ASI Bertahan Berapa Jam, Ya? Temukan Jawabannya di Sini!

ASI bertahan berapa jam

Di 6 bulan usia pertamanya, bayi membutuhkan asupan ASI eksklusif. Sayangnya, tidak semua Bunda bisa berada di samping bayi untuk memberikan ASI selama 24 jam. Untungnya, hal itu bisa diakali dengan memberikan ASIP atau ASI perah. Pemberian ASI perah juga harus diiringi dengan pengetahuan cara penyimpanan ASI perah yang tepat. Bunda tentunya tidak ingin ASI yang sudah susah-susah diperah jadi kadaluarsa akibat cara penyimpanan yang kurang tepat, bukan? Nah, kira-kira ASI bertahan berapa jam, ya dari babyhuki.co.id?

ASI Bertahan Berapa Jam, Ya? Temukan Jawabannya di Sini!

Berapa Jam ASI Perah Bisa Bertahan?

Saat ini, ada banyak sekali metode penyimpanan ASI perah yang bisa dicoba. Bunda. Tapi, masing-masing cara menyimpan ASI memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satunya bisa dilihat dari ketahanan dari ASIP yang disimpan tersebut. Untuk lebih jelasnya, Bunda bisa simak informasinya berikut:

  • Penyimpanan ASI Perah di suhu ruang sekitar 25 derajat celcius membuatnya bisa tahan lama maksimal 4 jam
  • Penyimpanan ASI Perah di dalam kotak pendingin dan ice pack membuatnya bisa tahan lama hingga maksimal 24 jam
  • Penyimpanan ASI Perah di chiller dengan suhu minimal 4 derajat celcius membuatnya bisa bertahan hingga maksimal 4 hari
  • Penyimpanan ASI Perah di dalam freezer dengan suhu -18 derajat celsius membuatnya bisa bertahan hingga maksimal 6 bulan.

Nah, dengan ini Bunda jadi tahu ASI bertahan berapa jam dengan metode penyimpanan yang berbeda. Tapi, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui. Semakin lama penyimpanan ASIP di dalam kulkas atau freezer, maka akan ada perubahan zat dimana beberapa kandungan vitamin dan nutrisi penting di dalam ASI jadi berkurang. Makanya, lebih baik jangan menyimpan ASI Perah terlalu lama di dalam kulkas. Bunda juga bisa menandai ASI Perah sesuai dengan tanggal pemerahan. 

Bagaimana Cara Menyajikan ASI yang Benar?

Buat Bunda yang menyimpan ASI di chiller atau di freezer, mungkin bertanya-tanya tentang cara menyajikan ASI yang tepat. Apakah ASI yang baru dikeluarkan dari kulkas harus dipanaskan terlebih dulu? Bunda mungkin juga sering mendapati adanya endapan di dasar tempat penyimpanan ASIP setelah disimpan di dalam kulkas. Apakah itu berarti ASI kadaluarsa?

Nah, ternyata hal tersebut tidak benar ya, Bunda. Endapan pada ASIP yang disimpan di dalam kulkas adalah hal yang sangat wajar. Endapan itu sebenarnya merupakan lemak susu yang menggumpal karena suhu yang dingin. Bunda bisa menggoyangkan botol ASI dengan pelan sebelum menyajikan ASI kepada si kecil. 

Sedangkan, untuk cara penyajian ASI yang disimpan di dalam kulkas, sebenarnya bisa langsung Bunda berikan kepada si kecil. Atau, paling tidak Bunda bisa merendam ASIP tersebut di dalam mangkuk berisi air hangat. Hindari memanaskan susu ASI di atas kompor maupun menggunakan microwave, ya. Justru, perubahan suhu dari hasil pemanasan tersebut dapat merusak nutrisi penting di dalam ASI. 

Buat ASIP yang disimpan di dalam freezer sebaiknya juga jangan langsung diletakkan di dalam suhu ruang. Perubahan suhu yang terlalu mendadak dari suhu dingin ke suhu ruang juga berpotensi mengakibatkan kerusakan nutrisi di dalam ASI. Dari freezer, Bunda bisa menurunkan ASIP tersebut ke bagian rak kulkas di bawah freezer selama semalam. Barulah, Bunda bisa menghangatkannya atau menyajikannya untuk si kecil.

Produksi ASIP yang melimpah pastinya membuat kebutuhan nutrisi si kecil semakin terpenuhi. Bunda bisa meningkatkan produksi ASI perah dengan lebih rutin memompa ASI. Pastikan Bunda menggunakan produk breastpump dari BABY HUKI yang sudah teruji kenyamanannya. 

Comfort Manual Breast Pump Baby huki terbuat dari bahan silikon yang elastis, lentur, dan nyaman digunakan. Corong Breast Pump terdapat membran silicone yang berfungsi mengatur kekuatan pompa agar pas dan seperti bayi menyusui. Pompa manual tidak memerlukan daya listrik maupun baterai dan tentunya tidak mengeluarkan suara yang berisik.

Tentunya alat pembersih peralatan & produk yang digunakan oleh Bunda & si kecil juga jadi sesuatu yang harus dipikirkan demi menjaga kualitas produk dan kebersihan, Yuk Bunda kenalan dengan Liquid Cleanser Baby Huki.

Liquid Cleanser atau Larutan Pembersih dari Baby Huki pilihan terbaik untuk Bunda membersihkan berbagai produk si kecil seperti botol, dot, pacifier, dan yang lainnya. Liquid Cleanser Baby Huki dari bahan alami natural yang manfaatnya ringan di kulit tidak membuat kulit kering dan tetap lembut. Sudah food grade juga mampu menghalau berbagai macam bakteri dan anti jamur. Sudah tersertifikasi halal. Liquid CLeanser Baby Huki tersedia dalam 4 kemasan yaitu botol di 700ml, pouch refill di 450ml & 200ml dan travel pack di 100ml. Wah banyak banget pilihannya ya, Bunda! Liquid Cleanser nya pun praktis dan kebersihan untuk si kecil pun tetap terjaga.Setelah memberikan ASIP, jangan lupa untuk mencuci botol susu dan dot bayi hingga benar-benar bersih. Supaya ASIP yang baru tidak terkontaminasi oleh bakteri. Supaya lebih aman, Bunda bisa pakai produk liquid cleanser dari BABY HUKI. Bahannya 100% alami dan dijamin aman untuk bayi. Bunda bisa belanja produk breast pump maupun liquid cleanser dari BABY HUKI di official storenya yang ada di Tokopedia, Lazada, dan Shopee