Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi!

Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi

Cara Menghilangkan Dahak – Pernah tidak sih, Bunda mendengar nafas yang grok-grok pada si Kecil? Suara seperti ini yang terdengar saat dia bernafas menandakan ada dahak yang mengumpul di saluran pernafasannya. Kendati umum terjaid di kalangan bayi dengan berbagai sebab, namun dahak yang tersangkut dan tidak bisa keluar ini akan membuat buah hati tidak nyaman. Masalahnya, si Kecil juga tidak mengeluarkan dahaknya sendiri sehingga bantuan Bunda sangat diperlukan. Tenang, Bunda tidak perlu panik sebab ada banyak cara menghilangkan dahak pada bayi yang bisa dicoba termasuk dengan Teknik pijatan. Lakukan berbagai cara berikut dengan cermat dan lembut supaya bayi merasa nyaman selama prosesnya di babyhuki.co.id.

Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi!

Memberi ketukan ringan

Bunda boleh memberikan ketukan ringan di area dada buah hati untuk meluruhkan dahak. Setelah membalurkan minyak telon yang membuatnya hangat, ketuk lembut dada kiri dan kanannya sebanyak 5 sampai 10 kali menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Cara ini mungkin membuat buah hati merasa tergelitik dan mengundak senyum atau gelak tawanya. Selain membantu membuatnya nyaman karena dahak yang bisa keluar, momen ini juga bisa menjadi saat istimewa yang mendekatkan hati Bunda dan si Kecil. Senang sekali kan, bisa menghabiskan waktu yang berharga bersamanya?

Kompres dengan air hangat

Kunci dari mengencerkan dahak buah hati adalah dengan menghangatkan tubuhnya dengan harapan dahak yang semula kental dan susah keluar bisa menjadi encer dan bisa keluar baik lewat mulut atau bersama dengan kotoran. Itulah sebabnya, selain 2 cara sebelumnya Bunda juga bisa mencoba mengompres dada dan punggung si Kecil dengan kompres air hangat.

Sebaiknya Teknik kompres air hangat ini dilakukan sekalian ketika si Kecil hendak mandi sehingga setelahnya, bayi tetap merasa hangat karena terkena air mandinya yang hangat. Sehabis mengompres dadanya dengan waslap hangat dan mandi, balurkan minyak telon untuk membuatnya nyaman dan juga hangat sehingga dahkanya lekas mencair dan bisa keluar dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi yang Aman dan Efektif!

Tepuk punggung

Bunda juga bisa menepuk lembut punggung buah hati yang sebelumnya juga sudah dihangatkan dengan minyak telon. Tepukan lembut dan pelan selama 5-10 kali yang kemudian diulang lagi dapat membantu mengencerkan dahak yang membandel dan terakumulasi di saluran pernafasannya. Tengkurapkan si Kecil di paha atau Kasur, kemudian tepuk-tepuk lembut punggungnya. Posisikan buah hati dengan nyaman agar dia betah berlama-lama menerima teknik pengenceran dahak yang dilakukan oleh Bunda. 

Memijat searah jarum jam

Teknik untuk membantu menghilangkan dahak pada bayi bisa dilakukan dengan memijat bagian dada searah dengan jarum jam. Posisikan bayi berbaring terlentang kemudian pijat dengan arah memutar selama 5 sampai 10 kali. Tentunya pijatan yang dilakukan harus dengan pelan dan lembut ya, Bunda. Supaya lebih mudah dilakukan dan si Kecil juga merasa nyaman, berikan minyak telon terlebih dahulu di area dada. Minyak telon Baby Huki yang terbuat dari bahan alami memberikan kehangatan dan kenyamanan dengan aromanya yang segar dan bikin tenang. Selain membuat dahak cepat luruh, kombinasi sentuhan dari Bunda dan minyak telon Baby Huki juga membuatnya merasa damai, lho.Dengan kualitas sebaik itu, Bunda harus selalu punya stok minyak telon Baby Huki di rumah. Dapatkan minyak telon HUKI secara online hanya di Tokopedia dan Lazada untuk mendapatkan penawaran menarik.