Panduan berat badan ideal bayi 2 bulan, dan vaksin yang wajib diberikan

Apakah bayi Anda saat ini sudah memasuki usia dua bulan? Yuk, cek berat bayi 2 bulan yang ideal dan beberapa aspek penting lainnya lewat artikel ini!

Saat bayi sudah memasuki usia dua bulan, ia tentu saja sudah meliliki berbagai aspek perkembangan. Misalnya, mulai bisa melihat lebih jauh dan mencoba mengambil barang-barang di dekatnya.

Meskipun di usia ini, bayi Anda masih belum bisa berbicara kata-kata, tetapi ia memiliki cara berkomunikasi yang khas dengan mengeluarkan suara dari mulutnya.

Selain itu, bayi berusia dua bulan juga memiliki otot lebih kuat dan mampu melakukan gerakan kecil seperti mengangkat kepala, berjabat tangan, mengangkat kaki dan sebagainya.

Dalam fase perkembangan ini, salah satu yang perlu diperhatikan lainnya tentu saja terkait dengan berat bayi 2 bulan. Mencari tahu apakah lonjakan berat badan si kecil sudah sesuai perkembangannya atau tidak.

Berat bayi 2 bulan untuk anak perempuan dan lelaki memang berbeda. Berat normal 5,6 kg untuk bayi laki-laki sedangkan 5,1 kg untuk perempuan.

Sementara itu, berat badan bayi lelaki di bawah normal adalah 3,8 kg dan bayi perempuan 3,4 kg. Untuk barat badan yang kelebihan atau overweight adalah 8 kg untuk anak laki-laki dan 7,5 kg untuk bayi perempuan.

Jika saat ini berat badan bayi 2 bulan sudah sesuai atau telah ideal, Anda sebagai orangtyua tentu saja perlu memertahankannya agar berat badan anak tidak naik atau turun berlebihan.

Namun, jika bayi mengalami penurunan berat badan, cara terbaik yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi pada ahli gizi sehingga berat badan anak bisa dipantau dengan baik.

 

Tinggi bayi normal 2 bulan

Sementara, untuk tinggi badan bayi berusia 2 bulan adalah 58,4 cm untuk bayi laki-laki dan 57,1 cm untuk bayi perempuan.

Ukuran lingkar kepala bayi 2 bulan

Aspek penting lainnya terkait dengan pertumbuhan bayi, tentu saja memerhatikan kondisi lingkar kepala bayi. Lingkar kepala bayi berusia dua bulan juga perlu diukur. Hal ini untuk mengetahui apakah ukuran lingkar kepalanya dalam kondisi normal sejalan dengan pertambahan berat badan dan tinggi badan setelah dua bulan, atau sebaliknya.

Vaksin atau imunisasi untuk bayi 2 bulan

Seperti yang kita ketahui, anak-anak tentu saja perlu divaksin atau mendapatkan imunisasi sebagai salah satu upaya pencegahan tertularnya beragam penyakit.

Pemberian vaksin pada anak, sudah dimulai setelah bayi lahir sampai usia 18 bulan. Berikut adalah vaksin yang wajib diberikan pada bayi 2 bulan:

DTaP / DT (dos 1): kombinasi vaksin yang melindungi Difteri, Tetanus dan Pertussis.

Hib (dosis 1): Hib adalah Haemophilus Influenzae tipe B.

IPV (dosis 1): Vaksin polio tidak aktif (IPV) untuk mencegah penyakit akibat penularan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *