Si Kecil Rileks Dengan Pijatan

“Sebelum tidur atau sesudah mandi adalah saat yang tepat untuk memberi pijatan hangat bagi si Kecil.”

Memijat bayi secara rutin mampu memberikan banyak manfaat untuk si Kecil,selain dapat membuat si Kecil menjadi lebih nyaman, rileks, dan memperkuat bonding antara Bunda dan si Kecil, pijat bayi juga mampu meningkatkan imunitas dan nafsu makan. Sedangkan buat Bundanya, pijat bayi mampu menurunkan hormon stress dan memberikan rasa rileksasi paska melahirkan.

Pijat bayi adalah bentuk stimulasi yang dilakukan dalam keadaan menyenangkan dan dapat digabung dengan stimulasi lainnya seperti musik, cerita, visual dan lainnya. Meski pijat bayi sebaiknya dilakukan sendiri oleh Bunda, ada beberapa bagian tubuh si Kecil yang sebaiknya dihindari untuk dipijatnya.

Hindari memijat bagian ubun-ubun kepala Bayi, karena masih lembut. Jangan memijat tulang belakang, pijatlah di bagian garis antara tulang belakang. Bila memijat di bagian perut, lakukan gerakan searah jarum jam dengan gerakan setengah lingkaran dan harus dari kanan ke kiri, karena letak usus dari kiri ke kanan .

Agar si Kecil lebih rileks saat dipijat Bunda, gunakan Minyak Telon Baby Huki yang mengandung kayu putih dan minyak kelapa lebih banyak, sehingga proses pijat menjadi lebih nyaman dan membuat si Kecil lebih hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *