Do’s and Don’ts MPASI 6 Bulan Pertama Si Kecil!

Do’s and Don’ts MPASI 6 Bulan Pertama Si Kecil

MPASI 6 Bulan – Enam bulan tak terasa berlalu, kini saatnya Sang Buah Hati memasuki fase baru. Yups, Bunda sudah mulai bisa memberikan makanan pendamping ASI(MPASI) kala Si Kecil sudah berusia enam bulan. Wah, pasti sudah nggak sabar ya?

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) mulai anak usia enam bulan dilakukan bukan tanpa alasan. UNICEF dalam situs resminya mengatakan bahwa anak membutuhkan makanan bernutrisi agar dapat tumbuh sehat, kuat, serta pintar. Pada usia enam bulan, Air Susu Ibu memang masih menjadi sumber utama namun makanan pendamping (weaning food) sebaiknya ditambahkan karena nutrisi dari ASI saja tidak cukup untuk mendukung laju pertumbuhan yang sangat pesat.

Pentingnya pemberian MPASI ini membuat Bunda deg-degan ketika mempersiapkan MPASI nggak sih? Hempaskan rasa gugup itu sebab ternyata ada panduan hal yang boleh dan dilarang untuk dilakukan agar MPASI 6 bulan pertama berjalan lancar. Simak informasi lengkap berikut ini yuk agar tidak penasaran.

Do’s and Don’ts MPASI 6 Bulan Pertama Si Kecil!

  • Jangan Berikan MPASI Terlalu Cepat

Pemberian MPASI direkomendasikan untuk dimulai ketika Si Kecil berusia enam bulan. Oleh karena itu, jangan sekali-kali mencoba memberikannya lebih awal tanpa konsultasi dokter karena malah berpotensi memberikan dampak negatif. Sistem pencernaan anak yang belum memasuki usia enam bulan belum siap, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan pencernaan jika Bunda memaksa memberi MPASI sebelum waktunya. 

Fungsi motorik anak yang usianya di bawah enam bulan juga umumnya belum siap. Jika Bunda tetap mau memberikan makanan pendamping ASI sebelum usia rekomendasi, bisa jadi resiko tersedak meningkat dan dapat membahayakan si kecil.

Baca juga: Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Baru Lahir, Pilih Mana?

  • Konsultasi dengan Dokter Anak Lebih Dahulu

Satu hal yang perlu dilakukan ketika memberikan MPASI 6 bulan pertama pada anak adalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ini penting dilakukan agar Bunda dapat menyesuaikan dengan kondisi kesehatan Si Kecil.

Oh iya jika sebelumnya pemberian MPASI sebaiknya dilakukan tepat di usia enam bulan, ternyata ada beberapa kasus yang membuat dokter menyarankan Bunda melakukan pemberian makanan pendamping tersebut sebelum enam bulan. So, jangan sampai lupa konsultasi dulu ke dokter untuk memastikan pemberian MPASI berjalan lancar! 

  • Jangan Memaksa Anak Makan atau Menghabiskan MPASI

Bunda harus mengingat bahwa Si Kecil membutuhkan penyesuaian ketika merasakan MPASI pertama kali. Perhatikan saja reaksinya, apakah Sang Buah Hati tertarik atau malah menolak yang diberikan. Jangan pernah memaksa anak jika memang dia tidak berkenan. Coba berikan makanan sama beberapa hari lagi, lalu lihat kembali reaksinya. Jika Baby Girl atau Baby Boy tidak mau menyentuh makanannya, jangan ragu menghubungi dokter. 

Bunda tetap perlu memperhatikan reaksinya ketika mau menerima makanan. Hentikan pemberian makanan ketika dia tidak mau karena bisa jadi itu merupakan tanda bahwa Si Kecil sudah kenyang. 

  • Berikan MPASI Dua Kali Sehari

Bunda harus ingat bahwa sistem pencernaan anak hanya bisa menampung porsi kecil MPASI, oleh karena itu jangan memberi terlalu banyak. Bunda bisa menjadwalkan pemberian MPASI dua kali sehari dengan porsi kecil (2-3 sendok MPASI). 

Bunda kini sudah tahu apa yang perlu dilakukan dan mana yang wajib dihindari ketika memberikan MPASI 6 bulan pertama ‘kan? Nah agar kegiatan mengenalkan anak pada makanan pendamping makin lancar, Bunda dapat menggunakan feeding set dari baby Huki yah…. Bukan botol susu

Botol HUKI BPA Free satu ini berbentuk bulat dengan dot orthodontic yang dapat membantu pertumbuhan rahang dan gusi si kecil. Botol juga memiliki desain lucu yang pastinya menarik perhatian si kecil. Yuk, sukseskan pemberian MPASI dan padukan kegiatan pengenalan makanan ini dengan BABY HUKI Botol PP SP Round yang bisa didapatkan di  Shopee, JD.ID, Lazada dan Tokopedia. untuk memastikan pertumbuhan maksimal si kecil!

 merah ganti dengan product info feeding set baby huki yang terdisir dari mangkok, sendok garpu, dan training cup.