Cara Memilih Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir!

Cara Memilih Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir!

Cara Memilih Susu Formula – Asupan nutrisi terbaik untuk bayi yang baru lahir memanglah ASI (Air Susu Ibu). Sayangnya, tidak semua ibu bisa langsung mengeluarkan ASI untuk konsumsi buah hatinya yang baru lahir. Jika hal ini Bunda alami, jangan khawatir. Sebagai alternatifnya, Bunda bisa memberikan susu formula untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil. Dengan begitu, si kecil bisa tetap tumbuh dengan baik dan sehat. Untuk memudahkan Bunda dalam memilih susu formula untuk bayi baru lahir yang tepat, simak ulasan berikut dari babyhuki.co.id.

Bunda Ini Lho Cara Memilih Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir!

Pilih Sesuai Usia Bayi

Saat memilih susu formula yang tepat untuk buah hati, pastikan Bunda menyesuaikannya dengan usia buah hati saat itu. Susu yang diperuntukkan untuk bayi di atas 6 bulan tentu tidak cocok diberikan pada bayi baru lahir. Hal tersebut dikarenakan setiap susu formula memiliki kandungan mineral, vitamin, dan gizi yang berbeda satu sama lain. Untuk itu, perhatikan informasi detail pada kemasan susu formula saat akan memilih susu untuk buah hati, ya.

Perhatikan Kandungan Protein 

Protein jadi salah satu kandungan utama yang ada di dalam susu formula. Meski begitu, Bunda tetap harus memperhatikan dengan seksama kandungan protein pada susu formula yang akan dibeli. Pilih susu formula yang di dalamnya memiliki kandungan protein casein dan whey. Dan pastikan juga kedua protein tersebut memiliki rasio 3:2 di mana kandungan protein whey harus lebih tinggi. Kandungan protein yang tepat ini setara dengan gizi yang ada pada ASI.

Baca juga: Berikan Mainan Bayi 3 Bulan Ini, Agar Si Kecil Tidak Bosan!

Pilih Susu yang Tepat

Susu formula untuk bayi baru lahir umumnya merupakan susu sapi. Namun, bagaimana jika si kecil merasa alergi pada susu sapi yang diberikan? Jangan khawatir, sebagai solusinya, Bunda bisa memberikan susu kedelai untuk si kecil. Jangan paksakan si kecil mengonsumsi susu sapi jika mengalami ruam, gatal-gatal, atau tanda alergi lainnya. Meski berbasis kedelai, kandungan yang ada pada susu kedelai tidak jauh berbeda dengan susu sapi. Sehingga Bunda tidak perlu lagi ragu untuk memberinya susu kedelai.

Perhatikan Kemasan Susu Formula

Rasanya akan sia-sia jika Bunda sudah memilih susu formula yang tepat, namun tidak memperhatikan hal yang satu ini. Pastikan Bunda membeli susu formula dengan kemasan yang masih tersegel rapat. Hal ini menunjukkan jika susu formula tersebut masih berkualitas dan belum terkontaminasi. Lain cerita jika kemasan susu yang sudah tidak tersegel rapat, bisa memudahkan bakteri dan kuman untuk masuk ke dalamnya. Membiarkan si kecil konsumsi susu formula yang terkontaminasi tentu tidak baik bagi kesehatan mereka, bukan? Selain memperhatikan kemasan, jangan lupa untuk cek juga tanggal kadaluarsa susu, ya.

Selain memilih merk dan jenis susu formula terbaik, hal lainnya yang tidak kalah penting adalah memilih botol dan dot susu. Pasalnya, hal ini bisa mempengaruhi kenyamanan si kecil selama menyusu. Terlebih lagi bayi baru lahir cenderung menolak jika langsung diberi botol dan dot. Untuk itu, akan lebih baik jika Bunda memilih dot susu yang berbentuk menyerupai puting payudara, seperti dot yang dimiliki oleh Huki. Bentuknya yang mirip dengan puting sang ibu akan membuat si kecil merasa lebih nyaman selama menyusu.Tertarik ingin membeli Botol dan Dot Huki? Jangan khawatir, kini Bunda bisa langsung membelinya di Tokopedia dan Lazada.