meletakkan Si Kecil di kasurnya. Jangan menunggu ia tertidur lelap di tangan Bunda karena itu akan membentuk kebiasaan sulit tidur jika tidak digendong dulu. Setelah itu tunggu hingga ia benar-benar terlelap di atas kasurnya sebelum Bunda beranjak pergi untuk melanjutkan aktivitas lain.

Langkah mudah agar Si Kecil tidur nyenyak lainnya yaitu Bunda bisa mengoleskan minyak telon HUKI. Minyak telon HUKI terbuat dari 3 bahan alami yaitu minyak kayu putih, minyak adas manis, dan juga minyak kelapa. Oleh karena itu minyak telon ini aman untuk kulit Si Kecil, bisa untuk pijat, dan selalu senantiasa menghangatkannya. Bunda bisa mendapatkannya di official store HUKI di Shopee, JD.ID, Lazada dan Tokopedia sekarang juga dengan harga yang tentunya bersahabat.