Cara Menghilangkan Perut Kembung pada Bayi, Bunda Wajib Tahu!

Cara Menghilangkan Perut Kembung

Bayi memiliki perut yang sangat sensitif. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat wajar. Karena, sistem pencernaan bayi memang sedang mengalami masa penyesuaian. Sehingga, tak heran jika bayi terkadang mengalami masalah pencernaan. Salah satunya adalah perut kembung. Faktor penyebab perut kembung bermacam-macam. Yang jelas, perut kembung dapat mengakibatkan bayi merasa tidak nyaman. Namun, Bunda tidak perlu khawatir. Berikut adalah cara menghilangkan perut kembung pada bayi.

Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Sebelum mengetahui cara menghilangkan perut kembung pada bayi, Bunda juga sebaiknya mengetahui faktor yang menyebabkan hal tersebut. Perut kembung pada bayi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor penyebab bayi mengalami perut kembung:

  • Efek makanan yang dikonsumsi oleh ibu 
  • Efek makanan MPASI yang dikonsumsi bayi
  • Minuman selain ASI
  • Pelekatan yang salah saat menyusui
  • Dot bayi 

Cara Menghilangkan Perut Kembung pada Bayi

Bayi yang mengalami perut kembung pasti merasa tidak nyaman dan akan terus menangis. Untungnya, perut kembung pada bayi bisa dihilangkan dengan cara-cara yang sederhana. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan perut kembung pada bayi yang bisa Bunda praktekkan dari babyhuki.co.id:

  1. Olahraga Menggerakkan Kaki Bayi

Untuk mengatasi perut kembung pada si kecil, Bunda bisa melakukan gerakan sederhana ini. Caranya, letakkan bayi dengan posisi tidur telentang. Setelah itu, angkat kedua kaki bayi secara perlahan dan gerakkan bergantian seperti gerakan mengayuh sepeda. Cara ini terbukti bisa membuat otot perut menjadi lebih rileks dan menstimulasi bayi untuk mengeluarkan angin yang terperangkap dalam perutnya. Sehingga, dapat meringankan gejala perut kembung.

  1. Mengusap Punggung Bayi

Cara menghilangkan perut kembung pada bayi lainnya adalah dengan mengusap-usap punggungnya. Gerakan ini dapat membantu menstimulasi refleks bayi agar bersendawa. Caranya, Bunda hanya perlu memangku si kecil di atas kedua paha dengan posisi punggung berada di bagian depan. Usap punggung bayi secara perlahan selama beberapa kali hingga si kecil mengeluarkan sendawa. Cara ini efektif digunakan setiap Bunda selesai menyusui si kecil.

  1. Memijat Perut Bayi 

Solusi lainnya untuk mengatasi perut kembung adalah dengan memijat perut bayi secara perlahan. Gerakan memijat perut si kecil dapat membantu otot-otot perut bayi menjadi lebih rileks. Selain itu, Bunda juga bisa menambah khasiat dari pemijatan perut si kecil dengan menggunakan minyak telon. Rasa hangat yang ditimbulkan minyak telon dapat membantu meringankan rasa kembung pada perut. 

Tips Menghindari Perut Kembung pada Bayi

Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Perut kembung yang dialami bayi sebenarnya bisa diminimalisir. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu mencegah terjadinya perut kembung:

  1. Menyusui Bayi dengan Posisi yang Benar

Seperti yang diulas sebelumnya, posisi menyusui yang salah bisa mengakibatkan perut kembung yang dialami oleh bayi. Maka dari itu, Bunda perlu menyusui bayi dengan posisi yang benar. Bayi harus berada dalam posisi sedikit tegak selama menyusu. 

Hal tersebut ditujukan supaya susu ASI yang masuk ke dalam saluran pencernaan bayi tidak terlalu deras. Sehingga, organ pencernaan bayi bisa memproses asupan ASI tersebut dengan lebih sempurna.

  1. Memberikan MPASI pada Bayi Sebelum Ia Merasa Lapar

Bayi yang kelaparan otomatis akan menyusu dengan cepat dan tergesa-gesa. Di saat yang sama, bayi juga pasti akan menghisap udara yang kemudian akan terperangkap di dalam perut. Hal itulah yang kemudian memicu terjadinya perut kembung. 

Oleh karena itu, Bunda sangat disarankan untuk menyusui bayi sebelum ia merasa lapar. Dengan demikian, bayi akan menyusu dengan lebih perlahan. Sistem pencernaannya pun tidak akan “kaget” dan meminimalisir kemungkinan udara yang terperangkap.

Semoga cara menghilangkan perut kembung pada bayi di atas dapat memberikan pencerahan. Bunda bisa mempelajari teknik pemijatan bayi yang benar. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan produk minyak telon dari BABY HUKI untuk membuat si kecil semakin nyaman. 

Dari berbagai cara untuk membuat si kecil tidur dengan nyaman & tenang di Malam Hari mungkin Bunda bisa melakukan rutinitas sebelum tidur & mencegah si kecil mengalami perut kembung seperti pampering si kecil dengan menggunakan Minyak Telon dari Baby Huki

Minyak Telon Baby Huki terbukti menjaga kulit Si Kecil tetap hangat. Dibuat dari bahan alami dan aman dilengkapi dengan aroma yang menenangkan agar si kecil semakin nyaman. Minyak Telon Baby Huki terdapat 3 ukuran dari 30ml, 60ml, dan 125ml.

Untuk Bunda yang ingin bonding dengan si kecil, bisa membeli produk minyak telon dari Baby Huki. 

Minyak Telon Baby Huki terbukti menjaga kulit Si Kecil tetap hangat. Dibuat dari bahan alami dan aman dilengkapi dengan aroma yang menenangkan agar si kecil semakin nyaman. Kandungan minyak kelapanya juga lebih banyak dibandingkan produk sejenis. Pas sekali untuk pijat bayi. 

Simak teknik pijat ala Baby Huki disini : Youtube channel Baby Huki.Temukan semua produk unggulan BABY HUKI di official storeLazada, Tokopedia, dan Shopee.