5 Rutinitas Tidur Agar Bayi Dapat Tidur Nyenyak

Salah satu tantangan terbesar saat memiliki bayi adalah jam tidur yang terbolak-balik. Saat siang, Si Kecil bobok dengan lucunya. Tapi saat malam hari, ya ampun, dia melek dan membuat Bunda kewalahan.

Akibatnya, Bunda menjadi ‘zombie’ di pagi dan siang hari. Jika masalah kurang tidur ini ditambah dengan beban rumah tangga yang besar, maka bisa berbuah Baby Blues.

Pahami dulu, Bun, bahwa sebagian besar bayi yang baru lahir rata-rata tidur 16 jam per hari. Tapi ini adalah angka statistik. Bila bayi Bunda tidur sekitar 8 – 18 jam per hari ini masih dianggap normal.

Bayi biasanya akan menentukan sendiri pola tidurnya. Namun, disarankan agar Bunda menstimulasinya dengan cara membaringkan Si Kecil di waktu yang sama pada siang dan malam.

Dengan begitu, Si Kecil jadi tahu bahwa ketika ia dibaringkan di waktu tersebut, adalah waktunya untuk istirahat. Selain cara tersebut, ada pula tujuh cara agar membuat bayi tidur lebih tenang, yaitu;

1. Berikan kehangatan
Hangatkan tubuhnya dengan memberikan sentuhan pijatan lembut sebelum tidur. Dengan teknik pijat khusus bayi dari Baby Huki akan menambah lelap tidurnya, tentunya dengan oleskan terlebih dahulu minyak telon Baby Huki yang akan memberikan kehangatan lebih untuk si kecil.

2. Suasana tenang
Pastikan area tidur Si Kecil dalam keadaan tenang, terutama jika ia adalah tipe yang light-sleeper yaitu kondisi gampang terbangun dengan suara sekecil apa pun. Kecilkan semua suara TV/ponsel. Beri tahu juga orang sekitar untuk mengetuk lebih dulu jika ingin masuk.

3. Dongeng Sebagai Rutinitas Tidur
Pasang musik lembut atau rekaman suara seperti di dalam rahim. Bunda juga bisa membacakan dongeng atau buku cerita sebagai rutinitas tidur. Sehingga bayi bisa paham jika bunda memmbacakan cerita berarti sudah waktunya dia untuk tidur.

4. Habiskan energinya
Ajaklah bayi bermain secara aktif jauh sebelum saat tidur tiba untuk membantunya melepaskan energi yang terpendam. Lalu tenangkan ia dengan aktivitas yang lebih kalem dan siapkan ia untuk tidur.

5. Baju tidur
Pakaian tidur yang nyaman, ngga panas, dan ngga sempit, berpengaruh besar pada kenyamanan Si Kecil. Disarankan memakaikan baju yang hangat, lembut, nyaman, dan longgar.