Kenali Power Pumping untuk Dukung Masa Growth Spurt Bayi!

Power Pumping

Sejak bayi berusia 0 bulan, ia akan memasuki masa growth spurt. Growth spurt merupakan masa pertumbuhan bayi yang sangat pesat. Masa ini merupakan masa yang sangat penting. Karena, hal tersebut akan sangat menentukan cepat-lambatnya perkembangan bayi hingga beberapa tahun ke depan. Selama masa growth spurt berlangsung, bayi akan membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Ini tentunya menjadi tantangan bagi Bunda untuk memaksimalkan aliran ASI. Saat ini, ada sebuah metode yang bisa digunakan untuk memaksimalkan produksi ASI, yaitu dengan power pumping. Berikut adalah hal-hal yang wajib Bunda ketahui dari babyhuki.co.id.

Power Pumping, Apa Itu?

Sebenarnya, apakah yang disebut dengan power pumping? Power pumping merupakan sebuah metode pemerahan ASI dengan cara mengosongkan stok ASI di dalam payudara. Tujuannya, tak lain adalah untuk memberikan sinyal pada kelenjar susu untuk memproduksi pasokan ASI yang lebih besar. Dengan demikian, pasokan ASI pun akan menjadi lebih banyak. Aktivitas power pumping yang dilakukan setiap hari tentunya dapat memberikan manfaat berupa aliran ASI yang lancar.

Metode breast pumping ini tidak hanya berguna untuk mendukung pertumbuhan bayi dalam masa growth spurt. Cara ini juga sangat berguna bagi Bunda yang memiliki bayi prematur. Dengan mendapatkan asupan ASI yang cukup, bayi prematur berpeluang memiliki pertumbuhan yang dapat mengimbangi bayi yang dilahirkan full 9 bulan. 

Dibandingkan metode memperbanyak ASI lainnya, power pumping ini terbukti lebih efektif. Selain itu, cara ini juga lebih alami dan minim resiko. Sehingga, sangat cocok bagi Bunda yang ingin memperbanyak ASI tanpa harus mengonsumsi suplemen kimia. Bagi Bunda yang sedang mengalami kesulitan menghasilkan ASI, metode ini bisa dicoba.

Akan tetapi, ada satu hal penting yang wajib Bunda ketahui. Metode power pumping ini hanya disarankan bagi Bunda yang ingin meningkatkan produksi ASI. Bagi Bunda yang memiliki pasokan ASI normal, tidak disarankan untuk mempraktekkan metode power pumping ini. Karena, produksi ASI yang berlebihan ternyata juga dapat menimbulkan dampak kesehatan tersendiri. Jadi, jika Bunda tidak mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI untuk si kecil, sebaiknya tidak perlu mencoba metode ini.

Ini Teknik Melakukan Power Pumping yang Benar

Ingin mendapatkan manfaat penuh dari metode power pumping? Metode pompa ASI ini hanya akan memberikan manfaat jika dilakukan dengan benar. Untungnya, cara melakukan power pumping ini sebenarnya tidak sulit. Peraturan dasar dalam melakukan alat perah asi adalah mengetahui tempo atau waktu pemompaan ASI yang benar. Simak ulasan teknik melakukan power pumping untuk memaksimalkan ASI berikut ini.

Melakukan power pumping bukan berarti Bunda memompa ASI sesering mungkin. Timing atau rentang waktu yang tepat dibutuhkan supaya tubuh bisa memproduksi ASI yang cukup untuk setiap sesi pemerahan secara alami. Secara sederhana, Bunda bisa melakukan memerah asi 1 jam dalam satu hari. Jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat untuk mencegah iritasi pada puting maupun area payudara. Bunda bisa membuat jadwal power pumping berikut ini:

  • Melakukan sesi memompa ASI selama 20 menit
  • Beristirahat selama 10 menit
  • Kembali memompa ASI selama 10 menit
  • Beristirahat kembali selama 10 menit
  • Kembali melakukan pemompaan ASI selama 10 menit.

Untuk memaksimalkan, lakukan jadwal di atas sebanyak 1 – 2 kali dalam satu hari. Untuk memaksimalkan sesi power breast pumping, pastikan Bunda memiliki produk breast pump terbaik dari HUKI. 

Comfort Manual Breast Pump Baby huki terbuat dari bahan silikon yang elastis, lentur, dan nyaman digunakan. Corong Breast Pump terdapat membran silicone yang berfungsi mengatur kekuatan pompa agar pas dan seperti bayi menyusui. Pompa manual tidak memerlukan daya listrik maupun baterai dan tentunya tidak mengeluarkan suara yang berisik.

Tentunya alat pembersih peralatan & produk yang digunakan oleh Bunda & si kecil juga jadi sesuatu yang harus dipikirkan demi menjaga kualitas produk dan kebersihan, Yuk Bunda kenalan dengan Liquid Cleanser Baby Huki.

Liquid Cleanser atau Larutan Pembersih dari Baby Huki pilihan terbaik untuk Bunda membersihkan berbagai produk si kecil seperti botol, dot, pacifier, dan yang lainnya. Liquid Cleanser Baby Huki dari bahan alami natural yang manfaatnya ringan di kulit tidak membuat kulit kering dan tetap lembut. Sudah food grade juga mampu menghalau berbagai macam bakteri dan anti jamur. Sudah tersertifikasi halal. Liquid CLeanser Baby Huki tersedia dalam 4 kemasan yaitu botol di 700ml, pouch refill di 450ml & 200ml dan travel pack di 100ml. Wah banyak banget pilihannya ya, Bunda! Liquid Cleanser nya pun praktis dan kebersihan untuk si kecil pun tetap terjaga.Jangan lupa untuk menjaga kebersihan botol susu ASI Perah dengan mengaplikasikan HUKI liquid cleanser. Dapatkan produk BABY HUKI kualitas terbaik lewat official store yang ada di Shopee, Lazada, dan Tokopedia.