5 Manfaat Dot Orthodontic untuk Pertumbuhan Gigi Anak

Dot Orthodontic

Walaupun tergolong masih sangat baru, produk dot orthodontic nampaknya mulai semakin dikenal di kalangan ibu menyusui di Indonesia. Dibandingkan produk dot konvensional yang berbentuk bulat, dot tipe dot orthodontic ini memang hadir dengan desain ujung dot berbentuk pipih yang sangat unik. 

Di balik keunikannya, dot orthodontic ternyata memiliki manfaat yang sangat besar dalam mendampingi tumbuh-kembang gigi si kecil. Berikut adalah manfaat dot orthodontic untuk pertumbuhan gigi anak yang penting untuk Bunda ketahui.

Membantu Pembentukan Rahang dan Gigi yang Benar

Salah satu manfaat dot orthodontic untuk pertumbuhan gigi anak yang ternyata belum banyak diketahui adalah ia dapat membantu menjaga pertumbuhan dan pembentukan rahang dan gigi si kecil. Bentuk dan desain dot yang ergonomis membantu merangsang pertumbuhan gigi dan rahang yang sehat. Hal ini penting untuk mencegah masalah gigi seperti gigi yang tumbuh tidak rata atau rahang yang terjepit.

Meminimalisir Resiko Maloklusi

Pertumbuhan gigi yang tidak rata atau pergeseran bentuk rahang disebut dengan sebutan maloklusi bisa terjadi akibat beberapa faktor. Salah satu faktor utama dari maloklusi memang bisa disebabkan oleh faktor genetik. Namun, penggunaan dot yang tidak sesuai juga bisa menjadi salah satu pemicu atau yang mengakibatkan gejala maloklusi semakin parah. 

Ini bisa terjadi pada bayi yang menyusui melalui dot yang terbuat dari bahan silikon atau karet yang terlalu keras. Tekstur silikon yang tidak lentur tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan gigi bayi. Sebaliknya, dot orthodontic terbuat dari material silikon yang 100 % alami dan memiliki sifat lentur. Sehingga, dot tersebut dapat mengikuti lekuk rongga mulut bayi dengan mudah. Bayi bisa menyusui dengan nyaman dan Bunda tidak perlu khawatir hal tersebut mengakibatkan gangguan pertumbuhan gigi pada si kecil.

Mengurangi Resiko Kerusakan Gigi

Penggunaan dot orthodontic juga dapat membantu meminimalkan risiko kerusakan gigi pada anak-anak. Dot ini dirancang untuk memberikan tekanan yang merata pada gigi dan rahang, sehingga mengurangi kemungkinan gigi menjadi rusak atau tergeser akibat tekanan yang tidak merata.

Baca Juga: Bunda, Ini Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi Tanpa Menggunakan Air Panas

Mendukung Perkembangan Fungsi Bicara

Selain manfaat untuk pertumbuhan gigi, penggunaan dot orthodontic juga dapat mendukung perkembangan fungsi bicara pada anak-anak. Hal ini berkaitan dengan resiko maloklusi yang umum terjadi pada bayi yang menyusui menggunakan dot dari sejak usia 0 bulan. Gangguan maloklusi memang dapat mengakibatkan sejumlah masalah tergantung dari keparahannya. 

Dalam tingkat yang parah, si keci umumnya mengalami kesulitan untuk mengatupkan mulut dan berbicara. Penggunaan dot orthodontic dapat meminimalisir maloklusi sehingga resiko tersebut bisa dihindari.

Menyediakan Kenyamanan saat Menyusui

Terakhir, manfaat dot orthodontic untuk pertumbuhan gigi anak adalah ia juga dapat menyediakan kenyamanan saat menyusui bagi anak-anak. Desain yang ergonomis dan material yang lembut membuat dot ini nyaman digunakan oleh bayi saat menyusu, sehingga membantu menciptakan pengalaman menyusui yang positif bagi Bunda dan bayi.

Botol Susu Bayi - Dot Orthodontic

Tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat dot orthodontic untuk pertumbuhan gigi anak sangat layak untuk dipertimbangkan. Apalagi, bagi Bunda yang pastinya ingin menjaga agar tumbuh-kembang si kecil menjadi maksimal. Untuk mendapatkan manfaat dot orthodontic secara maksimal, pastikan Bunda memilih produk dari brand produk kebutuhan bayi yang ternama. 

Produk dot orthodontic dari Baby Huki adalah yang paling direkomendasikan. Brand Baby Huki merupakan merek yang didirikan oleh PT Ikapharmindo Putramas Tbk atau IKPM, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang farmasi. Dalam proses produksi dot dan botol Baby Huki, tentunya mereka sudah menjalankan rangkaian riset mendalam dan sudah lolos uji klinis. Tak hanya itu, produk dot orthodontic Baby Huki ini juga sudah teruji kehalalannya. Nah, Bunda bisa mendapatkan produk dot dan kebutuhan bayi lainnya melalui Baby Huki official store yang ada di Lazada, Shopee, dan Tokopedia

TERBARU