Agar janin sehat, begini cara meningkatkan berat badan saat hamil!

Menjaga berat badan tetap seimbang saat hamil, merupakan hal yang penting bagi kesehatan ibu dan janin. Tapi bagaimana jika berat badan sulit naik saat hamil? Berikut adalah beberapa kiat meningkatkan berat badan wanita hamil.

Seorang wanita yang berat badannya ideal sesuai indeks massa tubuh sebelum hamil, ia harus mendapatkan 11 hingga 15 kilogram ketika hamil. Wanita dengan berat badan di bawah standar BMI sebelum hamil, maka ia harus mendapatkan 12 hingga 18 kilogram saat hamil. Dan wanita yang kelebihan berat badan mungkin hanya perlu menambah 6 hingga 11 kilogram selama kehamilan.

Secara umum, Anda harus menambah sekitar 0.9 hingga 1.8 kilogram selama 3 bulan pertama Anda hamil dan 0.5  kilogram per minggu selama sisa kehamilan Anda.

Jika Anda mengandung anak kembar, Anda harus menambah 16 hingga 20 kilogram selama kehamilan Anda.

Jika Anda merasa perlu menambah berat badan saat hamil, cobalah kiat ini:

  • Makanlah lima hingga enam porsi kecil setiap hari
  • Konsumsi camilan cepat dan mudah, seperti kacang, kismis, keju dan kerupuk, buah kering, dan es krim atau yogurt
  • Oleskan selai kacang pada roti bakar, apel, atau pisang. Satu sendok makan selai kacang krem memberi Anda sekitar 100 kalori dan 7 gram protein
  • Tambahkan susu bubuk tanpa lemak ke kentang tumbuk, telur orak-arik, dan sereal panas
  • Tambahkan ekstra pada makanan Anda, seperti mentega atau margarin, keju krim, saus, krim asam, dan keju.

Cara mencegah berat badan naik berlebihan

Saat makan makanan cepat saji, pilih makanan rendah lemak. Makanan yang rendah lemak seperti sandwich dada ayam panggang dengan tomat dan selada (tanpa saus atau mayones), salad dengan saus rendah lemak, atau kentang panggang biasa. Hindari makanan seperti kentang goreng, tongkat mozzarella, atau roti ayam dilapisi tepung roti.

Hindari produk susu murni. Anda membutuhkan setidaknya 4 porsi produk susu setiap hari. Namun, pilihlah untuk menggunakan skim, susu skim akan mengurangi  1%, atau 2%  jumlah kalori dan lemak yang Anda makan. Juga, pilih keju atau yogurt rendah lemak atau bebas lemak.

Batasi minuman manis. Minuman manis seperti minuman ringan, minuman buah, minuman buah, es teh, atau limun memiliki banyak kalori kosong. Pilih air mineral untuk mencegah kalori ekstra.

Jangan menambahkan garam ke makanan saat memasak. Garam menyebabkan Anda menahan air dalam tubuh Anda.

Semoga kehamilan Anda sehat terus ya Bunda!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *