Ini Tanda Bayi ASI Masih Lapar

Untuk anak tersayang, Bunda tentunya ingin memastikan bahwa ia mendapatkan […]

Untuk anak tersayang, Bunda tentunya ingin memastikan bahwa ia mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk berkembang. Terutama, di 6 bulan pertamanya dimana ia membutuhkan asupan ASI yang cukup. Bunda mungkin merasa cemas dengan aliran ASI yang dikeluarkan. Apakah si kecil sudah mendapatkan asupan ASI yang cukup? Apa tanda bayi ASI masih lapar? Temukan semua jawabannya di sini.

Tanda Bayi ASI Masih Lapar

Bagi ibu baru, mengetahui tanda bayi ASI masih lapar mungkin masih terasa sedikit sulit. Tapi, Bunda tidak perlu merasa frustrasi. Di masa awal menyusui, tentunya Bunda membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Salah satunya, Bunda belajar untuk memahami bahasa si kecil. 

Memahami bahasa si kecil akan sangat membantu Bunda dalam banyak hal. Salah satunya adalah mengetahui apakah si kecil mendapatkan asupan ASI yang cukup. Berikut adalah tanda-tanda bayi belum mendapatkan asupan ASI yang cukup:

  1. Bayi Terlihat Lesu

Orang dewasa yang tidak mendapatkan asupan sarapan pagi yang cukup pastinya terlihat lesu dan kurang bertenaga. Hal yang sama juga berlaku pada bayi. Bayi yang tidak mendapatkan ASI yang cukup biasanya akan terlihat lemas. Ia juga biasanya terlihat gelisah dan terus-menerus menangis. 

Salah satu cara mendeteksinya adalah dengan mengamati frekuensi dari rutinitas menyusui si kecil. Apabila si kecil sudah rewel ingin kembali menyusui dengan jangka waktu lebih dari 1 jam, kemungkinan besar ia masih merasa lapar. Begitupula, jika ia terlihat lebih sering ingin menyusui pada Bunda. Maka, Bunda perlu mencurigai bahwa asupan ASI yang ia terima masih jauh dari cukup. 

  1. Berat Badan Bayi Sulit Naik

Tanda bayi ASI masih lapar juga bisa terlihat dari bobot si kecil yang tak kunjung bertambah. Hal ini seringkali terjadi pada bayi yang terlahir secara prematur. Mereka memang membutuhkan asupan ASI yang lebih banyak dan intensif dibandingkan bayi yang lahir 9 bulan. Namun, tidak menutup kemungkinan bayi yang lahir genap 9 bulan juga mengalami hal ini. 

Di usianya, sudah sewajarnya bayi mengalami penambahan berat badan yang pesat. Apabila bobot badan bayi stagnan dan cenderung menurun, Bunda sangat wajar merasa curiga. Karena, bisa jadi itu pertanda bahwa si kecil belum mendapatkan asupan ASI yang cukup. 

  1. Isi Popok Bayi Tidak Penuh

Indikasi lainnya bahwa si kecil kurang mendapatkan asupan ASI adalah dari isi popok yang tidak penuh. Bayi yang mendapatkan asupan ASI yang cukup tentunya akan mengeluarkan kotoran dengan frekuensi yang wajar. Sebagai patokan, normalnya bayi membutuhkan penggantian popok paling tidak 8 – 10 kali sehari. 

Sebaliknya, jika ia mendapatkan asupan ASI yang tak memadai, maka kotoran yang dikeluarkan pun akan menjadi lebih sedikit. Jika frekuensi mengganti popok kurang dari 8 kali sehari, maka Bunda layaknya merasa curiga.

  1. Bayi Tertidur Saat Menyusui

Bayi yang tidak mendapatkan ASI yang cukup biasanya juga cenderung mudah tertidur saat sedang menyusui. Ini dikarenakan aliran ASI yang sangat sedikit. Sehingga, mengakibatkan bayi harus berusaha lebih keras untuk mengisap payudara Bunda. Tentunya, hal tersebut dapat mengakibatkan bayi menjadi bosan. Bayi bisa jadi mengisap dengan irama tarikan yang sangat lambat. Bahkan, tak jarang ia jadi tertidur di payudara Bunda. Selain itu, bisa jadi ia terlihat menyerah dan tidak lagi mencoba untuk menyusui.

Demikianlah sejumlah tanda bayi ASI masih lapar. Tentunya, hal tersebut bukanlah akhir dari dunia. Supaya si kecil tidak kelaparan, Bunda juga bisa menyajikan ASI dalam bentuk ASIP. Gunakan botol susu HUKI saat menyusui. Botol susu BABY HUKI ini terbuat dari material BPA Free yang aman untuk si kecil. 

Botol Susu Baby Huki terbuat dari bahan PP (polypropylene), tentunya BPA FREE yang terbentuk bulat dan berwarna. Dengan menggunakan dot orthodontic, dot kesehatan yang pastinya nyaman digunakan, membantu pertumbuhan rahang, gusi, dan mencegah terjadinya maloklusi pada bayi. Botol Susu Baby Huki terdiri dari berbagai seri yaitu Seri Dongeng, Spongebob, dan Hewan Pintar. Dengan banyaknya pilihan Bunda bisa pilih seri yang sesuai dengan si kecil.

Bunda bisa membeli produk botol susu ini di BABY HUKI official store yang ada di platform e-commerce Tokopedia, Shopee, dan Lazada

TERBARU