Cara Mengatasi Gigi Tumbuh Bayi Rewel!

Cara Mengatasi Gigi Tumbuh Bayi Rewel

Memasuki usia 6 bulan ke atas, bayi akan menginjak milestone yang sangat penting. Masa pertumbuhan tersebut ditandai dengan tumbuhnya gigi susu. Gigi bayi yang tumbuh menjadi pertanda bahwa si kecil sudah mulai siap diperkenalkan dengan MPASI. Namun, pertumbuhan gigi bayi tersebut kerap mengakibatkan rasa ketidaknyamanan. Rasa tidak nyaman tersebut bisa saja mengakibatkan bayi menjadi rewel. Yuk, simak gejala dan cara mengatasi gigi tumbuh bayi rewel berikut.

Waspadai Gejala Gigi Tumbuh pada Bayi

Gigi yang tumbuh pada bayi pastinya menimbulkan sejumlah gejala. Coba Bunda perhatikan, apakah si kecil menunjukkan gejala-gejala berikut ini? Bayi sering rewel atau sering menangis. Tentunya ada beberapa perilaku yang perlu diperhatikan seperti seringnya memasukkan dan menggigit jari tangan atau benda-benda yang ada disekitar. Sulit makan dan tidur juga perlu diperhatikan ya, Bunda. Bayi pun terkadang suka mengeluarkan air liur hingga keluar dari mulut, dan apabila tidak segera dibersihkan dapat mengakibatkan munculnya ruam di area dan mulut pada Bayi. Yuk simak kira kira apa saja yang harus Bunda atasi ketika Bayi mengalami pertumbuhan gigi dari babyhuki.co.id.

  1. Memberikan Teether atau Mainan Gigi

Salah satu gejala dari gigi tumbuh adalah bayi jadi lebih sering menggigit. Ini dikarenakan rasa ngilu pada gusi yang membuat bayi menjadi ‘gatal’ untuk menggigit objek atau bahkan orang yang sedang menggendongnya. Bunda bisa melegakan rasa ‘gatal’ tersebut dengan memberikan si kecil teether

Teether adalah jenis mainan bayi yang memiliki tekstur empuk dan sangat nyaman untuk si kecil. Bayi pastinya juga jadi lebih nyaman saat menggigit mainan tersebut. Bunda bisa meletakkan teether tersebut ke dalam kulkas sejenak sebelum memberikannya pada si kecil. Efek dingin dari teether tersebut bisa membantu meredakan inflamasi pada gusi. Sehingga, bayi juga jadi merasa lebih nyaman.

  1. Pemberian Finger Food

Finger food juga bisa menjadi solusi lezat untuk mengatasi bayi yang rewel akibat tumbuh gigi. Finger food merupakan jenis makanan berupa sayuran atau buah-buahan keras yang dipotong memanjang seukuran dengan mulut bayi. Bunda bisa memberikan finger food berupa buah mentimun, wortel, apel, atau keju pada si kecil. Untuk meredakan inflamasi akibat gigi yang tumbuh, finger food tersebut bisa diletakkan terlebih dulu di dalam kulkas sebelum disajikan. Tidak hanya lezat, cemilan ini pastinya sangatlah menyehatkan si kecil.

  1. Memberikan Minuman Dingin yang Bernutrisi

Minuman dingin yang dimaksud di sini sudah pasti bukan minuman jus atau minuman manis lainnya. Justru, Bunda sangat tidak disarankan untuk memberikan minuman manis untuk bayi. Yogurt rasa plain jauh lebih direkomendasikan. Yogurt yang disajikan dingin bisa membantu ‘mengompres’ gusi bayi yang sedang meradang. Namun, jangan memberikan yogurt dalam suhu yang terlalu dingin, ya.

Baca juga: Cara Menjaga Skin Barrier pada Bayi!

  1. Mengusap Gusi Bayi

Cara mengatasi gigi tumbuh bayi rewel lainnya adalah dengan mengusap atau memberikan pijatan lembut pada bagian gusi. Pastikan jari Bunda benar-benar bersih sebelum memasukkannya ke dalam mulut bayi. Setelah itu, usap-usap gusi bayi yang terasa membengkak  dengan sangat lembut. Pijatan tersebut bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman bayi sementara.

  1. Berkonsultasi ke Dokter

Jika cara 1 – 4 ternyata tidak mempan, Bunda bisa membawa si kecil ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi pertumbuhan si kecil. Jika benar-benar dibutuhkan, dokter akan meresepkan obat painkiller seperti ibuprofen atau paracetamol. Kedua obat ini tentu saja bisa Bunda dapatkan walaupun tanpa harus menggunakan resep dokter. Namun, pemberian obat untuk bayi tetap harus melalui pengawasan dari dokter, ya.

Cara mengatasi gigi tumbuh bayi rewel juga bisa dilakukan dengan memberikan ASI secara teratur. Bunda bisa pilih produk botol susu bayi berkualitas terbaik yang ada di Baby HUKI official store. 

Botol Susu Baby Huki terbuat dari bahan PP (polypropylene), tentunya BPA FREE yang terbentuk bulat dan berwarna. Dengan menggunakan dot orthodontic, dot kesehatan yang pastinya nyaman digunakan, membantu pertumbuhan rahang, gusi, dan mencegah terjadinya maloklusi pada bayi. Botol Susu Baby HuKI terdiri dari berbagai seri yaitu Seri Dongeng, Spongebob, dan Hewan Pintar. Dengan banyaknya pilihan Bunda bisa pilih seri yang sesuai dengan si kecil.

Toko resmi dari Baby HUKI ini sudah bisa ditemukan di sejumlah platform belanja. Untuk saat ini, Bunda bisa belanja aneka produk bayi dari HUKI di Shopee, Tokopedia, dan Lazada.