Ini Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi yang Benar

cara membersihkan telinga pada bayi

Tidak hanya mandi dan mengganti popok, kebersihan telinga bayi juga wajib Bunda perhatikan. Membersihkan telinga tentunya sangat penting untuk membantu menjaga agar telinga si kecil senantiasa bersih. Telinga bayi yang bersih dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan kotoran yang dapat mengakibatkan masalah pendengaran. Namun, telinga merupakan salah satu organ vital yang sangat sensitif. Sehingga, Bunda tidak boleh sembarangan saat membersihkannya. Yuk, cari tahu cara membersihkan telinga pada bayi berikut ini dari babyhuki.co.id.

Ini Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi yang Benar 

  1. Membersihkan Telinga dengan menggunakan Kapas atau Kain Waslap

Salah satu cara membersihkan telinga pada bayi yang paling mudah adalah dengan menggunakan kapas. Selain kapas, Bunda juga bisa menggunakan kain waslap. Baik kapas dan waslap memiliki tekstur permukaan yang halus. Sehingga, Bunda tidak perlu khawatir bagian telinga bayi tergores atau teriritasi. Berikut adalah langkah-langkah membersihkan bayi menggunakan kapas atau kain yang benar:

  • Pertama-tama, Bunda basahi terlebih dulu kain waslap atau kapas bersih dengan menggunakan air hangat
  • Setelah itu, peras kapas atau kain tersebut hingga tidak ada air yang menetes
  • Selanjutnya, usapkan kain waslap atau bola kapas tersebut dengan lembut pada bagian luar telinga
  • Hindari menggunakan sabun mandi atau sabun khusus bayi apapun saat membersihkan telinga. Hal tersebut dapat mengakibatkan telinga bayi menjadi kering dan mudah teriritasi
  • Setelah bagian luar telinga bersih, aplikasikan handuk kering yang lembut untuk mengeringkan area tersebut.
  1. Gunakan Obat Tetes Telinga untuk Membersihkan Bagian Dalam Telinga Bayi

Tidak hanya bagian luar, bagian dalam telinga bayi juga sebaiknya dibersihkan. Karena, disadari atau tidak pastinya ada sejumlah kotoran yang masuk ke dalam telinga bayi. Untuk membersihkan bagian dalam telinga si kecil pun kamu harus sangat berhati-hati. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan obat tetes telinga.

Obat tetes telinga ini biasanya dibuat dengan formula khusus. Formula tersebut dapat membantu melunakkan kotoran yang ada di dalam telinga. Sehingga, kotoran tersebut menjadi lebih mudah dikeluarkan. Namun, tetap saja Bunda tidak boleh asal memakai produk ini. Obat tetes telinga ini biasanya diperuntukkan untuk bayi dengan kondisi tertentu dan atas resep dokter. Jika dokter meresepkan obat tetes telinga ini untuk si kecil, berikut adalah cara penggunaannya yang benar:

  • Sebelum mengaplikasikan obat ini, pastikan tangan Bunda sudah benar-benar bersih dan steril. Jadi, Bunda wajib cuci tangan terlebih dulu
  • Selanjutnya, baringkan bayi dengan posisi menyamping atau miring dengan salah satu sisi telinganya menghadap ke atas
  • Setelah itu, tempatkan pergelangan tangan Bunda pada bagian kepala atau pipi bayi. Dengan demikian, si kecil tidak akan menolehkan kepalanya tiba-tiba saat pemberian obat
  • Setelah itu, tarik bagian telinga yang menutupi saluran telinga ke bagian bawah secara perlahan dengan arah ke belakang
  • Teteskan obat telinga tersebut tepat ke dalam saluran telinga si kecil dengan dosis yang sudah ditentukan
  • Tahan posisi bayi selama kurang lebih 2 menit hingga obat tersebut teresap
  • Gerakkan daun telinga si kecil dengan lembut dan perlahan untuk memastikan bahwa obat sudah teresap dengan baik
  • Letakkan bola kapas pada bagian telinga bayi, dan dudukkan si kecil secara perlahan
  • Setelah itu, cuci tangan Bunda dan ujung dari obat tetes tersebut dengan menggunakan sabun untuk menjaga kebersihannya.

Itulah ulasan mengenai cara membersihkan telinga pada bayi. Bunda bisa lebih mudah membersihkan telinga bayi dengan menggunakan produk cotton bud dari Baby Huki.

Cotton Buds Baby Huki memiliki ukuran standar dan terbuat dari bahan kapas yang berkualitas tinggi, sehingga lembut dan halus untuk digunakan. tersedia dalam kemasan zak, pot, dan box yang praktis.

 Produk cotton bud ini dapat membantu mengangkat kotoran di dalam telinga bayi dengan lebih maksimal. Bunda bisa memperoleh produk ini dengan mengunjungi toko resmi BABY HUKI di Lazada, Shopee, maupun Tokopedia.