4 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi!

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

Cara Mengeluarkan Dahak – Melihat si kecil tiba-tiba batuk tentu membuat para ibu panik, apalagi sampai mengeluarkan dahak. Pasalnya, si kecil belum bisa mengeluarkan dahaknya sendiri. Sehingga Bunda perlu memberinya bantuan untuk mengeluarkan dahak. Membiarkan si kecil batuk berdahak dalam kurun waktu yang lama tentu bukan pilihan yang tepat. Mengingat hal tersebut bisa membuatnya sangat tidak nyaman hingga menangis sepanjang hari. Untuk itu, pastikan Bunda segera memberikan pertolongan saat si kecil batuk berdahak, ya. Agar tidak bingung, berikut cara mengeluarkan dahak pada bayi dari babyhuki.co.id.

4 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi!

Jemur Buah Hati

Bunda pasti tahu jika sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat yang baik bagi si kecil. Selain menyehatkan tulang, juga bisa melancarkan sistem pernapasan. Oleh karena itu, saat si kecil mengalami batuk berdahak, menjemurnya di bawah terik matahari juga bisa jadi solusi, lho. Agar dahak bisa segera keluar, jemur si kecil di pagi hari sekitar pukul 7 hingga 8 pagi. Tidak perlu terlalu lama, Bunda hanya perlu menjemurnya selama kurang lebih 10 menit saja. Agar si kecil nyaman saat dijemur, posisikan tubuhnya secara tengkurap di pangkuan.

Terapi Uap Air Panas

Selain dijemur di bawah terik matahari, Bunda juga bisa mengatasi batuk berdahak si kecil dengan melakukan terapi uap air panas. Selain bisa dilakukan dengan alat, terapi penguapan juga bisa dilakukan secara manual, lho. Jadi bisa dipraktekkan oleh siapa saja. Caranya pun terbilang cukup mudah, Bunda cukup sesuaikan baskom bersih berisi air hangat. Sebagai alternatif, Bunda juga bisa meneteskan minyak kayu putih pada baskom yang berisi air hangat.

Posisikan baskom tidak jauh dari si kecil agar bisa dengan mudah dihirup. Untuk membuat hasilnya lebih maksimal, Bunda bisa memposisikan si kecil dalam kondisi tengkurap dengan posisi kepala lebih rendah dibandingkan tubuhnya. Kemudian, beri tepukan lembut pada area punggung untuk membantu dahak keluar dari saluran pernapasan. Kabarnya, cara ini mampu membuat dahak menjadi lebih never sehingga bisa cepat keluar.

Bersihkan Ruangan Bayi

Agar dahak pada si kecil tidak semakin menumpuk, sebaiknya Bunda perhatikan ruangan tempat Batu tidur. Pastikan ruangan tersebut dalam kondisi hangat, bersih dan steril dari debu. Jika masih terlihat debu atau kotoran, segera bersihkan ruangan dengan maksimal hingga ke sela-sela. Cara apapun yang dilakukan akan sia-sia jika Bunda tidak menjaga kebersihan ruangan bayi.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi!

Pijat dan Beri Kehangatan

Memberi kehangatan pada si kecil bisa jadi salah satu cara untuk mengeluarkan dahak. Ada beberapa cara menghangatkan bayi yang bisa Bunda coba. Pertama memberinya baju hangat, kedua memberikan minyak telon. Seperti yang Bunda ketahui, minyak telon bisa memberikan kenyaman dan kehangatan bagi tubuh si kecil. Namun, pastikan kandungan minyak telon yang digunakan aman agar tidak menyebabkan alergi atau bahkan iritasi. Nah, Bunda juga bisa mengecek teknik pijat ala Baby Huki di link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=YqoVINIvNvw.

Berikan pijatan lembut juga untuk membuatnya senantiasa nyaman. Biar tidak bingung memilih minyak telon yang baik untuk si kecil, membeli Minyak Telon Huki bisa jadi pilihan. Minyak telon Baby Huki telah diformulasikan dari  Kandungan minyak kelapa, minyak adas, dan minyak kayu putih di dalamnya aman untuk kulit bayi dan terasa sangat hangat.  Selain dapat membuat tubuh si kecil hangat dan nyaman, minyak telon satu ini juga mampu mengatasi masalah perut kembung. Bunda juga bisa menjadikannya sebagai minyak pijat.Menariknya, Minyak Pijat Huki dan Minyak Telon Huki bisa dengan mudah didapatkan secara online di Tokopedia atau Lazada. Sehingga Bunda tidak perlu keluar rumah untuk membelinya. Praktis, bukan?