Hamil di Masa Pandemi? Coba Baca Tips Ini Bunda!

Merebaknya Virus COVID-19 membuat kekhawatiran tersendiri untuk ibu hamil. Apalagi di tengah kebijakan menjalankan new normal seperti sekarang ini. Apakah risiko ibu hamil tertular COVID-19 jadi lebih tinggi?

Melansir Whattoexpect, sejauh ini memang tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa wanita yang hamil lebih rentan terhadap COVID-19. Tetapi penelitian ini masih bersifat terbatas dan butuh studi berkelanjutan, Bunda.

Namun, wanita hamil dianggap immunocompromised, yang membuatnya lebih rentan terhadap komplikasi virus yang mirip dengan COVID-19. Jadi, pastikan untuk selalu melindungi diri sendiri dengan mengikuti pencegahan yang tepat ya, Bunda. Berdasarkan informasi yang tersedia, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menerangkan bahwa orang hamil memiliki risiko yang sama dengan orang dewasa yang tidak hamil.

Nah, bagi Bunda yang sedang hamil memang sebaiknya membatasi aktivitas Bunda di luar rumah ya. CDC sendiri merekomendasikan bahwa setiap orang termasuk wanita hamil sebaiknya tinggal di rumah sebanyak mungkin dan berlatih menjaga jarak sosial.

Dalam kondisi new normal, ada baiknya berbicara dengan atasan untuk wacana bekerja dari rumah, mengambil cuti jika Bunda atau seseorang di rumah tengah sakit dengan gejala COVID-19. Jika Bunda tidak dapat bekerja dari rumah, para ahli merekomendasikan untuk membicarakannya dengan atasan dan juga dokter Bunda.

“Ini merupakan percakapan yang harus dilakukan untuk melihat akomodasi apa yang dapat dibuat dan juga mengikuti panduan yang sangat ketat,” ujar Leana Wen, MD, seorang emergency physician and public health leader.

Selain itu, untuk melindungi Bunda dan janin selama pandemi COVID-19, The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) memberikan beberapa tips yang bermanfaat untuk Bunda, seperti dikutip dari laman Washington Post berikut ini:

  1. Hindari siapa pun yang sakit
  2. Tinggal di rumah sebanyak mungkin
  3. Jaga jarak setidaknya enam kaki dari orang lain
  4. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik
  5. Jika Bunda tidak dapat mencuci tangan, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol

6. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut

Semoga membantu dan sehat selalu ya, Bunda!

*Dilansir dari haibunda.com