Tips Bayi Tidur Nyenyak pada Malam Hari

Moms, Jangan Lakukan Hal Ini agar Bayi Tidur Nyenyak pada Malam Hari

Bayi Tidur – Sedih ya Bunda, kalau si kecil terus saja terjaga saat tidur malam? Selain menghambat pertumbuhannya, Bunda juga jadi kurang istirahat dan bisa merasa tak enak badan keesokan paginya. Masalah bayi susah tidur ini memang paling banyak dihadapi di masa-masa awal kelahiran. Memasuki usia 12 bulan, buah hati biasanya sudah mulai bisa tidur nyenyak di malam hari. Yang jarang disadari, kadang para orang tua tak memahami hal apa saja yang harus dilakukan agarbayi tidur nyenyak di malam hari.

Bisa jadi, justru para orang tua yang melakukan berbagai kebiasaan buruk yang menjadikan bayi tak bisa tidur nyenyak. Yuk Bunda, hindari hal-hal ini agar si kecil bisa beristirahat nyenyak dan nyaman di malam hari dari babyhuki.co.id!

Tips Bayi Tidur Nyenyak pada Malam Hari

Menyalakan televisi atau gadget di dekat bayi

Banyak orang yang meletakkan televisi di kamar tidur karena merasa nyaman bisa rebahan sambil menonton acara favorit. Namun hal ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan, terlebih lagi ketika ada bayi atau anak-anak. Saat televisi dibiarkan menyala di dalam kamar, pancaran cahaya berwarna-warni bisa merangsang otak bayi, yang membuatnya terus terjaga dan susah untuk beristirahat. Sama halnya juga jika Bunda menggunakan gadget di sekitar bayi, ia akan terus melihat cahaya dan mendengar suara-suara yang membuatnya tak bisa tidur nyenyak.

Baca juga: Mengenal Sleep Regression, Penyebab Bayi Tidur Gelisah di Malam Hari

Tidak memberikan jeda sebelum tidur

Saat Bunda baru saja mengajak si kecil bepergian dan pulang larut malam, jangan berharap ia bisa langsung tidur saat diletakkan di atas kasur. Bayi dan anak-anak membutuhkan waktu transisi dari masa sibuk ke masa tenang sebelum akhirnya bisa terlelap. Bunda bisa melakukan hal ini dengan mengganti baju si kecil, mengelap tubuhnya dengan air hangat, atau memberikan pijatan lembut. Hal-hal ini akan membuat bayi rileks dan lebih mudah untuk tidur lelap.

Waktu tidur yang tidak rutin

Buah hati harus dibiasakan untuk tidur di waktu yang sama setiap harinya agar ia bisa mendapatkan istirahat yang berkualitas. Jika waktu tidurnya tidak rutin, ia cenderung akan rewel dan susah ditenangkan. Penting untuk membuat jadwal tidur sesuai aktivitas si kecil. Misalnya saja, jika ia bangun di jam 8 pagi dan mandi di jam 9 pagi, maka jam 11 atau 12 siang menjadi waktu ideal untuk kembali beristirahat setelah makan dan bermain sejenak. Jadwal waktu tidur setiap anak berbeda tergantung ritme aktivitas keluarga.

Memberikan makanan tinggi gula dan kafein

Pada bayi berusia 6 bulan ke atas yang sudah mulai mengonsumsi makanan padat, terlalu banyak gula dan kafein bisa membuatnya susah tidur malam. Makanan dan camilan yang mengandung coklat perlu dihindari agar bayi tidur nyenyak di malam hari. Di dalam coklat, terkandung kafein yang sebenarnya tidak banyak namun bisa cukup berdampak pada bayi dan anak-anak. Begitu juga dengan permen atau es krim yang tinggi gula, bisa membuat anak bersemangat sehingga tidak kunjung terlelap saat jam tidur tiba.

Jarang memijat bayi

Tahukah Bunda kalau si kecil juga membutuhkan pijatan secara rutin? Pijatan lembut yang Bunda lakukan tidak hanya meningkatkan bonding, namun juga menjadikan tubuhnya lebih rileks dan bisa tidur nyenyak. Saat memijat, pastikan Bunda memakai minyak telon Huki yang mengandung minyak kayu putih, minyak adas, dan juga minyak kelapa dengan kehangatan maksimal untuk si kecil tersayang.

Selain itu, banyak orang tua yang berpikir, dengan aktivitas yang melelahkan di siang hari, maka bayi akan lebih mudah tidur di malam hari. Faktanya, hal ini tidak sepenuhnya benar. Saat si kecil terlalu lelah, ia justru akan sulit tidur. Tubuhnya akan terasa tidak nyaman, sehingga setiap posisi tidur terasa kurang tepat. Maka dari itu, selalu sediakan minyak telon Huki yang bisa dibeli di Lazada, JD.ID, dan Tokopedia, untuk memberikan pijatan setiap saat Maka dari itu, pastikan untuk memberikan aktivitas secukupnya agar bayi tidur nyenyak di malam hari.