Ini Lho Bunda Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi!

Cara mengatasi perut kembung

Cara mengatasi perut kembung – Bayi yang tiba-tiba rewel tentu membuat Bunda panik, bukan? Apalagi jika penyebab rewelnya belum juga diketahui. Perut kembung juga bisa jadi alasan mengapa si kecil rewel seharian, lho Bunda. Layaknya orang dewasa, bayi juga akan merasa tidak nyaman saat mengalami perut kembung. Namun, jangan khawatir, terjadi perut kembung pada bayi merupakan hal yang normal terjadi.

Mengingat saluran pencernaan yang dimiliki belum bekerja secara maksimal. Jika perut si kecil terasa cukup keras dan buang angin beberapa kali, ini bisa jadi tanda buah hati mengalami perut kembung. Jangan buru-buru panik, ini cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa dilakukan dari babyhuki.co.id.

Ini Lho Bunda Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi!

Buat Si Kecil Terlentang

Jika tanda-tanda perut kembung sudah terlihat jelas, Bunda bisa langsung memposisikan si kecil dalam keadaan terlentang di atas kasur. Selanjutnya, angkat kedua kaki si kecil ke atas dan gerakkan seakan sedang mengendarai sepeda. Posisi seperti ini diklaim mampu mengeluarkan gas pada perut bayi. Sehingga perut kembung pun bisa segera teratasi dan bayi tidak lagi rewel. Selama melakukan pijatan lembut ini, ajak si kecil berbicara untuk membuatnya lebih nyaman dan rileks.

Gendong dalam Posisi Tegak

Ada lagi cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi perut kembung yang dialami si kecil. Segera gendong bayi dalam posisi tegak dan dekatkan kulit dengan kulit (skin to skin). Selain bisa membuat si kecil merasa tenang karena berada dekat dengan ibunya, posisi ini juga bisa membantu mengeluarkan gas yang ada pada perut bayi, lho. Untuk itu pastikan Bunda mencoba cara yang satu ini, ya.

Mandikan Air Hangat

Kunci mengatasi perut kembung adalah membuat si kecil merasa tenang, nyaman, dan rileks. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Bunda memandikannya dengan air hangat saat mengalami perut kembung. Air hangat memang tidak bisa membuat gas dalam perut keluar begitu saja. Meski begitu, air yang hangat mampu membuatnya merasa lebih rileks. Buah hati yang rileks dan nyaman tentu tidak akan mudah rewel, bukan? 

Perhatikan Asupan Makanan

Perut kembung bisa jadi disebabkan oleh asupan makanan si kecil lho Bunda. Selama si kecil mengalami kembung, coba untuk tidak memberinya makanan yang mengandung gas, seperti teh, brokoli, bawang, dan lainnya. 

Baca juga: Tips Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu!

Pijat menggunakan Minyak Telon

Tahukah Bunda jika si kecil juga suka dipijat? Teknik pijat yang benar juga bisa mengatasi perut kembung yang dialami buah hati, lho. Bunda bisa memijat area punggung si kecil secara perlahan untuk mengeluarkan gas pada perut bayi. Saat dipijat, posisikan si kecil dalam kondisi telungkup di atas kasur atau di atas pangkuan. Untuk membuatnya merasa lebih nyaman saat dipijat, gunakan minyak telon yang memiliki kandungan alami, seperti Minyak Telon Huki. Bunda juga bisa lho, mengecek teknik pijat ala Baby Huki di link berikut ini.

Selain aman, kandungan alami pada Minyak Telon Huki bisa membuat kulit si kecil senantiasa hangat. minyak telon Baby Huki telah diformulasikan dari  Kandungan minyak kelapa, minyak adas, dan minyak kayu putih di dalamnya aman untuk kulit bayi dan terasa sangat hangat. Bayi pun bisa merasa lebih nyaman saat dipijat pada area punggung. Aromanya yang menenangkan juga bisa membantu si kecil merasa rileks dan tidak lagi rewel. Bukan tidak mungkin, si kecil akan tidur terlelap saat Bunda memijat area punggungnya.Kualitasnya yang terjamin, tentu membuat Bunda ingin membeli Minyak Telon Huki, bukan? Kini Minyak Telon Huki sudah bisa didapatkan dengan mudah, karena telah tersedia di Tokopedia dan Lazada.