Bunda, Ini Cara Meningkatkan Volume ASI!

cara meningkatkan volume ASI

Masa persalinan bukanlah satu-satunya fase yang membuat hati Bunda berdegup kencang. Kebanyakan Bunda akan merasa gugup saat akan menyusui bayi. Di masa awal ia hidup di dunia, bayi memang membutuhkan asupan ASI eksklusif selama 6 bulan. Namun, ada kalanya volume ASI yang diberikan Bunda kurang mencukupi. Sehingga, membuat si kecil masih merasa kelaparan. Apa saja penyebabnya, dan bagaimana cara meningkatkan volume ASI? Simak ulasannya di sini babyhuki.co.id.

Penyebab Volume ASI Minim

Volume ASI yang kurang lancar tak jarang mengakibatkan Bunda merasa bingung dan khawatir. Penyebab produksi ASI yang kurang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Antara lain:

  • Bunda mengalami stres
  • Terjadinya pendarahan setelah proses melahirkan
  • Terjadinya masalah pada plasenta bayi
  • Bunda terkena diabetes gestasional
  • Obesitas atau berat badan berlebihan
  • Bunda mengidap PCOS

Cara Meingkatkan Volume ASI Mini

Jika satu atau lebih faktor penyebab di atas Bunda alami, jangan lantas berputus asa. Karena, ada beberapa cara meningkatkan volume ASI. Pada dasarnya, produksi ASI mengikuti supply and demand. Semakin banyak Bunda menyusui, maka lambat laun produksi ASI akan semakin meningkat. Simak cara-caranya berikut:

  1. Meningkatkan Frekuensi Menyusui

Seperti yang diulas secara singkat di atas, volume ASI akan meningkat dengan semakin seringnya Bunda menyusui. Dengan meningkatkan frekuensi menyusui si kecil, otot-otot payudara akan semakin terlatih. Kelenjar susu yang ada di dalam payudara juga akan bekerja lebih giat dalam memproduksi ASI. Tidak harus diberikan sebagai menu utama, Normalnya, bayi akan menyusu sebanyak 8x dalam sehari. Jika bayi sedang tertidur dan sudah masuk waktu menyusui, jangan ragu untuk membangunkannya, ya.

  1. Rutin Memompa ASI

Cara meningkatkan volume ASI lainnya bisa dengan menggunakan breastpump. Pompa ASI adalah alat yang bisa Bunda gunakan untuk memerah ASI. Bunda bisa memompa ASI di sela-sela waktu setelah menyusui si kecil. Bahkan, Bunda juga bisa memompa ASI di satu sisi payudara lainnya saat tengah-tengah menyusui si kecil. Selain berguna untuk meningkatkan volume air susu, memompa ASI juga punya manfaat lain. Hasil perahan ASI tersebut bisa diberikan pada bayi saat puting Bunda lecet, atau jika Bunda memiliki kesibukan kantor yang padat.

  1. Mengelola Stres

Memikirkan volume ASI yang kecil saat menyusui bisa menjadi trigger stres terbesar bagi Bunda. Padahal, kondisi stres justru dapat membuat aliran ASI semakin sedikit. Oleh karena itu, ada baiknya untuk belajar mengelola stres. Misalnya, Bunda bisa meminta bantuan suami untuk mengerjakan beberapa pekerjaan rumah. Atau, bisa juga suami memberikan pijatan lembut pada pundak Bunda saat akan menyusui. Mendengarkan musik atau melakukan olahraga ringan juga dapat membantu meningkatkan mood.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Persiapan Puasa untuk Ibu Menyusui!

  1. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Kondisi malnutrisi juga bisa mengakibatkan volume ASI terganggu. Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas, Bunda memang membutuhkan asupan makanan yang kaya akan gizi. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, zat omega kompleks, dan mengandung banyak vitamin. Bunda juga sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat. Konsumsi makanan alami penambah ASI seperti sayur daun katuk juga bisa Bunda coba.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Agar volume ASI bertambah, jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih. Air putih bisa membantu mencegah Bunda terkena dehidrasi. Dengan kondisi badan yang terhidrasi, tentunya Bunda jadi lebih mudah dalam memproduksi ASI. Hindari, atau paling tidak, kurangi konsumsi minuman  berkafein dan minuman manis.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan volume ASI. Bunda bisa memanfaatkan produk breast pump dari Baby Huki untuk membantu proses memompa ASI jadi lebih nyaman. 

Comfort Manual Breast Pump Baby huki terbuat dari bahan silikon yang elastis, lentur, dan nyaman digunakan. Corong Breast Pump terdapat membran silicone yang berfungsi mengatur kekuatan pompa agar pas dan seperti bayi menyusui. Pompa manual tidak memerlukan daya listrik maupun baterai dan tentunya tidak mengeluarkan suara yang berisik.Pompa ASI dari HUKI ini bisa Bunda dapatkan di Baby Huki official store yang ada di Lazada, Shopee, dan Tokopedia