Cara Memandikan Bayi Baru Lahir!

Hal Penting tentang Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Cara Memandikan Bayi – Menjadi orang tua baru membuat Bunda merasakan mixed feelings dimana ada perasaan senang, antusias namun juga khawatir di waktu yang sama. Pasalnya, ada banyak hal yang Bunda belum terbiasa hingga takut melukai si Kecil, termasuk dengan cara memandikan bayi baru lahir. Meskipun banyak referensi mengatakan bayi baru lahir tidak perlu mandi, namun perlu diketahui juga bahwa bila cuaca sedang panas dan buah hati terlihat tidak nyaman maka memandikannya merupakan hal yang bisa dilakukan. Namun ingat, perhatikan frekuensi memandikan bayi juga karena kelembaban kulitnya mudah sekali terkikis. Untuk lebih lengkapnya, simak 4 hal penting tentang memandikan bayi berikut ini dari babyhuki.co.id.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir!

Jangan ajak bayi berendam

Jika Bunda ingin memandikan si Kecil, jangan sampai mengajaknya berendam. Meskipun dengan air hangat, tubuhnya masih beradaptasi dengan perubahan suhu di luar perut ibu sehingga terlalu lama dalam air sangat mungkin membuatnya kedinginan. Akan lebih baik jika pada awal memandikan Bunda menggunakan waslap hangat saja yang diberikan sabun khusus kulit bayi. Kemudian bilas kembali dengan waslap bersih yang sudah direndam air hangat. Keringkan tubuhnya dengan handuk lembut.

Gunakan baby cream sehabis mandi

Ada kekhawatiran bahwa memandikan bayi baru lahir akan membuat kulitnya jadi kering. Apalagi bila buah hati terindikasi memiliki tipe kulit sensitif. Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda bisa mengaplikasikan baby cream atau krim sejenis lainnya yang khusus diformulasikan untuk bayi. Biasanya produk perawatan tersebut mengandung bahan alami seperti ekstrak chamomile, jojoba oil dan bahan pelembab lain yang membantu mengikat kandungan air sehingga kulitnya selalu lembab. Untuk si Kecil dengan kulit sensitif, pilihlah krim bayi dengan lebih selektif. Ada baiknya menghindari produk dengan tambahan parfum untuk mengantisipasi kulitnya yang tidak tahan terhadap bahan kimia.

Aplikasikan krim anti ruam 

Ritual selanjutnya yang melengkapi cara memandikan bayi baru lahir adalah mengaplikasikan krim anti ruam terutama di area yang tertutup popok. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi karena kulit yang tertutup dan berkontak dengan pipis atau kotoran dalam waktu lama. Pilihlah krim anti ruam dengan bahan yang mendinginkan supaya buah hati merasa nyaman. Kendati ruam belum terlihat, Bunda tetap perlu mengapikasikan krim ini secara rutin sebab bila terlambat, ruam tersebut bisa berubah jadi iritasi dan lecet yang tentunya membuat bayi kesakitan dan rewel.

Baca juga: Perhatikan Cara Supaya Dot Bayi Baru Lahir Selalu Steril!

Gunakan minyak telon

Memberikan rasa hangat pada bayi sehabis mandi adalah sebuah keharusan. Selain mengeringkan tubuhnya dengan handuk supaya tidak kedinginan, jangan pernah lupa membalurkan minyak telon dengan bahan alami sambil melakukan pijatan lembut di bagian punggung, tangan dan kakinya. Bila kebetulan si Kecil mengalami kembung, maka pijatan di area perut searah jarum jam menggunakan minyak telon juga bisa dilakukan agar gas yang tertahan di dalam bisa keluar baik lewat sendawa maupun kentut. Dengan begini, tubuh bayi jadi lebih nyaman, segar dan hangat.

Begitu pentingnya minyak telon untuk menghangatkan tubuh si Kecil sehabis mandi membuat Bunda perlu menyediakan stok yang cukup di rumah. Baby Huki punya minyak telon yang Bunda cari, yang terbuat dari bahan alami yang aman dan bermanfaat. Aromanya yang lembut dan segar namun juga menenangkan akan membuat si Kecil merasa semakin nyaman sehabis mandi.Dapatkan minyak telon Huki secara online di Tokopedia atau Lazada sekarang juga. Jangan tunggu sampai kehabisan baru membeli, ya.