Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bayi, Bunda Harus Tahu!

Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Berbeda dari kulit orang dewasa, kulit bayi sangatlah sensitif. Terlebih lagi, jika si kecil masih merupakan newborn baby. Sehingga, Bunda harus benar-benar berhati-hati saat membersihkan tubuhnya. Kebersihan kulit bayi juga sangatlah penting. Karena, penumpukan kuman dan bakteri dapat mengakibatkan si kecil mudah terkena berbagai macam masalah kesehatan. Bagaimana cara menjaga kesehatan kulit bayi yang benar dari babyhuki.co.id?

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

  1. Jangan Memandikan Bayi Terlalu Sering

Memandikan bayi terlalu sering ternyata justru dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatannya. Sama seperti Bunda, kulit bayi juga menghasilkan minyak sebum untuk melembabkan kulitnya. Namun, sebum tersebut bisa terkikis jika si kecil terlalu sering dimandikan. Kondisi kulit yang kering tentunya justru dapat menimbulkan iritasi dan ketidaknyamanan pada si kecil. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda memandikan bayi 1-2 kali sehari saja.  

  1. Pilih Produk Sabun dan Shampoo Khusus Bayi

Ada alasan mengapa Bunda tidak disarankan untuk menggunakan sabun mandi dan shampo orang dewasa saat memandikan si kecil. Sabun mandi serta shampoo untuk orang dewasa memiliki formula kimia yang dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit si kecil. Ingat, bayi punya kulit yang sangat sensitif! 

Sebaliknya, produk sabun mandi dan shampoo bayi sudah diformulasikan khusus tanpa mengandung senyawa kimia yang bersifat iritan. Produk ini juga umumnya menggunakan bahan alami yang ramah terhadap kulit si kecil. Jadi, sebaiknya pilih produk shampoo dan sabun mandi yang memang dikhususkan untuk bayi, ya.

  1. Bersihkan Area Lipatan Saat Memandikan Bayi

Saat memandikan si kecil, jangan sampai Bunda lupa untuk membersihkan area lipatan, ya. Area yang dimaksudkan adalah area ketiak, area belakang paha, area leher dan dagu, area lipatan  pantat, dan area selangkangan. Karena, di area-area tersebutlah bekas keringat dan kotoran berkumpul. Sehingga, menjadi lahan yang sangat subur untuk perkembangan bakteri. Area lipatan yang tidak dibersihkan secara maksimal dapat mengakibatkan munculnya ruam hingga iritasi. 

  1. Rutin Ganti Popok Bayi

Jangan tunda-tunda untuk mengganti popok bayi ya, Bunda. Sebaiknya, Bunda segera mengganti popok bayi yang sudah penuh dengan yang baru dan bersih. Jika popok bayi yang kotor dibiarkan terlalu lama, maka bisa mengakibatkan ruam. Selain itu, kondisi popok yang lembab dan kotor juga menjadi sarang bakteri. Si kecil pun jadi lebih rentan terkena penyakit kulit. Saat ini, sejumlah merek popok sudah dilengkapi dengan indikator di bagian luar. Sehingga, Bunda pun jadi lebih dimudahkan saat akan mengganti popok.

Baca juga: 3 Jenis Maloklusi, Kenali dan Waspadai Yuk!

  1. Jaga Kelembaban Kulit Bayi

Tidak hanya kulit Bunda saja yang harus terjaga kelembabannya. Kelembaban kulit si kecil juga wajib diperhatikan. Oleh karena itu, Bunda sangat disarankan untuk mengaplikasikan pelembab setelah si kecil mandi. Saat ini, sudah banyak sekali jenis pelembab bayi yang beredar di pasaran. Bunda bisa pilih pelembab bayi jenis lotion.  Atau, Bunda juga bisa pakai minyak telon untuk melembabkan kulit si kecil. 

Pastikan untuk mengoleskan pelembab tersebut saat kulit bayi dalam kondisi lembab. Idealnya, adalah saat si kecil selesai mandi. Bunda juga bisa menambahkan pijatan lembut saat sedang mengoleskan  pelembab tersebut. Memijat si kecil tidak hanya membantu kandungan pelembab terserap dengan sempurna. Si kecil pun akan menjadi lebih rileks. Ikatan antara ibu dan anak pun dijamin akan menjadi lebih kuat.

Ingin membeli produk minyak telon yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit bayi? Bunda bisa dapatkan produk minyak telon terbaik lewat Baby HUKI official store. 

Minyak Telon Baby Huki menjaga kehangatan pada kulit bayi Bunda. Dibuat dari bahan alami dan aman untuk di kecil, dilengkapi dengan aroma yang menenangkan agar bayi semakin nyaman.Di toko resmi dari HUKI ini, Bunda bisa menemukan produk minyak telon alami dan bermanfaat untuk si kecil. Yuk, dapatkan penawaran harga terbaik di official store HUKI yang ada di Lazada, Tokopedia, serta Shopee.