Cara Memberi ASI Pompa Pada Bayi, Bunda Sudah Tahu?

Cara memberi asi pompa pada bayi

ASI merupakan makanan utama yang diberikan pada bayi saat ia berusia 0 – 6 bulan. Di usia tersebut, sistem pencernaan bayi memang belum terbentuk secara sempurna. Si kecil bahkan belum memiliki gigi untuk mencerna makanan padat layaknya orang dewasa. Satu-satunya cara untuk mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan adalah lewat pemberian ASI. Namun, beberapa ibu tentunya tidak bisa bersama si kecil selama 24 jam. Untuk memastikan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, Bunda biasanya akan memperbanyak stok ASI pompa. Pertanyaannya, bagaimanakah cara memberi ASI pompa pada bayi? Simak ulasan lengkapnya berikut dari babyhuki.co.id.

Cara Memberi ASI Pompa Pada Bayi yang Benar

Mengetahui cara memberi ASI pompa pada bayi adalah hal yang sangat penting. Di dalam ASIP terdapat kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat esensial untuk tumbuh kembang si kecil. Namun, zat-zat nutrisi tersebut bisa menghilang apabila cara penyajian ASI pompa kurang tepat. 

Umumnya, ASI perah disimpan di dalam freezer untuk mendapatkan jangka waktu penyimpanan yang lebih awet. Sehingga, kebanyakan ibu akan menghangatkan susu ASIP tersebut sebelum menyajikannya terlebih dahulu untuk si kecil. Faktanya, ternyata ASI Perah tidak harus disajikan dalam kondisi hangat. Suhu dingin atau suhu ruang sekalipun sudah cukup ideal untuk diberikan pada si kecil. Namun, jika Bunda ingin menghangatkan ASIP tersebut terlebih dahulu, berikut adalah cara memberi ASI pompa pada bayi yang perlu diperhatikan:

  • Pertama, Bunda perlu membiarkan ASIP tersebut berada di dalam wadah atau botol tertutup dan kedap udara
  • Setelah itu, letakkan wadah ASIP tersebut di dalam mangkok yang sudah diisi dengan air hangat. Diamkan di situ selama beberapa menit
  • Selanjutnya, pantau temperatur ASI Perah tersebut. Caranya sangat sederhana. Bunda bisa meneteskan sedikit susu ASIP tersebut pada punggung atau pergelangan tangan Anda. Pastikan suhu susu ASIP tersebut sudah sesuai dengan preferensi
  • Menghangatkan susu ASIP di dalam microwave memang terlihat praktis. Tapi, jangan Bunda lakukan ya. Menghangatkan susu ASIP dengan menggunakan microwave ternyata dapat merusak kandungan vitamin dan zat-zat esensial di dalam susu tersebut
  • Memanaskan ASIP secara langsung dengan kompor juga sebaiknya dihindari. Zat esensial yang ada di dalam susu ASIP ini sangatlah sensitif terhadap perubahan suhu. Paparan panas dari api kompor maupun panas dari microwave bisa mengakibatkan kandungan esensial tersebut menjadi rusak. Manfaat ASIP yang diberikan pun menjadi berkurang. 
  • Saat disimpan, Bunda mungkin bisa melihat lapisan lemak dari ASIP dan cairan susu terpisah. Tapi, Bunda tidak perlu khawatir. Karena, itu bukan pertanda ASIP basi dan tidak bisa dikonsumsi. Saat disimpan dalam suhu dingin, sangatlah wajar apabila lemak ASIP terpisah dari kandungan air. Bunda hanya perlu mengaduk ASIP tersebut untuk mencampurkan kembali lemak ASIP tersebut.
  • Ada kalanya, bayi tidak habis mengkonsumsi ASIP yang diberikan. ASIP tersebut masih bisa dikonsumsi kembali dalam jangka waktu 2 jam. Apabila sudah melebihi bingkai waktu tersebut, maka ASIP itu harus dibuang.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara memberi ASI pompa pada bayi. Mengetahui cara pemberian ASI yang benar tentunya akan sangat berguna dalam menjamin si kecil mendapatkan semua nutrisi yang ia butuhkan. Nah, untuk memaksimalkan pasokan ASIP, Bunda bisa menggunakan produk breast pump atau pompa ASI BABY HUKI. Pompa ASI ini memiliki desain yang dapat menunjang kenyamanan Bunda. Material cup dari produk breast pump ini juga terbuat dari bahan premium yang lembut. Sehingga, Bunda tidak perlu khawatir puting akan menjadi lecet. Segera beli produk breast pump ini di platform Lazada, Shopee, dan Tokopedia sekarang juga.