Cara Mengatasi Bayi Kuning Paling Ampuh, Bunda Wajib Tahu!

Cara Mengatasi Bayi Kuning

Bayi kuning saat baru lahir tak jarang membuat new moms panik. Momok penyakit kuning atau jaundice pun membayangi. Nah, pastinya Bunda mencari tahu jawaban dan solusi dari masalah yang menimpa si kecil. Nah, Bunda datang di tempat yang tepat! Di sini, Bunda bisa mengetahui lebih dalam mengenai penyebab dan cara mengatasi bayi kuning yang paling ampuh. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut dari babyhuki.

Cara Mengatasi Bayi Kuning , Bayi Kuning, Apakah Normal?

Apakah bayi yang terlihat kuning setelah dilahirkan adalah hal yang normal? Ternyata, kasus bayi baru lahir yang berwarna kuning adalah fenomena yang sangat umum lho. Umumnya, kondisi ini bukan pertanda bahaya. Seiring waktu, warna kuning pada kulit bayi akan menghilang. Dan, si kecil pun akan memiliki rona kulit seperti bayi pada umumnya. Walaupun, ada juga beberapa kasus dimana kasus jaundice ini merupakan gejala kesehatan pada bayi yang membutuhkan pertolongan medis segera. 

Penyebab dari bayi kuning tak lain adalah kandungan zat bilirubin yang tinggi di dalam darah. Sebenarnya, bilirubin disalurkan ke organ hati untuk kemudian dibuang. Tapi, organ hati pada si kecil memang belum berfungsi secara maksimal. Akibatnya, terjadilah penumpukan zat bilirubin di dalam darah. Tapi, pada umumnya kinerja organ hati si kecil akan mengalami peningkatan. Sehingga, zat bilirubin tersebut pun perlahan-lahan akan dibuang dari dalam tubuh. 

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Umumnya, kondisi bayi kuning memang tidak perlu dikhawatirkan. Apalagi, jika bayi tidak menunjukkan gejala kesehatan lainnya. Akan tetapi, Bunda wajib waspada apabila gejala bayi kuning ini terjadi dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Atau, kondisi tersebut berlangsung selama lebih dari 2 minggu. Ini bisa jadi pertanda bahwa bayi menderita penyakit kuning yang disebabkan:

  • Gangguan organ hati atau pada saluran empedu 
  • Penyakit infeksi yang disebabkan virus
  • Anemia, inkompatibilitas rhesus, dan kelainan pada sel darah merah pada bayi lainnya
  • Kelainan genetik
  • Bayi mengalami kekurangan oksigen.

Resiko bayi kuning ini jadi lebih meningkat pada kasus:

  • Bayi terlahir prematur
  • Bayi tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup
  • Bayi mengalami memar akibat proses persalinan yang sulit dan lama
  • Bunda memiliki diabetes gestasional.

Berikut Tips Cara Mengatasi Bayi Kuning Paling Ampuh

Bagaimana cara mengatasi bayi kuning? Bunda bisa coba beberapa solusi berikut:

  1. Memperbanyak Asupan ASI

Untuk mengatasi bayi kuning, coba Bunda perbanyak pemberian ASI. ASI memiliki kandungan zat-zat yang sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem imunitas tubuh yang tinggi bisa membantu menjaga sel-sel otak bayi agar tidak terkena dampak dari kadar bilirubin tinggi. Selain itu, ASI juga membantu menghidrasi bayi dan membantu mempercepat proses pembuangan bilirubin melalui urin. Oh ya, ASI juga jadi sarana untuk memperkuat ikatan antara Bunda dan si kecil, lho.

  1. Menjemur Bayi

Menjemur bayi juga bisa menjadi cara mengatasi bayi kuning lho, Bunda. Tapi, Bunda juga harus tahu waktu yang tepat untuk menjemur si kecil. Waktu paling ideal adalah sekitar pukul 06:30-09:00 dengan durasi sekitar 15-30 menit. 

Menjemur si kecil sangat bermanfaat untuk mendapatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan untuk tubuh. Vitamin D berkhasiat untuk menurunkan kadar bilirubin di dalam darah bayi. Bisa dicoba nih, Bunda!

  1. Fototerapi

Prosedur fototerapi juga bisa menjadi cara mengatasi bayi kuning. Fototerapi menggunakan sinar khusus yang bertujuan untuk memecah zat bilirubin di dalam tubuh bayi. Sehingga, zat tersebut bisa dikeluarkan dari tubuh lewat urin maupun tinja.

Bayi kuning sebenarnya bisa diatasi dengan pemberian ASI rutin. Yuk, perbanyak asupan ASI untuk si kecil dengan menggunakan botol susu berkualitas dari Baby HUKI. 

Botol Susu Baby Huki terbuat dari bahan PP (polypropylene), tentunya BPA FREE yang terbentuk bulat dan berwarna. Dengan menggunakan dot orthodontic, sudah teruji klinis yang pastinya nyaman digunakan, membantu pertumbuhan rahang, gusi, dan mencegah terjadinya maloklusi pada bayi. Botol Susu Baby Huki terdiri dari berbagai seri yaitu Seri Dongeng, Spongebob, dan Hewan Pintar. Dengan banyaknya pilihan Bunda bisa pilih seri yang sesuai dengan si kecil.

Botol susu ini sangat ringan dan mudah untuk dibersihkan. Material botol susu ini juga bebas BPA maupun zat beracun lainnya. Jadi, super aman untuk si kecil. Yuk, beli produk botol susu ini di Baby HUKI official store di Tokopedia, Lazada, dan Shopee