Pelajari Terapi untuk Bayi Susah Tidur agar Si Kecil Mudah Terlelap!

Pelajari Terapi untuk Bayi Susah Tidur agar Si Kecil Mudah Terlelap

Bayi susah tidur dan rewel sepanjang malam tentu menjadi hal yang merepotkan bagi para orang tua. Tak hanya itu saja, si kecil juga bisa mengalami hambatan pertumbuhan karena tidur malam adalah salah satu momen terpenting untuk proses tumbuh kembangnya. Jika hal ini terjadi pada buah hati, Bunda tak boleh diam saja. Cobalah melakukan terapi untuk membuat bayi lebih mudah tidur dan memiliki istirahat yang berkualitas.

Sebelumnya, Bunda perlu mengenali terlebih dahulu apa saja tanda dari gangguan tidur pada bayi. Yang pertama adalah jam tidur tidak teratur atau si kecil memilih tidur sesuka hatinya, kedua waktu tidur sangat singkat, ketiga si kecil sering menangis tiba-tiba dan terbangun dari tidurnya, keempat kaki dan tangan bayi terus bergerak saat tidur. Jika mengalami hal-hal ini, bisa dipastikan buah hati memiliki gangguan tidur.

Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan sebagai terapi untuk menciptakan momen tidur yang tenang dan nyenyak bagi si kecil, antara lain dari babyhuki.co.id:

Cara Terapi untuk Bayi Susah Tidur agar Si Kecil Mudah Terlelap

Letakkan bayi di kasur pada jam yang sama setiap harinya selama minimal 7 hari

Langkah terapi yang pertama adalah mendisiplinkan jam tidur bayi. Meski masih sangat kecil, buah hati sudah memiliki sense untuk mengetahui jika waktu tidurnya tiba. Cara yang bisa Bunda lakukan sangat mudah, cukup tetapkan jam tidur bayi dan baringkan ia di kasur di waktu yang sama setiap harinya. Misalnya saja, Bunda menetapkan jam tidur bayi pada pukul 10 pagi, 1 siang, 4 sore, dan 8 malam. Maka di jam-jam itu, Bunda wajib membaringkan buah hati di kasur meski ia belum mengantuk.

Lakukan bedtime routine

Bedtime routine adalah rutinitas yang dilakukan sebelum tidur. Lamanya tidak lebih dari 30 menit dan harus berupa kegiatan yang menenangkan bagi buah hati. Mengajaknya bermain atau nonton video jelas bukan bagian dari bedtime routine. Bunda bisa memilih membacakan cerita, atau mengoleskan minyak telon Huki sambil memijat tubuhnya sebelum tidur. Kabar baiknya, saat ini Baby Huki mengeluarkan produk botol seri khusus yang berhadiah buku dongeng, sehingga waktu bercerita Bunda akan jadi lebih menyenangkan. Bedtime routine akan membantu si kecil menenangkan diri sebelum waktu tidur tiba sekaligus meningkatkan bonding dengan Bunda.

Baca juga: Yuk Kenali Berbagai Penyebab Bayi Rewel!

Jangan respon tangisannya

Saat Bunda meletakkan buah hati di kasur dan ia belum mengantuk, maka biasanya ia akan menangis. Ketika hal ini terjadi, jangan langsung merespon tangisannya. Bunda bisa menyisih dari pandangan si kecil dan membiarkannya selama beberapa menit sampai ia mulai tenang. Hal ini akan memberikan pengajaran pada buah hati bahwa jika sudah saatnya tidur, menangis pun tidak akan bisa mengubah aktivitas yang akan dilakukan. Cara ini kurang efektif dilakukan pada anak yang baru lahir, namun sangat tepat dipraktekkan pada bayi berusia lebih dari 12 bulan.

Kurangi aktivitas sebelum tidur

Satu atau dua jam sebelum tidur, sebaiknya bayi mulai ditenangkan dan tidak diajak bermain, apalagi nonton video. Musik dan warna akan membangkitkan sel otaknya, sehingga bayi susah tidur. Bunda bisa melakukan aktivitas ringan misalnya mengajak buah hati berbincang atau membacakannya cerita. Meski masih bayi, mengajak si kecil berbicara secara konsisten punya banyak manfaat salah satunya mencegah speech delay.

Nah Bunda, kini sudah tak kan apa saja yang perlu dilakukan saat bayi susah tidur? Saat melakukan terapi ini, Bunda harus sabar karena hasilnya baru akan terlihat setelah 2 hingga 4 minggu. Jangan lupa lengkapi persediaan minyak telon dan botol susu Baby Huki dengan membelinya melalui  Lazada, JD.ID, dan Tokopedia.