Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak, Bunda Wajib Tahu!

cara agar bayi tidur nyenyak

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh new moms atau Bunda yang baru memiliki bayi biasanya datang di malam hari. Ya, Bunda seringkali harus terbangun di tengah malam untuk menenangkan bayi yang menangis. Hal ini seringkali membuat Bunda jadi stres, dan tentunya kualitas tidur Bunda dan bayi jadi terganggu. Bunda tidak sendiri! Bayi yang tiba-tiba terbangun dan menangis di malam hari sudah dialami oleh banyak Bunda lainnya. Untungnya, ada beberapa cara agar bayi tidur nyenyak dan Bunda bisa beristirahat dengan lebih maksimal. Simak caranya berikut, yuk dari babyhuki.co.id.

Kapan Waktu Tidur yang Ideal untuk Bayi?

Setiap bayi biasanya memiliki siklus yang berbeda-beda. Nah, tugas Bunda dan Ayah adalah mendeteksi dan menyesuaikan kebiasaan tidur sesuai dengan siklus si kecil. Di dalam tahap awal perkembangannya, bayi akan lebih sering tidur. Umumnya, bayi akan tidur selama kurang lebih 8-9 jam di siang hari. Sedangkan, waktu tidur bayi di malam hari biasanya kurang dari 8 jam. 

Untuk menunjang tumbuh-kembang si kecil, Bunda perlu memastikan bahwa si kecil bisa tidur dengan nyenyak. Walaupun, kadang-kadang durasi tidur bayi jadi terganggu gara-gara ia mengalami gangguan yang menyebabkannya terbangun. Misalnya, gara-gara popok yang penuh, ia merasa lapar atau gerah, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui cara agar bayi tidur nyenyak, Bunda bisa memastikan ia mendapatkan durasi tidur yang sesuai. Tentunya, Bunda dan Ayah pun juga jadi bisa beristirahat dengan tenang dan bangun lebih segar di pagi hari.

Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Nah, sekarang Bunda sudah tahu durasi ideal tidur si kecil. Dari sini, Bunda bisa memulai rencana untuk membuat tidur si kecil tetap nyenyak sepanjang malam. Ingin tahu apa saja cara agar bayi tidur nyenyak? Simak ulasannya berikut:

  1. Pastikan Lingkungan di Sekitar Kamar Tidur Bayi Tenang

Bayi termasuk sangat sensitif terhadap suara. Ia bisa saja terbangun dari tidurnya gara-gara mendengar suara yang keras atau berisik. Hal ini tentunya mengakibatkan bayi jadi terbangun dan menangis keras. Makanya, Bunda sebaiknya menidurkan si kecil di ruangan dengan lingkungan yang tenang. 

Hindari menidurkan si kecil di dalam kamar yang bersebelahan dengan ruang tamu atau ruang TV. Jika ada saudara yang berkunjung, ada baiknya bekerjasama dengan Ayah untuk memberikan mereka pengertian agar bisa menjaga ketenangan. 

  1. Matikan Lampu di Kamar Bayi

Bayi yang tidur di dalam kamar dengan kondisi lampu menyala cenderung lebih mudah terbangun nih, Bunda. Elizabeth Pantley yang mengarang buku “The No-Cry Sleep Solution” mencantumkan bahwa cahaya lampu kamar dapat mengakibatkan bayi lebih betah ‘melek’. 

Hal ini dikarenakan lampu memiliki intensitas cahaya yang sangat mirip dengan sinar matahari. Hal tersebut mengakibatkan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang memunculkan rasa kantuk jadi terhambat. Akibatnya, bayi jadi tidak kunjung tidur. Solusinya, biasakan bayi tidur dalam kondisi lampu mati. Dengan demikian si kecil pun jadi lebih mudah terlelap. 

  1. Tidurkan Si Kecil Saat Ia Mulai Mengantuk

Bayi yang mulai mengantuk pastinya menunjukkan tanda-tanda. Nah, kalau bayi sudah menunjukkan tanda itu, sebaiknya Bunda segera letakkan dai di tempat tidur. Bunda tidak perlu menggendongnya hingga ia terlelap. Karena, bisa dijamin saat Bunda meletakkannya di tempat tidur, si kecil akan langsung terbangun dan menangis. 

Menciptakan rutinitas baru untuk si kecil supaya ia bisa lelap tidur juga boleh dicoba nih, Bunda. Salah satunya adalah dengan memberikan pijatan relaksasi dengan menggunakan minyak telon. Sentuhan tangan Bunda yang lembut dan hangat pastinya bisa membuat si kecil jadi lebih mudah tidur. 

Untuk minyak telon, jangan sampai salah pilih ya! Pastikan untuk memilih produk minyak telon dari BABY HUKI. 

Untuk Bunda yang ingin bonding dengan si kecil, bisa membeli produk minyak telon dari Baby Huki. 

Kandungan eucalyptus oil pada Minyak Telon Baby Huki terbukti menjaga kulit Si Kecil tetap hangat. Dibuat dari bahan alami dan aman dilengkapi dengan aroma yang menenangkan agar si kecil semakin nyaman. Kandungan minyak kelapanya juga lebih banyak dibandingkan produk sejenis. Pas sekali untuk pijat bayi. Minyak Telon Baby Huki terdapat 3 ukuran dari 30ml, 60ml, dan 125m

Simak teknik pijat ala Baby Huki disini : Youtube channel Baby Huki.Selain memberikan sensasi hangat, minyak telon ini 100% aman untuk si kecil. Bunda bisa mendapatkannya di BABY HUKI official store di Tokopedia, Shopee, dan Lazada.