Tahap Perkembangan Bayi 0 6 Bulan Gimana Sih?

Tahap Perkembangan Bayi 0 6 Bulan Gimana Sih

Tahap Perkembangan Bayi – Tumbuh kembang Si Kecil memang paling menarik untuk diperhatikan. Meski terasa lama, tapi tahap perkembangan bayi 0 6 bulan itu tergolong cepat lho, Bunda. Jika tidak memperhatikan mendetail, bisa-bisa Bunda ketinggalan tahapan perkembangannya. Sebenarnya, apa saja yang terjadi dalam 6 bulan awal kehidupan Si Kecil? Mari kita ikuti tahapan perkembangan Buah Hati tercinta sebagai berikut dari babyhuki.co.id.

Tahap Perkembangan Bayi 0 6 Bulan Gimana Sih?

  • Bayi Usia 0-1 Bulan (Newborn)

Tahukah Bunda bahwa bayi kehilangan berat badannya pada hari kedua setelah kelahirannya? Ya, berat badan bayi akan hilang sekitar 10% dari berat awal ketika ia dilahirkan. Namun, jangan keburu panik ya, Bunda. Karena dalam beberapa minggu kedepan, berat badan Si Kecil akan kembali bertambah.

Tidak hanya itu, panca indera Si Kecil sudah mulai bisa merespon meski belum maksimal. Ia bisa melihat meski hanya dalam jangkauan 30 cm, jadi sering-seringlah Bunda mendekatkan wajah ketika berbicara dengannya. Pendengarannya pun berkembang seperti misal ia merespon ketika ada suara di dekat telinganya atau matanya berkedip ketika terkejut akibat suara.

Baca juga: Cara Membersihkan Smegma Pada Bayi Laki-laki Mudah Banget Bun!

  • Bayi Usia 1-2 bulan

Bunda akan melihat perkembangan Si Kecil mulai dari membuka dan menggenggam jemarinya, mengibaskan tangan, menyepak kakinya, dan gerakan-gerakan kecil lainnya. Tidak hanya itu, jarak pandangnya juga bertambah menjadi 60 cm dan ia menyukai warna-warna primer serta gambar berukuran besar. Si Kecil juga sudah mulai bisa membedakan suara di sekelilingnya, jadi Bunda harus sering-sering berbicara dengannya, ya.

  • Bayi Usia 2-3 bulan

Si Kecil sudah mulai kuat saat menyangga lehernya dan di mata Bunda, ia akan terlihat berusaha untuk menggulingkan badannya ke kanan atau ke kiri. Ia juga mulai menggenggam mainannya dan suka memainkan tangannya seperti memasukkan jarinya ke dalam mulutnya. Si Kecil juga sudah waktunya pelan-pelan diperkenalkan dengan mainan-mainan yang memiliki tekstur berbeda untuk memancing rasa ingin tahunya.

  • Bayi Usia 3-4 bulan

Bunda mungkin akan menyadari perubahan wajahnya yang lebih ekspresif karena memang di usia ini, Si Kecil bisa mengekspresikan perasaan senang maupun sedih. Ia pun mulai banyak berceloteh dan akan gembira kalau Bunda menirunya karena ia merasa bahwa ia sedang diperhatikan. Tidak hanya itu, jarak pandangnya sekarang sudah mulai luas. Ia bisa melihat sekelilingnya dengan baik, namun tetap menyukai jika Bunda mendekatkan wajah padanya.

  • Bayi Usia 4-5 bulan

Di usia ini, Bunda mungkin sering melihat Si Kecil sering memasukkan tangannya ke mulut. Ini adalah tanda bahwa indra pengecapnya semakin berkembang dan bagi Si Kecil, jari-jarinya itu seperti memiliki ‘rasa’. Tidak hanya itu, ia mungkin akan sering meraih benda-benda di sekelilingnya karena ia rasa tertarik pada sekitarnya semakin meningkat. Oleh karena itu juga, ia mampu membedakan siapa keluarganya dan siapa orang baru baginya.

  • Bayi Usia 5-6 bulan

Perkembangan Si Kecil yang dapat Bunda lihat adalah ia sudah bisa merangkak, duduk sendiri, dan memberikan beban pada tangan dan lutut untuk bertumpu ketika Bunda menengkurapkannya. Ia juga mulai tertarik dengan benda-benda berukuran kecil seperti kalung yang Bunda pakai, kancing pada bajunya, mata pada bonekanya, dan sebagainya. Si Kecil juga senang mendengar Bunda berbicara dan akan menanggapi dengan celotehan riangnya.

Seru ya mengikuti tahap perkembangan bayi usia 0 6 bulan, Bunda? Perhatian Bunda terhadap tumbuh kembang Si Kecil ada baiknya juga diikuti dengan pemilihan dot bayi berkualitas. HUKI mempersembahkan Baby HUKI Botol PP SP Round dengan dot bayi orthodontic yang dirancang khusus menyerupai puting asli ibu sehingga menghindarkannya darikolik, bingung puting, dan tersedak. HUKI memproduksi botol dan dot orthodontic berlabel HALAL yang hanya ada satu-satunya di Indonesia. Bunda pintar  bisa mendapatkannya langsung di official store HUKI di  Shopee, JD.ID, Lazada dan Tokopediasekarang juga.