Ini Beragam Manfaat dari Pijat Bayi!

Pijat Bayi

Tidak hanya Bunda, si kecil juga sangat menyukai pijatan lembut. Untuk memijat bayi, Bunda tidak membutuhkan tenaga profesional. Bunda sendiri bisa memberikan pijatan lembut yang menenangkan untuk si kecil. Tentunya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah pijatlah tubuh bayi dengan lembut dan penuh kehati-hatian. Perlu Bunda ketahui bahwa memijat bayi tidak sama dengan memijat orang dewasa. Apalagi, tubuh dan otot bayi masih sangat rentan. Pijatan yang terlalu keras bisa mengakibatkan bayi menjadi kesakitan atau cedera. Berikut adalah ulasan manfaat dari pijat bayi yang menarik untuk Bunda ketahui dari babyhuki.co.id.

  1. Membantu Bayi Merasa Lebih Nyaman dan Tenang

Sama halnya seperti pijat pada orang dewasa, pijat bayi juga bisa membuat si kecil merasa lebih nyaman. Misalnya, saat si kecil gelisah dan rewel, Bunda bisa menenangkannya dengan memberikan pijatan lembut. Sentuhan lembut yang Bunda berikan akan membangkitkan 2 jenis hormon, yaitu hormon endorfin dan serotonin. 

Kedua hormon ini dapat memicu perasaan bahagia dan tenang pada bayi. Tak hanya itu, hormon serotonin dan endorfin juga sama-sama membantu meredakan rasa nyeri yang dialami si kecil.

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan Bayi

Manfaat lainnya dari pijat bayi adalah, sistem pencernaan bayi juga jadi lebih lancar. Bayi memang sangat rentan terkena masalah pencernaan, baik karena diare maupun konstipasi. Tentunya, Bunda harus mencari tahu penyebabnya agar pencernaan bayi kembali sehat. Namun, Bunda juga bisa memijat si kecil untuk membantu melancarkan pencernaannya. Pijat bayi ini bisa membantu meredakan berbagai gejala gangguan pencernaan, seperti perut kembung, kolik, sembelit, dan diare.

Baca juga: Ini Cara Merawat Gigi Susu Si Kecil!

  1. Membantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Salah satu cobaan yang harus ditaklukkan orangtua adalah saat si kecil bangun tidur dan menangis di tengah malam. Ada banyak penyebab si kecil tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Salah satunya, bisa jadi karena ia merasa kurang nyaman berada di lingkungan yang baru. Untuk membantu agar ia bisa tidur lebih nyenyak, cobalah berikan si kecil pijatan lembut.

Memijat bayi bisa membantu meningkatkan produksi hormon melatonin.

Melatonin adalah hormon yang berperan untuk membantu membuat bayi merasa mengantuk. Hormon ini diproduksi secara alami oleh tubuh dengan stimulasi lingkungan yang gelap. Namun, ada kalanya produksi hormon melatonin ini kurang cukup. Sehingga, mengakibatkan bayi kurang mengantuk. Dengan memijat tubuh si kecil dengan lembut dan penuh sayang, produksi hormon melatonin pun akan meningkat. Si kecil pun menjadi lebih mudah terlelap di malam hari.

  1. Membantu Mengurangi Kadar Bilirubin di Dalam Darah

Tahukah Bunda bahwa pijat bayi ternyata juga sangat berguna untuk mengurangi kadar bilirubin dalam darahnya. Beberapa saat bayi dilahirkan, si kecil memiliki peluang untuk memiliki kulit berwarna kuning. Hal ini bisa jadi disebabkan akibat produksi bilirubin yang meningkat di dalam darah. 

Untuk mengatasinya, si kecil disarankan untuk menjalani terapi fototerapi untuk menekan produksi bilirubin di dalam darah. Selain fototerapi, Bunda juga bisa membantu mempercepat proses tersebut dengan melakukan pijatan lembut pada si kecil selama kurang lebih 20 menit. 

  1. Sebagai Media Bonding

Secara psikologis, pijat bayi ternyata sangat baik untuk mempererat hubungan antara Bunda dan anak. Memijat si kecil bisa Bunda jadikan sebagai aktivitas untuk lebih mendekatkan diri dengannya. Anak Bunda pun pastinya akan mengasosiasikan sentuhan Bunda dengan hal-hal positif. Untuk sang Bunda, memijat bayi terbukti bisa menurunkan tingkat stres hingga membantu mengurangi gejala baby blues dan mencegah depresi pasca melahirkan (PPD). 

Ternyata, ada banyak sekali ya manfaat yang diberikan dengan memijat bayi. Saat memijat si kecil, jangan lupa untuk menggunakan minyak kayu putih dari HUKI. Terbuat dari bahan-bahan alami, minyak kayu putih ini bisa memberikan sensasi hangat untuk tubuh si kecil. Langkah mudah agar Si Kecil tidur nyenyak lainnya yaitu Bunda bisa mengoleskan minyak telon HUKI. 

Minyak telon HUKI terbuat dari 3 bahan alami yaitu minyak kayu putih, minyak adas manis, dan juga kandungan minyak kelapa yang lebih banyak. Oleh karena itu minyak telon ini aman untuk kulit Si Kecil, bisa untuk pijat, dan selalu senantiasa menghangatkannya. Dapatkan produk essential oil ini di Official Store HUKI yang ada di Lazada dan Tokopedia.