Ternyata, Ini Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut!

cara mengetahui kehamilan

Kehamilan adalah momen yang ditunggu pasangan yang menginginkan anak. Kehadiran si kecil yang berkembang di dalam rahim tentunya membuat Bunda dan pasangan merasa sangat bahagia. Namun, sayangnya tidak semua orang mengetahui kehamilan yang terjadi. Padahal, hal tersebut sangatlah penting. Karena, dengan begitu Bunda bisa segera memberikan nutrisi yang baik supaya si kecil tumbuh secara maksimal. Siapa yang menyangka bahwa Bunda bisa mendeteksi kehamilan dengan memegang perut? Yuk, simak ulasan lengkap mengenai cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut berikut dari babyhuki.co.id.

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

  1. Meraba Perubahan Perut yang Menjadi Besar

Salah satu cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut bisa dilakukan dengan meraba perut Bunda. Pada umumnya, perut Bunda akan terlihat membesar setelah memasuki usia kehamilan trimester pertama. Perut yang menjadi besar ini tentunya berbeda dari perut yang besar akibat penumpukan lemak. Saat disentuh, perut tersebut biasanya memiliki tekstur yang lebih keras. Apabila Bunda mengalami fenomena ini beberapa minggu setelah berhubungan, maka besar kemungkinan Bunda sedang hamil.

  1. Bunda Merasa Mual Saat Perut Ditekan

Cara lainnya untuk mengetahui kehamilan dengan memegang perut adalah dengan sedikit menekannya. Tidak perlu terlalu keras ya, Bunda. Bunda cukup memberi tekanan yang sangat lembut pada bagian perut. Efek dari tekanan tersebut biasanya akan membuat Bunda merasa mual. Bahkan, tak jarang Bunda juga akan muntah. Biasanya gejala ini juga disertai dengan meningkatnya indera penciuman yang membuat rasa mual saat mencium bau menyengat semakin menjadi. Gejala ini juga kerap disebut sebagai gejala morning sickness.

Baca juga: Bunda, Ini Cara Mencuci Botol Susu Bayi yang Benar!

  1. Perut Terasa Kram Saat Perut Ditekan

Selain mual, Bunda mungkin juga bisa merasakan sedikit kram saat perut ditekan. Rasa kram tersebut sebenarnya berasal dari otot rahim yang berkontraksi. Saat Bunda mengandung, rahim akan mengembang untuk memberikan ruang untuk mendukung perkembangan si kecil. Efeknya, tidak hanya perut Bunda terlihat lebih besar. Bunda tak jarang akan merasakan kram yang biasanya berlangsung selama 10 – 15 hari. 

Namun, Bunda tetaplah waspada! Apabila kram yang terjadi terasa sangat parah dan diiringi dengan keluarnya darah, segera periksakan diri ke dokter kandungan. Komplikasi kehamilan yang berujung pada keguguran kerap terjadi di trimester pertama kehamilan.

  1. Perut Bunda Terasa Kembung Saat Disentuh

Selama kehamilan, bisa saja Bunda merasa perut terasa kembung. Sensasi kembung dan penuh ini terjadi karena meningkatnya produksi hormon progesteron. Rasa kembung tersebut tak jarang mengakibatkan Bunda merasa tidak nyaman. Akan tetapi, gejala ini juga bisa mengecoh. Pasalnya, perut kembung juga kerap terjadi sebagai gejala sebelum terjadinya menstruasi. 

  1. Meningkatnya Keinginan untuk Buang Air Kecil Saat Perut Ditekan

Ciri-ciri kehamilan lainnya adalah Bunda merasa sering ingin  buang air kecil setelah perut ditekan. Hal ini berhubungan dengan meningkatnya hormon kehamilan yang disebut human chorionic gonadotropin atau hCG. Kehadiran hormon ini di dalam tubuh merupakan pertanda pasti bahwa Bunda sedang mengandung. Salah satu efek yang muncul dengan adanya hormon ini adalah Bunda jadi lebih sering ingin buang air kecil. 

  1. Ulu Hati Terasa Nyeri Ketika Perut Ditekan

Saat perut ditekan, ulu hati Bunda terasa nyeri? Ada kemungkinan itu merupakan pertanda bahwa Bunda sebenarnya sedang hamil. Hormon progesteron yang meningkat  memang berpotensi memicu produksi asam lambung. Tak jarang, hal tersebut mengakibatkan refluks dan mengakibatkan nyeri pada ulu hati. 

Demikianlah cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut. Untuk mengetahui secara pasti, Bunda bisa langsung melakukan tes kehamilan dengan test pack atau tes darah. Bunda bisa memulai cicil membeli produk perlengkapan si kecil yang salah satunya adalah produk breast pump dari Baby Huki untuk membantu proses memompa ASI jadi lebih nyaman. 

Comfort Manual Breast Pump Baby huki terbuat dari bahan silikon yang elastis, lentur, dan nyaman digunakan. Corong Breast Pump terdapat membran silicone yang berfungsi mengatur kekuatan pompa agar pas dan seperti bayi menyusui. Pompa manual tidak memerlukan daya listrik maupun baterai dan tentunya tidak mengeluarkan suara yang berisik.Pompa ASI dari HUKI ini bisa Bunda dapatkan di Baby Huki official store Tanpa harus keluar rumah, toko resmi Baby Huki kini hadir di platform yang ada di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.