Yuk, Simak Cara Menurunkan Demam pada Bayi Secara Alami!

Cara Menurunkan Demam pada Bayi Secara Alami

Demam merupakan salah satu gejala kesehatan yang sering terjadi pada bayi. Hal ini bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh bayi memang sedang mengalami penyesuaian dengan lingkungan di luar rahim. Sehingga, tak mengherankan jika bayi cukup sering terkena demam. Namun, tak jarang new moms jadi merasa bingung dan khawatir saat si kecil mengalami demam. Alhasil, seringkali Bunda jadi mengandalkan obat penurun panas, seperti Paracetamol. Paracetamol memang sering jadi cara menurunkan demam pada bayi.

Walaupun boleh-boleh saja digunakan dengan resep dokter, sebaiknya jangan terburu-buru mengandalkan obat-obatan ya, Bunda. Pasalnya, demam sebenarnya merupakan mekanisme alami tubuh dalam memerangi virus atau penyakit yang masuk ke dalam tubuh bayi. Biasanya, demam akan mereda dengan sendirinya dalam jangka waktu 2-3 hari. Sehingga, Bunda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir. Alih-alih mengandalkan obat yang bisa saja mengakibatkan efek samping, lebih baik Bunda coba dulu beberapa cara menurunkan demam pada bayi lewat metode alami berikut ini dari babyhuki.co.id.

Cara Menurunkan Demam pada Bayi Secara Alami

  1. Menggunakan Kompres Hangat 

Salah satu cara menurunkan demam pada bayi bisa dilakukan dengan cara menggunakan kompres hangat. Kompres hangat bisa membantu memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh bayi. Selain itu, kompres hangat juga sangat membantu dalam memancing keluarnya keringat yang bisa menurunkan suhu tubuh bayi secara alami. Bunda bisa menggunakan kompres hangat pada bagian ketiak dan area lipatan selangkangan bayi. Sebaiknya, Bunda mengompres tubuh bayi selama kurang lebih 10-15 menit. Langkah ini bisa diulang setiap kali si kecil mengalami demam.

  1. Membasuh Tubuh Bayi dengan Air Hangat

Membasuh si kecil dengan air bisa jadi terdengar aneh dan ingin dihindari. Tentunya, Bunda khawatir bahwa langkah itu justru dapat mengakibatkan demam si kecil jadi semakin menjadi. Itulah mengapa, sebaiknya Bunda menggunakan air hangat saat membasuh badan si kecil. Gunakan handuk kecil yang lembut dan bersih atau waslap untuk membasuh tubuh bayi. Ingat, gunakan air hangat ya, Bunda! Jangan menggunakan air dingin karena hal tersebut justru dapat mengakibatkan bayi semakin kedinginan dan memperburuk gejala demamnya.

  1. Kenakan Pakaian Tipis

Saat bayi dendam, hindari mengenakan pakaian yang tebal dan berlapis-lapis ya, Bunda. Sekilas, cara itu memang terdengar efektif untuk memancing munculnya keringat. Akan tetapi, hal tersebut justru dapat memerangkap panas tubuh si kecil. Akibatnya, si kecil justru lebih rentan terkena overheat dan bisa saja mengakibatkan ia mengalami kejang. 

Makanya, sebaiknya Bunda memilih pakaian yang lebih tipis dan berbahan kain yang dingin dan menyejukkan. Dengan demikian, suhu panas dari tubuh bayi bisa cepat keluar. Bunda juga bisa memberikannya minyak telon atau selimut supaya si kecil tidak kedinginan.

  1. Memperbanyak Konsumsi ASI

Saat bayi terkena demam, ia cenderung lebih rentan terkena dehidrasi. Dehidrasi tentunya bisa berakibat fatal terhadap kesehatan bayi. Jika bayi masih dalam usia pemberian ASI eksklusif, Bunda bisa memperbanyak pemberian ASI, ya. Di dalam ASI terdapat banyak sekali kandungan nutrisi dan vitamin yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh bayi juga jadi lebih kuat dalam mengatasi serangan penyakit.

Saat bayi terkena demam, tak jarang ia juga menjadi lebih rewel. Padahal, ia membutuhkan istirahat yang cukup supaya tubuhnya bisa memerangi virus maupun bakteri dan infeksi yang menyerangnya. Nah, supaya bayi menjadi lebih rileks dan mudah tidur, Bunda bisa memberikannya pijatan dengan menggunakan minyak telon dari Baby Huki.

Untuk Bunda yang ingin bonding dengan si kecil, bisa membeli produk minyak telon dari Baby Huki. 

Kandungan eucalyptus oil pada Minyak Telon Baby Huki terbukti menjaga kulit Si Kecil tetap hangat. Dibuat dari bahan alami dan aman dilengkapi dengan aroma yang menenangkan agar si kecil semakin nyaman. Kandungan minyak kelapanya juga lebih banyak dibandingkan produk sejenis. Pas sekali untuk pijat bayi. Minyak Telon Baby Huki terdapat 3 ukuran dari 30ml, 60ml, dan 125m

Simak teknik pijat ala Baby Huki disini : Youtube channel Baby Huki.Minyak telon ini terbuat dari bahan alami yang sangat aman untuk kulit bayi. Selain itu, minyak telon ini juga memberikan sensasi hangat yang tahan lama. Sensasi hangat ini juga bisa membantu memicu munculnya keringat yang bisa membantu mendinginkan tubuh bayi. Pijatan lembut dari Bunda juga dijamin bisa membuat bayi menjadi lebih tenang dan lebih mudah terlelap. Bunda bisa mendapatkan produk minyak telon dari BABY HUKI ini lewat online shopTokopedia, Lazada, dan Shopee.