5 Penyebab Bayi Rewel Malam Hari!

Penyebab Bayi Rewel Malam Hari

Pasti panik ya Bunda, saat bayi rewel malam hari dan susah sekali ditenangkan? Sebenarnya hampir tak mungkin bayi rewel tanpa sebab. Pasti ada hal yang membuat ia tak nyaman sampai akhirnya rewel dan banyak menangis.

Untuk para ibu yang sudah punya anak sebelumnya, akan lebih mudah mengenali penyebab rewelnya si kecil. Tapi para ibu pasti merasa kebingungan. Tak perlu khawatir Bunda, simak saja informasi mengenai beberapa penyebab bayi rewel di malam hari berikut ini dari babyhuki.co.id.

Bunda, Perhatikan Hal Ini yang Bisa Jadi Penyebab Bayi Rewel Malam Hari

Bayi berada dalam proses pertumbuhan

Di awal-awal kelahirannya, buah hati akan mengalami fase pertumbuhan yang sangat pesat. Hal ini kadang menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuhnya, sehingga ia cenderung rewel di malam hari. Sayangnya, fase pertumbuhan bayi di bulan-bulan awal memang tidak terlalu terlihat, berbeda saat tumbuh gigi yang jelas bisa diamati oleh orang tua. Tapi Bunda tidak perlu khawatir, saat ini banyak aplikasi yang bisa menunjukkan fase-fase growth spurt atau lonjakan pertumbuhan pada buah hati.

Saat hal ini terjadi, apa yang bisa dilakukan?  Pertama, Bunda bisa memberikan kenyamanan dengan menggendong dan menimang si kecil. Ia mungkin cenderung tidak mau diletakkan di ranjang dan lebih suka dipeluk. Kedua, berikan pijatan dan usapan lembut pada tubuh buah hati sehingga akan membuatnya lebih rileks. Ketiga, jaga kondisi ruangan tidak terlalu panas supaya buah hati bisa beristirahat dengan nyaman.

Baca juga: Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur, Pasti Berhasil Tenangkan si Kecil!

Kolik

Kolik adalah suatu kondisi di mana bayi terus menangis dalam waktu berjam-jam tanpa ada penyebab jelas. Dalam dunia medis, hal ini sangat normal, kok. Pada masa awal kelahiran, bayi seringkali masih susah beradaptasi dengan dunia baru yang ditempatinya. Hal ini menyebabkan ia sering menangis tidak terkendali dan susah dihentikan bahkan meski sudah diberi susu dan digendong dalam waktu lama.

Memang tidak ada cara pasti untuk mengatasinya. Namun dalam kondisi ini, Bunda tidak perlu panik berlebih. Usahakan untuk tetap memberikan kenyamanan kepada buah hati dengan menimang atau memeluknya. Nyanyikan lagu yang menenangkan, kemudian ajak bayi untuk berkomunikasi, dan usahakan untuk tidak berbicara dengan suara keras yang justru menjadikan anak kaget.

Tentunya dengan menggunakan Dot Baby Huki Orthodontic sudah terbukti klinis mekanisme cara kerjanya menyerupai saat bayi menyusu dari payudara bunda. Anti sedak, dimana lubang terletak ditengah permukaan dot menghadap ke langit-langit saat menyusu sehingga tidak menembak langsung ke tenggorokan. Serta mencegah pergeseran gigi dan gusi, Anti Kolik serta sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Tumbuh gigi

Nah, saat bayi memasuki usia 4 hingga 6 tahun, dan mulai rewel di malam hari tanpa terkendali, bisa jadi penyebabnya adalah tumbuh gigi. Masa tumbuh gigi ini memang sangat menyakitkan bagi si kecil karena bagian atas gusi terobek untuk munculnya gigi baru. Nyeri, gusi bengkak, rasa sakit di bagian wajah, dan seringkali diiringi demam menjadikan anak terus menangis. Ia mungkin juga akan menolak makan dan minum susu, sehingga rentan terkena dehidrasi.

Saat hal ini terjadi, yang bisa Bunda lakukan adalah memberikan teether atau gigitan yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas. Teether ini akan membantu memberikan rasa nyaman pada gusi yang nyeri. Bunda juga bisa memberikan es krim yang terbuat dari susu murni atau buah dingin kepada bayi yang sudah mulai MPASI.Bunda tidak perlu panik berlebihan ya, saat bayi rewel malam hari. Kenali penyebab dan tips-tips tersebut dengan baik. Jangan lupa selalu sediakan minyak telon Baby Huki yang mengandung minyak kayu putih, minyak kelapa, dan juga minyak adas untuk memberikan kehangatan pada kulit si kecil yang bisa dibeli melalui berbagai e-commerce seperti Lazada, dan Tokopedia.