Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Seri Samping Tonggos?

gigi seri samping tongos

Deretan gigi yang rapi dan bersih tentunya menjadi idaman bagi setiap orang. Sayangnya, gigi tonggos seringkali menjadi batu sandungan untuk impian tersebut. Penderita gigi tonggos biasanya memiliki susunan gigi yang kurang rapi. Masalah tersebut bisa terjadi di bagian gigi manapun. Ada juga yang mengalami gigi tonggos pada bagian gigi seri samping. Bergantung dari tingkat keparahannya, hal tersebut tentunya dapat berdampak terhadap kenyamanan. Jadi, bagaimanakah cara mengatasi gigi seri samping tongos?

Faktor Penyebab Gigi Seri Samping Tongos

Sebelum mengetahui cara mengatasi gigi seri samping tonggos, Bunda wajib tahu tentang faktor yang mengakibatkannya. Penyebab dari terjadinya gigi tonggos atau maloklusi sangat beragam. Beberapa dari faktor penyebab tersebut bisa jadi diakibatkan oleh faktor genetik. Artinya, Bunda yang mengalami maloklusi bisa saja mendapatkannya dari faktor gen ayah atau ibu. Selain itu, beberapa faktor penyebab gigi tonggos juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan hidup maupun kelainan lainnya. Antara lain dari babyuki.co.id:

  • Kebiasaan menghisap ibu jari saat masih kecil
  • Ketergantungan dengan dot hingga memasuki usia 3 tahun
  • Kelainan bentuk rahang
  • Susunan gigi yang abnormal (terlalu banyak atau terlalu renggang)
  • Gejala munculnya tumor di dalam mulut.

Dampak Gigi Tonggos (Maloklusi)

Bergantung dari tingkat keparahannya, ada kalanya maloklusi tidak mengakibatkan dampak yang signifikan. Masalah baru terjadi apabila tingkat maloklusi tersebut lumayan parah. Rasa kepercayaan diri yang minimal merupakan salah satu dampak gigi tonggos. Apalagi, jika maloklusi tersebut mengakibatkan penampilan wajah terlihat tidak simetris. Selain itu, maloklusi pada gigi seri juga mengakibatkan sejumlah dampak yang membuat penderitanya tidak nyaman. Termasuk:

  • Penderita mengalami kesulitan berbicara 
  • Penderita maloklusi juga mengalami gangguan atau kesulitan dalam menggigit dan mengunyah makanan
  • Posisi gigi yang berantakan mengakibatkan gigi sulit dibersihkan. Sehingga, meningkatkan potensi terjadinya gigi berlubang
  • Rasa tidak nyaman atau rasa sakit akibat nyeri dan kejang otot di area rahang
  • Penderita kerap mengalami masalah pencernaan.

Cara Mengatasi Gigi Seri Samping Tongos

Mengetahui faktor penyebab di atas tentunya dapat membantu Bunda dalam mengatasi gigi seri samping tonggos. Maloklusi ringan biasanya tidak membutuhkan perhatian medis apapun. Namun, apabila Bunda merasa terganggu, tidak perlu khawatir. Bunda bisa memilih salah satu metode mengatasi gigi tonggos berikut ini. Pastikan Bunda sudah berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter:

  1. Pemasangan Kawat Gigi

Pemasangan kawat gigi atau brace merupakan salah satu cara paling umum dalam mengatasi gigi seri samping tonggos. Metode ini cukup efektif untuk mengatasi maloklusi yang berada dalam tingkatan ringan. Kawat gigi dapat membantu untuk merapikan susunan gigi yang berantakan. Sehingga, gigi Bunda pun akan terlihat lebih rapi. Metode ini lebih direkomendasikan sedini mungkin, terlebih pada anak-anak yang mengalami maloklusi. 

  1. Pemasangan Invisalign

Memasang kawat gigi memang terbilang sangat efektif dalam mengatasi maloklusi. Akan tetapi, biaya yang harus dikeluarkan memang lumayan mahal. Sebagai alternatif, Bunda bisa memilih pemasangan invisalign. Cara ini lebih disarankan apabila Bunda memiliki jenis gigi kecil yang rapuh. Invisalign juga lebih minim resiko apabila dibandingkan dengan kawat gigi.

  1. Operasi Maloklusi

Untuk tingkat maloklusi yang sangat parah, biasanya dokter akan menyarankan operasi maloklusi. Operasi ini biasanya melibatkan ahli bedah untuk membetulkan susunan sendi dan tulang rahang. Dengan demikian, gigi Bunda pun akan terlihat lebih rapi. Bunda juga akan menjadi lebih mudah untuk berbicara maupun menyantap makanan. Tentunya, calon pasien harus memenuhi sejumlah kriteria yang sudah ditetapkan.

Sebenarnya, menggunakan dot yang tepat bisa menjadi cara mengatasi gigi seri samping tongos

Cara menghindari gigi seri samping tonggos sebenarnya bisa dilakukan sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan menyusui si kecil menggunakan dot orthodontic dari Baby Huki. Dot ini dibuat secara khusus agar dapat memberikan kenyamanan maksimal saat bayi menyusui. Bentuk Dot Orthodontic Baby Huki pipih gepeng dan sudah teruji klinis sesuai dengan rongga mulut bayi sehingga tidak mengganggu pertumbuhan gigi dan gusi. Sehingga, Bunda tidak perlu khawatir bayi akan mengalami bingung puting. Bentuk dot yang juga menyerupai puting ibu juga terasa natural di mulut bayi. Dot yang lentur bantu mencegah terjadinya maloklusi saat gigi bayi mulai tumbuh. Tak hanya maloklusi dot orthodontic dari baby Huki juga anti tersedak dan anti kolik.  

Dot Orthodontic dari Baby Huki dibuat dengan mekanisme yang mirip dengan bayi menyusu langsung dari puting ibu dengan tekstur yang lembut.Bunda bisa mencegah maloklusi yang lebih parah pada si kecil dengan memberikan ASIP menggunakan dot orthodontic. Dot dari BABY HUKI ini sudah dirancang secara khusus agar nyaman saat digunakan. Resiko maloklusi pun bisa diminimalisir.  Sehingga, bayi tidak akan mengalami bingung puting saat Bunda menyusui si kecil secara langsung. Dot orthodontic dari Baby HUKI ini bisa Bunda beli lewat platform Tokopedia, Shopee, dan Lazada