Cara Menyusui Bayi yang Benar Menggunakan Botol!

Cara Menyusui Bayi Yang Benar

Cara Menyusui Bayi – Menyusui bayi secara langsung memang lebih mudah, nyaman dan juga mendekatkan hubungan emosional Bunda dan si Kecil. Namun ada kalanya buah hati harus diberi susu menggunakan botol dan dot, misalnya karena puting yang sedang lecet, Bunda lagi bekerja dan harus memberi ASIP atau si Kecil sudah mengonsumsi susu formula. Apapun alasannya, menyusui buah hati dengan botol dan dot sebenarnya aman dan baik selama dilakukan dengan cara yang benar. Cara menyusui bayi yang salah bisa membuatnya tersedak atau memicu perut kembung. Untuk itu, coba simak dulu cara menyusui bayi dengan benar berikut ini.

Cara Menyusui Bayi yang Benar Menggunakan Botol!

Lakukan skinship dengan bayi 

Skinship atau sentuhan antar kulit Bunda dan bayi secara langsung dapat membuat buah hati merasa nyaman dan dekat dengan Bunda. Efeknya, bayi lebih bisa menikmati susu dalam botolnya dengan baik dan semangat. Selain dengan mendekatkan botol ke dada, Bunda juga bisa sambil menyentuh kaki si Kecil, membelainya dan juga menatap matanya dengan sayang persis ketika dia meminum ASI secara langsung. Cara ini mematahkan anggapan bahwa memberikan susu menggunakan botol bisa mengurangi jalinan perasaan antara Bunda dan buah hatinya karena yang terpenting bukanlah bagaimana dia minum, namun bagaimana cara Bunda menyalurkan rasa kasih sayang.

Posisikan botol dengan benar

Selain masalah kedekatan emosional lewat sentuhan dan sebagainya, perlu diketahui bahwa posisi botol ketika bayi menyusu juga harus diperhatikan. Posisi botol yang kurang tepat bisa membuatnya tersedak ataupun kembung karena terlalu banyak udara yang masuk ke perut ketika minum. Posisi botol yang beanr adalah denga nagak miring dan bukan tegak lurus. Selain itu, ketika Bunda melihat susu dalam botol sudah habis, segeralah menarik keluar dot dari mulut bayi. Keinginan buah hati untuk terus menyedot bisa membuatnya kembung ketika yang masuk adalah udara dari botol yang sudah kosong.

Baca juga: Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi!

Atur aliran susu dari botol

Kasus bayi tersedak saat minum susu dari botol bisa dipicu beberapa hal, termasuk aliran susu yang terlalu deras dan buah hati kesulitan untuk mengatur ritme menyedot dan menelan. Untuk itulah Bunda perlu memilih botol susu dengan dot yang cara kerjanya meyerupai bayi menyusu langsung. Bunda bisa pilih dot orthodontic dari baby Huki. Yang mekanismenya tetap menjaga bayi untuk tetap menghisap dan menelan, lubang terletak di bagian tengah permukaan dot menghadap ke atas langit langit sehingga tidak membuat bayi tersedak. 

Dekatkan botol sedekat mungkin dengan dada

Ketika menyusu secara langsung atau direct breastfeeding, tubuh si Kecil akan sepenuhnya menempel pada Bunda dimana hal ini membuatnya merasa hangat dan juga nyaman. Supaya bayi tetap merasa demikian ketika diberi susu menggunakan botol, posisikan botol bayi sedekat mungkin pada dada. Jika memungkinkan, posisikan pula buah hati seperti ketika dia meminum ASI dari payudara Bunda. Selain nyaman, posisi seperti ini juga memberikan kedekatan emosional tersendiri meskipun dia tidak sedang meminum ASI.

Jangan lupa juga untuk memastikan botol yang digunakan terbuat dari bahan yang bebas BPA seperti botol susu Baby Huki. Dengan memastikan keamanan botol yang digunakan, bukan hanya Bunda yang merasa tenang namun si Kecil juga pasti lebih bisa menikmati momen menyusu karena kesehatannya tidak terganggu.Tertarik untuk mencoba botol susu dan dot orthodontic dari Baby Huki? Temukan berbagai varian botol susunya hanya di Lazada dan Tokopedia.