3 Cara Menyusui Bayi yang Benar!

3 Cara Menyusui Bayi yang Benar!

Cara Menyusui Bayi – Menyusui merupakan salah satu fase yang akan dialami oleh para ibu yang habis melahirkan. Apalagi saat si kecil masih berusia 1 hingga 6 bulan. Kandungan yang ada pada ASI mampu membuat si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan bisa terhindar dari risiko berbagai macam penyakit. Inilah yang membuat ibu sebaiknya memberikan ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan. Lantas bagaimana jika si ibu merupakan wanita karir?

Jangan khawatir, ASI eksklusif tetap bisa diberikan melalui botol susu. Dengan begitu, ibu bisa tetap bekerja, dan kebutuhan gizi si kecil terpenuhi dengan maksimal. Layaknya menyusui secara langsung, menyusui dengan botol juga harus dilakukan dengan benar. Agar Bunda tidak lagi bingung, simak cara menyusui bayi yang benar berikut ini dari Babyhuki.co.id.

Jangan Sampai Salah, Perhatikan Cara Menyusui Bayi yang Benar

Perhatikan Posisi Bayi

Bunda tentu seeing melihat bayi yang minum susu dengan botol dalam kondisi terlentang, bukan? Namun, ini bukan posisi yang tepat, lho. Pasalnya, posisi terlentang bisa menyebabkan terjadinya infeksi telinga atau gangguan yang lain. Dibandingkan harus membiarkan si kecil minum susu sendiri dalam kondisi terlentang, akan lebih baik jika bayi menyusu dengan botol dalam kondisi digendong. Selain bisa memberikan rasa aman dan nyaman, posisi ini baik bagi kesehatan si kecil.

Jika menggendongnya terasa melelahkan, Bunda juga bisa memposisikan si kecil dalam posisi duduk. Posisikan si kecil dalam pangkuan agar tubuhnya dalam kondisi yang tegak. Biarkan kepala si kecil bertumpu pada dada atau lengan untuk membuatnya benar-benar nyaman selama menyusu.

Miringkan Botol Susu

Saat menyusu lewat botol, pastikan botol dalam kondisi yang miring, ya. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Posisi botol yang miring, mengurangi kemungkinan si kecil menelan udara selama menghisap dot. Jika ini terjadi, bukan tidak mungkin si kecil akan mengalami gangguan, seperti cegukan atau bahkan perut kembung. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, miringkan posisi botol hingga susu benar-benar memenuhi bagian leher botol. Selain membuat si kecil lebih nyaman, posisi botol yang miring dengan tepat ini akan membuatnya menyusu dengan lebih maksimal.

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi!

Berikan Botol yang Tepat

Mengetahui cara menyusui yang benar rasanya tidak sempurna jika Bunda tidak menggunakan botol susu yang tepat. Bahkan, bisa dibilang memilih botol dan dot yang tepat jadi alasan utama nyaman tidaknya si kecil saat menyusu. Pasalnya, botol dan dot yang tidak tepat hanya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dan berujung rewel saat menyusu. Jika hal ini terjadi, tentu akan sangat merepotkan, bukan?

Untuk itu, pastikan botol dan dot yang diberikan memiliki kualitas yang bagus dan bisa memberikan kenyamanan pada si kecil. Apabila Bunda bingung harus memilih yang mana, botol dan dot Huki bisa jadi pilihan terbaik, lho. Pasalnya, bentuk dot pada botol susu Huki menyerupai puting ibu. Dengan kata lain, si kecil bisa tetap merasa nyaman sekalipun tidak menyusu langsung dari payudara Bunda. Tidak hanya itu saja, botol dan dot Huki memiliki ketahanan panas yang baik, sehingga akan memudahkan saat akan disterilkan. Mengingat Bunda harus rutin mensterilkan botol agar membuatnya tetap bersih.

Tertarik dengan botol dan dot Huki? Anda kini bisa mendapatkannya secara online tanpa keluar rumah. Cukup kunjungi Tokopedia dan Lazada, botol dan dot Huki pilihan Anda bisa langsung dibeli!