Bunda, Ini Cara Merawat Gigi Bayi Yang Tepat!

Cara Merawat Gigi bayi

Cara Merawat Gigi – Menjaga kesehatan gigi susu buah hati tercinta merupakan salah satu tanggung jawab orang tua. Ini penting dilakukan karena gigi susulah yang akan membantu Si Kecil mengunyah makanan plus membantu dia ketika usianya sudah memasuki tahap berbicara. Tentu Bunda tidak mau kan melihat pertumbuhan giginya menjadi kurang baik akibat ketidakpedulian mengenai hal ini? 

Lalu, bagaimanakah cara membersihkan gigi susu yang benar agar gigi Si Kecil bisa sehat dan terawat? Bunda, mari simak cara merawat gigi susu bayi yang tepat seperti berikut ini dari babyhuki.co.id.

Cara Merawat Gigi Bayi Yang Tepat!

  • Membersihkan Gusi dengan Kain Kasa

Meski gigi susu si Kecil belum muncul, ada baiknya Bunda membiasakan membersihkan gusi menggunakan kain kasa yang telah dibasahi dengan air hangat. Bunda juga bisa menggunakan sikat gigi bayi berbahan silikon dari HUKI yang lembut untuk gusi dan giginya. Biasanya sikat gigi bayi ini dimasukkan ke jari telunjuk Bunda lalu di gosokkan perlahan ke area gusi dan gigi Si Kecil.

Kebiasaan ini ada baiknya dimulai dari Si Kecil mulai usia 0 hingga 6 bulan atau sampai gigi pertamanya muncul. Pertanyaannya adalah, mengapa sih Bunda tetap perlu membersihkan gusi padahal gigi susu Si Kecil belum muncul? Ini karena meski Si Kecil hanya minum ASI, masih ada sisa-sisa air susu yang tertinggal di dalam mulut. Apabila sisa air susu ini dibiarkan dalam jangka waktu tertentu, Si Kecil beresiko mengalami plak dan gigi bisa keropos nantinya. Oleh karena itu, mulailah kebiasaan baik ini sedini mungkin pada buah hati ya, Bunda.

Baca juga: Ternyata Ini Toh Penyebab Bayi Menangis Terus!

  • Memilih Sikat Gigi Susu Terbaik Untuk Bayi

Jika Bunda melihat pertumbuhan gigi Si Kecil makin pesat, mungkin sudah saatnya mengganti sikat gigi bayi sebelumnya dengan sikat gigi bergagang. Pilih sikat gigi yang berkepala kecil dengan sikat yang halus dan lembut khusus anak-anak. 

Oh iya, Bunda boleh menambahkan pasta gigi anak sedikit saja pada sikat giginya. Sedikit yang dimaksud di sini adalah sekitar sebutir beras ya, Bunda. Jumlah tersebut dipertahankan sampai nanti berubah menjadi sebesar satu butir jagung pada usia sekitar 3 tahun nanti.

  • Tidak Membiasakan Minum Susu Sampai Tertidur

Melihat Si Kecil tertidur sambil menggenggam botol susu memang gemas sekali ya, Bunda. Namun, ada baiknya Bunda tidak membiarkan kebiasaan ini terus menerus, ya. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada susu lebih cenderung mudah menempel pada permukaan gigi Si Kecil dan itu membuat bakteri senang tinggal di situ. Bakteri itulah yang mengolah gula menjadi asam dan akhirnya merusak permukaan gigi sehingga menjadi keropos atau gigis.

  • Rutin Mengunjungi Dokter Gigi

Anjuran mengunjungi dokter gigi tiap 6 bulan sekali bukanlah untuk diabaikan ya, Bunda. Jadi, ketika gigi susu Si Kecil muncul pertama kali, ada baiknya bawa langsung ke dokter gigi. Mengapa demikian? Karena dokter gigi bisa memeriksa dan menilai kesehatan Si Kecil melalui pertumbuhan giginya lalu memberikan saran pada Bunda mengenai bagaimana cara merawat gigi yang benar. Tidak hanya itu, dokter gigi juga akan memberikan informasi mengenai makanan atau kebiasaan apa saja yang berpotensi merusak gigi Si Kecil. 

So, Bunda sudah tahu cara merawat gigi susu Si Kecil ‘kan? Nah selain memperhatikan perawatan gigi rutin, Bunda juga harus memperhatikan dot yang digunakan oleh sang buah hati lho. Pastikan Bunda memilih dot orthodontic HUKI yang dirancang  menyerupai puting payudara Bunda untuk memastikan keamanan dan kenyamanan Si Kecil. Bukan hanya itu, dot orthodontic juga bisa membantu pertumbuhan gigi dan gusi Si Kecil lebih maksimal . Yuk, dapatkan produk HUKI di official store  Shopee, JD.ID, Lazada dan Tokopedia serta jaga kesehatan gigi Si Kecil mulai dari sekarang!