Bagaimana sih Perhitungan Berat Badan Ideal untuk si Kecil? Yuk Simak!

Berat Badan Ideal

Mengetahui berat badan ideal balita sangat penting lho, Bunda! Karena, dari situ Bunda bisa mengetahui dengan pasti apakah perkembangan balita sudah normal. Faktanya, masih banyak bunda muda di Indonesia yang belum paham tentang ini. Padahal, berat badan balita yang di bawah standar bisa menjadi gejala awal stunting atau pertumbuhan yang terhambat. Mengetahui perkembangan berat badan balita juga bisa membantu mendeteksi lebih dini adanya gangguan kesehatan. Seperti apa kategori berat badan balita yang pas dan ideal? Yuk, cari tahu di sini babyhuki.

Sudah Tahu Tahapan Berat Badan Ideal Balita Sesuai Usianya?

Saat ia baru dilahirkan, bayi biasanya memiliki bobot badan yang bervariasi. Semuanya tergantung dari asupan makanan yang diperoleh dari Bunda dan kemampuan plasenta dalam menyalurkan zat nutrisi makanan. Rata-rata, bayi yang baru lahir memiliki berat badan yang berkisar antara 2,7-3,9 kilogram. Ukuran ini berlaku untuk bayi yang memiliki tinggi badan sekitar 47,5-52,0 Centimeter.

Seiring dengan waktu, berat badannya harus semakin bertambah hingga ia memasuki usia balita. Usia balita biasanya jatuh di rentang usia 1-2 tahun ke atas. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut yuk!

  1. Berat Badan Ideal Balita Usia 1-2 Tahun

Memasuki usia 1-2 tahun, perkembangan bobot balita tentunya tidak sepesat saat ia baru lahir. Rata-rata pertumbuhan berat badan si kecil hanya bertambah sekitar 1,4 kilogram hingga 2,3 kilogram saja dalam rentang waktu setahun. Nah, untuk balita perempuan memiliki berat badan ideal mulai dari 8,9 kilogram hingga 11,5 kilogram. Sedangkan, balita laki-laki punya bobot yang lebih berat, berkisar di angka 9,6 kilogram-11,2 kilogram.

  1. Berat Badan Ideal Balita Usia 2-3 Tahun

Jangan resah saat Bunda mengetahui berat badan si kecil tidak terlalu bertambah pesat. Itu adalah hal yang sangat wajar, kok. Balita perempuan di usia 2-3 tahun biasanya mengalami penambahan berat badan menjadi 13,9 kilogram. Sedangkan, bayi laki-laki juga sedikit mengalami penambahan bobot di angka 14,3 kilogram. Selama si kecil ada di dalam rentang tersebut, ia memiliki kategori berat badan yang tergolong ideal.

  1. Berat Badan Balita Usia 3-4 Tahun

Balita kesayangan Bunda akan tetap mengalami kenaikan berat badan, yang walaupun perlahan tapi pasti. Di usianya yang menginjak 3-4 tahun ini, si kecil akan mengalami kenaikan berat badan kira-kira 1,5 kilogram dalam waktu setahun. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir, ya!

  1. Berat Badan Balita Usia 4-5 Tahun

Di sini, si kecil mengalami lonjakan bobot sekitar 2 kilogram dalam waktu satu tahun. Ya, ini juga sangat wajar, Bunda. Di usianya ini, si balita juga jadi semakin aktif dan gemar bermain-main. Gerakannya pun jadi semakin luwes dan lincah. Tak heran jika ia membutuhkan asupan makanan yang lebih besar untuk diubah menjadi sumber energi.

Dari sini, Bunda sudah tahu kan rentang berat badan ideal balita? Bagaimana jika ternyata si kecil memiliki berat badan di bawah angka yang sudah dijelaskan di atas? Ini bisa jadi pertanda ia mengalami malnutrisi, Bunda. Sebaliknya, jika bobot anak berada di atas hitungan tersebut maka si kecil bisa jadi mengalami kegemukan. Kalau sudah begitu, bagaimana solusinya?

Caranya, berikan ia makanan yang bernutrisi dan sesuai dengan kebutuhan usianya. Supaya dia makin bersemangat makan, coba gunakan produk feeding set dari Baby HUKI. Feeding set ini terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk si kecil. 

Feeding Set Baby Huki terdiri dari Training Cup with Straw, Bowl Suction, serta Spoon & Fork Set.

Training Cup with Straw dengan ukuran 240 ml bisa digunakan sebagai wadah air putih, jus, atau minuman kesukaan si kecil. Terbuat dari bahan PP glossy dan BPA – Free. Dapat digunakan untuk bayi di atas 9 bulan. 

Bowl Suction mangkok makan dengan alas perekat yang dilengkapi sendok yang bisa menempel pada tutup mangkok. Cocok untuk bayi yang sudah atau siap ke fase MPASI. Dapat digunakan untuk bayi 6 bulan ke atas. Tentunya Bowl Suction Baby Huki terbuat dari bahan yang sudah BPA – Free dan Aman digunakan untuk si kecil.

Spoon & Fork Set peralatan makan terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah patah, tentunya sudah BPA – Free. Gagang bertekstur sehingga tidak licin saat digenggam bayi. cocok untuk digunakan bayi di atas 9 bulan.

Selain itu, Bunda juga harus memastikan alat makan si kecil dalam kondisi bersih. Untuk membersihkan sisa makanan maupun kotoran di peralatan makan balita dengan tuntas, bisa nih pakai produk liquid cleanser yang juga ditawarkan oleh Baby HUKI. 

Liquid Cleanser atau Larutan Pembersih dari Baby Huki pilihan terbaik untuk Bunda membersihkan berbagai produk si kecil seperti botol, dot, pacifier, dan yang lainnya. Liquid Cleanser Baby Huki dari bahan alami natural yang manfaatnya ringan di kulit tidak membuat kulit kering dan tetap lembut. Liquid CLeanser Baby Huki tersedia dalam 4 kemasan yaitu botol di 700ml, pouch refill di 450ml & 200ml dan travel pack di 100ml. Wah banyak banget pilihannya ya, Bunda! Liquid Cleanser nya pun praktis dan kebersihan untuk si kecil pun tetap terjaga.Bunda bisa dapatkan semua produk kebutuhan bayi di official store Baby HUKI yang ada di Tokopedia, Shopee, maupun Lazada.