Ini Cara Merawat Gigi Susu Si Kecil!

Gigi Susu Si Kecil

Memasuki usia 6 bulan, bayi biasanya sudah menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan gigi. Gigi yang pertama kali muncul dan dimiliki si kecil disebut dengan gigi susu. Munculnya gigi ini merupakan pertanda bahwa bayi sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan semi padat (MPASI). Gigi susu ini akan tanggal dan digantikan oleh gigi permanen. Selama itu, Bunda harus memastikan bahwa gigi susu si kecil tetap terawat. Membersihkan gigi susu si kecil juga harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai hal tersebut mengakibatkan gigi anak terluka. Berikut adalah ulasan tentang cara membersihkan gigi susu bayi yang wajib diketahui dari babyhuki.co.id:

  1. Membersihkan Gigi dan gusi Anak Menggunakan Kain Basah

Tidak hanya memperhatikan kebersihan gigi, gusi si kecil juga wajib diperhatikan. Karena, gusi yang sehat sudah pasti menjamin gigi anak juga menjadi sehat dan kuat. Untuk membersihkan gusi anak, Bunda harus hati-hati. Hindari menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar. Karena, hal tersebut dapat mengakibatkan gusi anak terluka. Hal ini tentunya berakibat si kecil menjadi rewel gara-gara kesakitan.

Alangkah baiknya untuk menggunakan kain basah dengan permukaan kain yang lembut. Usapkan kain tersebut pada bagian gusi dengan lembut setiap si kecil selesai makan. Untuk mengangkat kotoran makanan yang membandel, Bunda bisa menggunakan kain kasa. Cara ini bisa dipakai kurang lebih setiap 2x sehari. Mulai dari saat ia makan siang hingga sebelum tidur. Membersihkan gigi dan gusi si kecil dengan cara ini sangatlah penting untuk mencegah terjadinya pembentukan plak dan karang gigi.

Baca juga: Intip Inspirasi Nama Bayi Perempuan Modern!

  1. Menggunakan Sikat Gigi Khusus Bayi

Hal lainnya yang perlu diperhatikan untuk menjaga gigi susu si kecil adalah, menggunakan sikat gigi yang tepat. Sikat gigi untuk orang dewasa sudah pasti bukan pilihan yang tepat untuk si kecil. Kepala dan bulu sikat pada sikat gigi orang dewasa sudah pasti terlalu besar dan bertekstur terlalu karas. Hal tersebut dapat mengakibatkan gusi si kecil terluka. Gigi bayi pun tidak dapat dibersihkan secara maksimal. 

Untungnya, saat ini sudah banyak sekali ditemukan produk sikat gigi bayi yang dirancang khusus untuk si kecil. Bulu sikat dari sikat gigi ini sangat lembut dengan kepala sikat yang kecil. Sehingga, mampu mencapai bagian terdalam rongga mulut bayi dengan sangat mudah. Di sisi lain, sikat gigi bayi memiliki pegangan yang besar dan mudah sekali digenggam. Bunda tidak perlu menggunakan pasta gigi saat menyikat gigi bayi. Karena, umumnya pasta gigi baru bisa digunakan saat ia berusia 3 tahun.
Untuk baby yang belum tumbuh gigi atau baru tumbuh, bunda bisa pakai Baby Huki infant toothbrush. Yang terbuat dari bahan silikon yang aman dan sudah tersertifikasi Halal oleh MUI. Jadi aman untuk membersihkan gusi, lidah dan gigi sang buah hati.

Demikianlah beberapa cara untuk membuat gigi susu. Bunda bisa mengunjungi official store HUKI di Lazada dan Tokopedia untuk menemukan produk kebutuhan bayi terbaik dengan harga terjangkau.